14 Keuntungan Belajar

loading...

14 keuntungan belajarSetiap hari kita dihadapi oleh 14 mata pelajaran (saat kurikulum KTSP). Kita dituntut belajar selama sekitar 5 sampai 6 jam setiap harinya. Seringkali kita bertanya di dalam hati, “buat apa aku belajar pelajaran sebanyak ini, jugaan cita-citaku ga sesuai sama pelajaran itu.” Namun, mata pelajaran dibuat tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan kita dalam mata pelajaran itu. Nalar, logika, kepemimpinan, kedisiplinan, dan kekompakan kita juga dilatih. Seperti pelajaran matematika yang melatih pikiran kita supaya lebih berlogika. Berikut adalah 14 keuntungan bagi kita jika kita mempelajari mata pelajaran tersebut dengan baik dan benar. Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 10 Cara Belajar yang Baik dan Benar

1. PKn

PKn (PPKN sekarang) adalah singkatan dari Pendidikan Kewarganegaraan (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan sekarang). Pelajaran ini tentu sangat penting supaya kita lebih mengenal negara kita terutama dari sistem pemerintahannya. Dengan demikian, kita jika bisa ikut membantu menjaga kedaulatan negara.

2. Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia dan merupakan alat pemersatu bahasa. Jadi, penting untuk mempelajari Bahasa Indonesia supaya kita bisa berkomunikasi dengan baik dan benar. Kita juga dilatih untuk berbicara, mendengar, membaca, dan menulis. Itu adalah bekal yang sangat bermanfaat di masa depan.

3. TIK

Baca juga: Tips Belajar di Akhir Liburan

TIK merupakan singkatan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pelajaran ini sangat penting mengingat saat ini adalah era globalisasi dimana semuanya bisa kita temukan di internet. Indonesia akan maju jika semuanya mampu menggunakan teknologi informasi dengan baik dan benar.

4. Biologi

Biologi adalah mata pelajaran yang penting sebab kita sendiri merupakan struktur biologis. Dengan mengenali tubuh kita, kita bisa tahu bagaimana cara merawat tubuh kita. Selain itu, kita juga bisa mengambil banyak manfaat ketika mempelajari hewan dan tumbuhan.

5. Fisika

Pelajaran fisika membutuhkan ketelitian yang tinggi. Banyak sekali bangunan dan struktur mekanik yang dibuat berdasarkan konsep-konsep fisika. Jadi, pelajaran fisika itu sangat berguna. Selain itu, logika dan ketelitian kita juga dilatih dengan mempelajari fisika.

6. Bahasa Inggris

Baca juga: Mendengarkan Musik Saat Belajar: Baik atau Buruk?

Saat ini adalah era globalisasi, kita tidak mungkin bisa mengikutinya jika kita tidak mampu menguasai bahasa global yaitu bahasa Inggris. Dengan mempelajari bahasa Inggris, dunia akan semakin terbuka lebar bagi kita. Sehingga kita bisa lebih sukses.

7. Matematika

Jujur, sampai sekarang saya masih belum mengerti apa manfaat mempelajari matematika secara mendalam. Karena dalam kehidupan sehari-hari cukup jarang kita menemukan orang yang menggunakan teori matematika. Yang saya lihat, dengan mempelajari matematika, kita bisa mengerjakan soal-soal fisika dengan lebih mudah. Selain itu, logika dan nalar kita benar-benar dilatih.

8. Kimia

Pelajaran ini sepertinya hanya berguna jika kita bekerja di farmasi, guru kimia, atau kedokteran. Namun, tidak ada salahnya untuk dipelajari. Karena pelajaran kimia tergolong mudah untuk dikuasai. Siapa tahu ternyata kita adalah ahli farmasi.

9. Penjaskes

Baca juga: 5 Cara Memilih Tempat Belajar yang Baik dan Benar

Penjaskes adalah singkatan dari pendidikan jasmani dan kesehatan. Bagi Anda yang sangat suka permainan olahraga, tentunya Anda harus serius mempelajari pelajaran ini. Seringkali kita hanya belajar praktek saja dengan bermain. Ini tentu sangat mengasyikan. Belum lagi manfaat kesehatan yang kita dapat selama belajar penjaskes.

10. Bahasa Daerah

Bahasa daerah adalah salah satu kekayaan bangsa. Bahasa daerah bisa punah jika kita tidak mempelajarinya. Meskipun kita menggunakan bahasa daerah ketika mengobrol dengan keluarga dan saudara, tetapi kita juga perlu mempelajari bahasa daerah secara lebih mendalam supaya kita bisa lebih mencintai budaya kita.

11. Sejarah

Jangan sekali-kali melupakan sejarah! Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya. Meskipun kita harus banyak menghafal tahun, nama, tempat, dan peristiwa bersejarah.

12. Budi Pekerti

Baca juga: Tips Belajar Menjelang UN

Ilmu justru akan merugikan jika digunakan tanpa budi pekerti yang baik. Sudah sangat banyak orang pintar yang justru menggunakan kepintarannya untuk merugikan orang lain. Itu sangatlah tidak baik dan suatu saat kita pasti akan menerima akibatnya.

13. Pendidikan Agama

Pendidikan agama sama seperti budi pekerti, yakni sama-sama membentuk moral yang baik. Dengan belajar agama, kita akan lebih dekat dengan Tuhan sehingga jalan hidup kita tetap berada pada jalurnya.

14. Seni Budaya

Sama seperti bahasa daerah, seni dan budaya juga dapat punah jika kita tidak mempelajarinya. Indonesia akan menjadi bangsa yang besar jika kita semua mempelajari dan menerapkan seni budaya. Jangan sampai kita mempelajari budaya negara lain tetapi budaya sendiri kita tidak terlalu tahu.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment