6 Cara Virus Menyerang Manusia

loading...

Virus adalah agen penginfeksi yang hanya hidup di dalam sel organisme lain. Virus dapat menyerang semua jenis makhluk hidup termasuk hewan, tumbuhan, dan bakteri. Virus menyerang manusia dengan cara mengambil alih inti sel kemudian mengubah isinya untuk kepentingan perkembangbiakan virus. Proses tersebut melalui beberapa tahapan yang disebut siklus litik. Berikut adalah tahap-tahap virus menyerang manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Virus (Materi Lengkap Biologi)cara virus menyerang manusia

1. Tahap Pelekatan

Tahap pelekatan adalah tahap dimana virus melekat pada bagian reseptor sel inang (sel yang akan diinfeksi).

2. Tahap Penetrasi

Tahap penetrasi adalah tahap pemasukan materi genetik virus berupa asam nukleat ke dalam sitoplasma sel inang. Asam nukleat harus berhasil menembus membran sel dan dinding sel (jika ada). Proses ini dapat dihentikan oleh sistem kekebalan tubuh.

3. Tahap Replikasi

Tahap replikasi adalah tahap penggandaan materi genetik virus di dalam sel inang. Pada tahap ini, sel inang diambil alih oleh virus dengan cara “membajak” proses repliasi dan translasi sel, kemudian mengganti struktur DNA pada inti sel inang. Struktur DNA tersebut akan melakukan transkripsi menjadi mRNA dan mempengaruhi kinerja ribosom.

4. Tahap Sintesis

Tahap sintesis adalah tahap pembentukan komponen yang dibutuhkan virus untuk berkembang biak. Komponen tersebut yaitu asam nukleat dan protein yang akan digunakan untuk kapsid (selubung protein virus). Proses ini dibantu oleh nukleus yang sudah diambil alih oleh virus. Virus juga memanfaatkan proses metabolisme sel inang untuk mengembangbiakan bakal virus baru. Ada tiga tahap produksi protein virus yaitu kepala, DNA atau RNA (tergantung pada jenis virus), dan protein struktural (kepala dan ekor virus)

5. Tahap Pematangan

Tahap pematangan adalah tahap perakitan komponen-komponen virus yang berupa protein dan asam nukleat sehingga menjadi virus.

6. Tahap Pelepasan

Tahap pelepasan adalah tahap dimana virus keluar dari sel inang dengan cara memecahkan sel tersebut. Akibatnya, sel inang mati. Satu virus yang menyerang sel inang dapat menghasilkan beberapa virus.


Referensi:

  1. Virus (https://en.wikipedia.org/wiki/Virus)
  2. Bagaimana cara kerja virus menyerang organisme hidup ? (https://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120609124031AAbVhuj)
  3. Pengertian Kapsid Virus (http://www.sridianti.com/pengertian-kapsid-virus.html)
  4. Lytic cycle (https://en.wikipedia.org/wiki/Lytic_cycle)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment