Memperingati Hari Stroke Sedunia

loading...

Tanggal 29 Oktober diperingati sebagai Hari Stroke Sedunia yang ditetapkan sejak tahun 2006 oleh World Stroke International. Penyakit ini perlu kita waspadai karena merupakan salah satu pembunuh nomor satu di Indonesia selain kanker. Tidak hanya di Indonesia, di seluruh dunia pun mengalami hal yang sama. Stroke menjadi semakin berbahaya karena siapa saja bisa terserang tidak memandang usia dan status ekonomi. Jadi, orang kaya dan remaja bahkan anak-anak pun bisa terkena stroke. Namun stroke pada anak-anak terjadi karena kelainan yang disebut AVM dan anuerisma.Schlaganfall 2

 

Menurut Wikipedia, stroke adalah penyakit yang ditandai dengan terganggunya pasokan darah ke suatu bagian otak sehingga sel-sel saraf di otak akan mati dan mengakibatkan hilangnya fungsi yang dikendalikan jaringan tersebut. Itulah alasan mengapa para penderita stroke susah bergerak dan bicara.

Cegah stroke dari sekarang. Malas berolahraga dan merokok menjadi penyebab utama stroke. Banyak sekali cara mencegah stroke, diantaranya dengan rajin berolahraga, tidak/berhenti merokok, makan makanan yang sehat dan bergizi terutama yang rendah lemak tinggi serat, kendalikan diri supaya tidak stress, dan mengukur tekanan darah secara rutin. Untuk orang tua disarankan untuk mengurangi garam karena dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi) yang memicu stroke.

Baca juga: Sistem Saraf Pada Manusia

Stroke dapat diobati, namun harus dilakukan sesegera mungkin setelah gejalanya terdeteksi. Paling lambat 4,5 jam, namun disarankan supaya dibawah 20 menit. Gejala stroke antara lain tiba-tiba merasa lemah, kebingungan, kesulitan bicara, sakit kepala hebat, dan penglihatan mendadak terganggu. Segera panggil ambulan atau bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan darurat.

Mari ingatkan diri sendiri dan orang-orang tercinta tentang bahaya dan cara mencegah stroke!


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

loading...

No comments:

Post a Comment