Contoh Bab V Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah adalah karangan yang berisi hasil pemikiran, hasil pengamatan, dan hasil peninjauan masalah tertentu dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis. Karya tulis ilmiah secara umum terdiri dari lima bab. Kali ini saya akan membahas tentang bab lima karya tulis ilmiah. Bab V berisi penutup yang berisi sub bab kesimpulan dan saran.

Dalam sub bab kesimpulan, kita diminta untuk menuliskan kesimpulan dari seluruh hasil penelitian yang telah kita lakukan. Sedangkan dalam sub bab saran, kita diminta untuk menuliskan saran-saran yang berhubungan dengan kesimpulan yang kita buat. Saran bisa ditujukan bagi masyarakat, peneliti, pemerintah, maupun pihak terkait.

Berikut adalah contoh bab V karya tulis ilmiah yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Air Beras Sebagai Media Perendaman Terhadap Pertumbuhan Biji Kacang Hijau”. Langsung saja kita simak selengkapnya…..


BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN

5.1. Kesimpulan

Dari hasil penelitian pengaruh penggunaan air beras sebagai media perendaman terhadap pertumbuhan biji kacang hijau, dapat disimpulkan bahwa air beras hanya memperlambat laju pertumbuhan biji kacang hijau. Justru biji kacang hijau yang direndam dengan air biasa yang pertumbuhannya lebih cepat.

5.2. Saran

5.2.1. Bagi Masyarakat

Diharapkan dapat menambah wawasan masyarakat tentang pembudidayaan tanaman kacang hijau. Khususnya bagi petani. Disarankan untuk tidak menggunakan air beras sebagai media perendaman biji terutama biji kacang hijau.

5.2.2. Bagi Peneliti

Diharapkan di masa yang akan datang dapat digunakan sebagai salah satu sumber data untuk penelitian selanjutnya dan dilakukan penelitian lebih lanjut tentang jenis air yang paling bagus untuk digunakan sebagai media perendaman biji kacang hijau.


Referensi:

  1. PENGERTIAN, JENIS, DAN CIRI KARYA TULIS (http://chetarmembaha.blogspot.com/2012/12/pengertian-jenis-dan-ciri-karya-tulis.html)
  2. MEMBUAT KARYA TULIS ILMIAH DAN LAPORAN PENELITIAN (http://eva-sn.blogspot.com/2013/09/membuat-karya-tulis-ilmiah-dan-laporan.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

No comments:

Post a Comment