Pengertian Statistika (Artikel Lengkap)

loading...

Statistika adalah ilmu yang mempelajari pengumpulan, analisis, interpretasi, presentasi, dan penyusunan data. Statistik digunakan dalam berbagai keperluan seperti penyusunan karya ilmiah, industri, atau untuk mengetahui masalah sosial. Statistik berguna untuk mempermudah dalam penyusunan data sehingga mudah dipahami orang lain. Dalam bahasa Inggris, “statistika” disebut statistics.

pengertian statistika

1. Asal Mula Kata Statistika

Etimologi istilah “statistika” adalah kata serapan bahasa Inggris statistics. Penggunaan kata statistics dalam bahasa Inggris pertama kali digunakan pada tahun 1770. Kata statistics berasal dari bahasa Jerman statistik yang pertama kali digunakan pada tahun 1748 dalam buku berjudul “Vorbereitung zur Staatswissenschaft” oleh ilmuwan politik Jerman Gottfried Aschenwall (1719-1772). Kata tersebut berasal dari bahasa Latin Modern statisticum yang berarti “urusan negara”. Kata tersebut berasal dari bahasa Italia statista yang berarti “keterampilan dalam tata negara”. Kata tersebut berasal dari bahasa Latin status.

Awalnya, statistics berarti “kumpulan keterangan baik yang berbentuk angka-angka maupun kumpulan keterangan yang tidak berbentuk angka-angka yang memiliki arti penting dan kegunaan besar bagi suatu negara. Penggunaan istilah statistics pada bahasa Inggris yang berarti “pengumpulan dan pengklasifikasi data numerik” pertama kali digunakan pada tahun 1829. Penyingkatan menjadi stats pertama kali digunakan pada tahun 1961.

2. Pengertian Statistika Menurut Para Ahli

Menurut Prof. Dr. Sudjana, M.A., M.Sc., statistika adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan, penganalisisnya, serta penarikan kesimpulan berdasarkan kumpulan data dan penganalisaan yang dilakukan. Sedangkan menurut Anderson dan Bancrof, statistika adalah ilmu dan seni pengembangan dan penerapan metode yang paling efektif untuk kemungkinan salah dalam kesimpulan dan estimasi dapat diperkirakan dengan menggunakan penalaran induktif berdasarkan matematika probabilitas.

3. Perbedaan Statistika dengan Statistik

Meskipun perbedaannya hanyalah penambahan huruf “a” di bagian belakang, pengertian statistika dan statistik berbeda. Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membuat statistik. Sedangkan statistik adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data.

4. Arti Kata Statistika

Tidak ada arti kata “statistika” dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Namun, disana ada arti kata “statistik”. Statistik adalah kata benda (nomina) yang berarti:

  1. Catatan angka-angka (bilangan); perangkaan.
  2. Data yang berupa angka yang dikumpulkan, ditabulasi, digolong-golongkan sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah atau gejala.


Referensi:

  1. Statistics (https://en.wikipedia.org/wiki/Statistics)
  2. statistics (n.) (http://www.etymonline.com/index.php?term=statistics)
  3. Pengertian Statistik Lengkap Menurut Para Ahli (http://www.gurupendidikan.com/pengertian-statistik-lengkap-menurut-para-ahli/)
  4. Pengertian Statistika Menurut Para Ahli (http://dilihatya.com/1050/pengertian-statistika-menurut-para-ahli)
  5. Pengertian Statistika dan Statistik (http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-statistika-dan-statistik.html)

Daftar Pustaka:

  1. Wirawan, Nata. 2012. Cara Mudah Memahami Statistika Ekonomi dan Bisnis (Statistika Deskriptif) Buku 1 Edisi Ketiga. Denpasar: Keraras Emas.
  2. Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment