Contoh Karya Tulis Tentang Ekonomi Untuk Tugas Ospek

loading...

Salah satu tugas saat ospek adalah membuat karya tulis atau makalah. Beberapa universitas menyuruh membuat karya tulis dengan singkat dan ada juga yang menyuruh membuat karya tulis panjang. Berikut adalah karya tulis dalam bentuk presentasi (file Power Point) tentang ekonomi untuk tugas Ospek fakultas ekonomi. Langsung saja kita simak yang pertama:


Peran Akuntan Sebagai Penggerak Roda Perekonomian

Hedi Sasrawan

Gugus Vietnam

Absen 1

 

(nama universitas)

2015


I. Pendahuluan

Pembangunan saat ini berkembang pesat dan semakin pesat. Percepatan pertumbuhan pembangunan di dunia ini telah menuntut siapapun untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam menghadapi persaingan global. Apalagi jarak antar negara semakin semu dan perkembangan teknologi mempermudah pemasaran produk perusahaan.

Ada satu profesi yang tidak pernah terlihat di permukaan namun manfaatnya sangat besar bagi perusahaan. Profesi tersebut adalah akuntan. Kali ini saya akan membahas tentang peran akuntan sebagai penggerak roda perekonomian.


II. Kajian Pustaka

  1. Akuntan adalah semua bidang pekerjaan yang mempergunakan keahlian di bidang akuntansi. Dalam arti sempit, akuntan adalah lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh akuntan yang lazimnya terdiri dari pekerjaan audir, akuntansi, pajak, dan konsultasi manajemen (Laksito, 2011).


III. Pembahasan

Seperti yang sudah diketahui bahwa fungsi akuntan adalah sebagai penyedia informasi untuk proses pembuatan keputusan bisnis oleh para pelaku bisnis (Herawaty, 2010), maka peran akuntan sangatlah penting sebagai salah satu penggerak roda perekonomian, meskipun tidak secara langsung. Akuntan membantu membuat keputusan bisnis, bahkan akuntansi disebut “bahasa bisnis” oleh beberapa pebisnis. Jika akuntan tidak ada, maka pebisnis akan kesulitan dalam menentukan keputusan.

Ketika pebisnis dapat menentukan keputusan dengan tepat dan cepat, maka perusahaan akan berkembang dan roda perekonomian pun bergerak.


IV. Kesimpulan

Akuntan sangatlah berperan dalam penggerak roda perekonomian secara tidak langsung. Mereka membantu para pebisnis dalam menentukan keputusan dengan tepat dan cepat. Sehingga perusahaan berkembang dan roda perekonomian semakin berputar.


Daftar Pustaka

  1. Herawaty, dkk. 2010. Pengaruh Profesionalisme, Pengetahuan, Mendeteksi Kekeliruan, dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Akuntan Publik. Jurnal Akuntansi dan Keuangan 11.1. Universitas Kristen Petra.
  2. Laksito, Herry, dkk. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi UNDIP dan Mahasiswa Akuntansi UNIKA). Semarang: Universitas Diponegoro.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment