Pengertian Negara Maju dan Berkembang (Artikel Lengkap)

loading...

Negara maju dan negara berkembang adalah istilah yang mengelompokan seluruh negara di dunia berdasarkan tingkat kemajuan SDM (Sumber Daya Manusia) dan IPTEK (ilmu pengetahuan dan teknologi). Kebanyakan negara maju berada di belahan bumi utara, sedangkan kebanyakan negara berkembang berada di belahan bumi selatan (Selengkapnya: 4 Peta Dunia Negara Maju dan Berkembang (Artikel Lengkap)).

Pengertian negara maju dan berkembang

1. Pengertian Negara Maju

Selengkapnya: Pengertian Negara Maju (Artikel Lengkap)

Negara maju adalah sebutan bagi negara-negara yang telah menikmati hasil dari pembangunan yang amat pesat berdasarkan faktor tertentu seperti kesejahteraan dan kualitas SDM. Semua negara bisa menjadi negara maju. Bahkan ada beberapa negara maju meskipun tidak memiliki sumber daya alam. Contohnya adalah Singapura. Hal tersebut terjadi dikarenakan mereka memiliki SDM yang mumpuni untuk mengolah sumber daya alam dari negara lain dan menjualnya lagi ke negara lain.

2. Pengertian Negara Berkembang

Negara berkembang adalah sebutan bagi negara-negara yang masih mengalami perkembangan yang signifikan. Ciri khas negara berkembang adalah memiliki sumber daya manusia yang kurang berkualitas, masih banyak terjadi kesemrawutan, dan pembangunan yang pesat. Banyak negara berkembang yang memiliki sumber daya alam yang kaya, namun mereka kurang memiliki SDM yang terampil dalam mengolahnya. Contoh negara berkembang adalah Thailand dan Indonesia. Negara kita memang masih termasuk negara berkembang.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment