6 Cara Supaya Blog Kita Dibaca dan Dikomentari Orang Lain

loading...

Tujuan dari setiap blogger di seluruh dunia adalah: supaya mau di baca dan di komentar banyak orang. Karena dengan itu, blog akan terlihat lebih ramai dan interaktif. Saya memiliki banyak artikel dengan jumlah pengunjung dan komentar yang lumayan banyak bahkan ada yang mencapai ratusan komentar. Saya sendiri sampai kewalahan membalas semua komentar para pembaca yang tampak sangat antusias tersebut. Berikut adalah cara supaya blog kita dibaca dan dikomentari orang lain. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 5 Rahasia Menulis Judul Blog Yang Perlu Anda Ketahui

Supaya blog ramai komentar

1. Artikel Harus Berasal dari Inisiatif Sendiri

Ide artikel haruslah berasal dari buah pemikiran sendiri, bukan hasil dari melihat blog lain kemudian meniru artikel yang mereka buat. Saya membuat ribuan artikel selama ini dan hanya artikel yang berasal dari inisiatif sendiri yang sukses meraih banyak pengunjung dan komentar. Mungkin itu dikarenakan artikel kita menjadi unik dan orisinil di mata mesin pencari sehingga artikel kita ditempatkan di posisi teratas di SERP.

2. Buatlah Artikel yang Mengundang Tanya

Baca juga: Membuat Artikel Blog: Jangan Mudah Puas!

Buatlah artikel yang seolah-olah mengajak para pembaca untuk bertanya. Tapi bukan berarti artikel harus kontroversial dan mengejek SARA. Salah satu contoh yang tepat adalah artikel tentang bagaimana cara menggaet gebetan. Artikel tersebut sangatlah ramai di blog saya. Ada banyak komentar yang masuk terutama dari para wanita.

3. Buat Artikel yang Bermanfaat, Sesuai Kebutuhan, dan Lengkap

Baca juga: 5 Tips Memilih Topik Blog

Hampir semua artikel yang berada di posisi lima teratas adalah artikel yang bermanfaat. Namun tidak semuanya lengkap dan sesuai kebutuhan. Setiap artikel di posisi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Ada juga yang terlalu berlebihan hingga melenceng dari topik yang dibahas. Buatlah artikel yang sesuai kebutuhan atau yang lebih tepatnya, sesuai judul. Tidak apa-apa pendek, asal artikel tersebut orisinil. Jika topik tersebut masih bisa dilengkapi, lengkapilah. Jangan sampai pembaca blog Anda mencari blog lain sebagai referensi tambahan. Pada akhirnya akan ada banyak komentar yang masuk yang rata-rata berisi “terima kasih” dan “ijin copas”.

4. Usahakan Untuk Membalas Komentar Pembaca

Jangan gengsi dan jaim. Balaslah seluruh komentar para pembaca jika dimungkinkan. Saya memang sangat kewalahan membalas semua komentar karena keterbatasan kuota internet dan waktu. Bagi pemiliki blog besar, sebaiknya atur waktu baik-baik dan kalau bisa, jadikan blogging sebagai profesi utama. Kalau pendapatan blog tinggi, ada baiknya Anda merekrut tenaga untuk membalas komentar tersebut.

5. Ajak Mereka Untuk Berkomentar

Baca juga: Cara Mendapatkan Inspirasi Artikel

Sama halnya dengan poin ke-2, hanya saja di bagian akhir artikel ini kalimat tanya seperti “ada pertanyaan?”. Meskipun itu kurang efektif di blog saya, tidak ada salahnya untuk dicoba.

6. Buat Artikel Dengan Sukarela, Bukan Dengan Kejar Target

Sama seperti poin pertama, seorang blogger tidak boleh membuat suatu patokan target. Karena aktivitas blogging adalah aktivitas yang membutuhkan kreativitas yang tinggi. Jika Anda membuat target, apalagi sampai membuat daftar artikel yang akan dibuat, saya yakin artikel tersebut tidak akan berkualitas dan tidak akan mendapatkan banyak komentar. Kalau ada, itupun mungkin hanya komentar spam. Carilah inspirasi dengan berjalan-jalan di taman atau menonton TV.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

2 comments:

  1. Bang hedi,saya mau tanya,bagaimana cara kita untuk menshare artikel yang udah kita buat Didlm blog kita? Apakah setelah dipublikasi,sudah selesai dalam hal menshare artikel kita?terima kasih

    ReplyDelete