26 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Ideologi adalah kumpulan ide, cita-cita, pandangan, atau gagasan berupa konsep yang bisa dijadikan asas, pendapat, tujuan, dan penunjuk arah kelangsungan hidup. Istilah ini pertama kali digunakan oleh Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18 untuk mendefinisikan “ilmu tentang ide”. Secara etimologis, “ideologi” berasal dari bahasa Yunani idea yang berarti “ide” dan logos yang berarti “ilmu”. Untuk memahami lebih dalam pengertian ideologi, berikut adalah beberapa pengertian ideologi menurut para ahli filsafat. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Pengertian Ideologi (Artikel Lengkap)
pengertian ideologi menurut para ahli

1. Nicollo Machiavelli

Ideologi adalah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan, serta mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.

2. Gunawan Setiardjo

Ideologi adalah kumpulan ide, gagasan, atau akidah yang melahirkan aturan-aturan dalam kehidupan.

3. Ali Syariati

Ideologi adalah keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa, atau suatu ras tertentu.

4. Karl Marx

Ideologi adalah kesadaran palsu, karena ideologi adalah suatu hasil pemikiran yang diciptakan oleh pemikirnya yang ditentukan oleh kepentingannya.

5. Machiavelli

Ideologi adalah sistem perlindungan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa.

6. Manfred Steger dan Paul James

Mereka memiliki dua pengertian:

  • Ideologi adalah sekelompok ide dan konsep yang normatif yang memiliki pola, yang merupakan representasi dari kekuatan politik yang ada.
  • Ideologi adalah peta konsep yang membantu masyarakat dalam mengarahkan kompleksnya kehidupan berpolitik dan keyakinan akan kebenaran sosial.

7. Karl Maanheim

Ideologi adalah sistem pemikiran yang berguna dalam mempertahankan orde sosial tertentu.

8. Frans Magnis Suseno

Ideologi adalah keseluruhan sistem berpikir dan sikap dasar rohaniah sebuah gerakan, kelompok sosial, atau individu.

9. Dr. Alfian

Ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, guna mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

10. Louis Althuser

Ideologi adalah suatu gagasan yang spekulatif, namun bukan gagasan palsu, karena bukan dimaksudkan untuk menggambarkan suatu realitas melainkan untuk dapat memberikan gambaran mengenai bagaimana semestinya manusia itu dapat menjalani hidupnya.

Meskipun Louis Althuser adalah murid dari Karl Marx, tetapi dia menentang pengertian ideologi menurut Karl Marx.

11. Antonine Destut de Tracy

Ideologi adalah ilmu mengenai gagasan atau ilmu tentang ide-ide yang sesuai dengan realita dan sejalan dengan akal budi bukan khayalan atau gagasan palsu.

Antonine Destut de Tracy adalah orang pertama yang menggunakan istilah “ideologi”. Meskipun pengertian ideologi menurut Antonine Destut de Tracy ditentang oleh Karl Marx.

12. Descartes

Ideologi adalah inti dari semua pemikiran manusia.

13. M. Sastra Prateja

Ideologi adalah sebagai perangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasi pada tindakan yang diorganisir menjadi suatu sistem yang teratur.

14. Harold H. Titus

Ideologi adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masalah politik dan ekonomi yang dilaksanakan dalam suatu rencana sistematis dan dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.

15. Francis Bacon

Ideologi adalah sintesa pemikiran mendasar dari suatu konsep hidup. Sintesa maksudnya adalah paduan berbagai pengertian agar semuanya menjadi selaras.

16. Murdiono

Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagad raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengelolanya.

17. Soerjanto Poespowardoyo

Ideologi adalah kompleks pengetahuan dan macam-macam nilai, yang secara universal menjadi landasan bagi seseorang atau juga masyarakat untuk dapat memahami jagat raya serta bumi seisinya dan juga menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya.

18. A.S. Hornby

Ideologi adalah seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik yang dipegang oleh seseorang atau sekelompok orang.

19. Thomas H.

Ideologi adalah suatu cara untuk melindungi kekuasaan pemerintah agar dapat bertahan dan mengatur rakyatnya.

20. C.C. Rodee

Ideologi adalah sekumpulan gagasan yang secara logis berkaitan dan mengidentifikasikan nilai-nilai yang memberi keabsahan bagi institusi dan pelakunya.

21. Dr. Hafidh Shaleh

Ideologi adalah sebuah pemikiran yang mempunyai ide dan metode berupa konsep rasional, yang meliputi akidah dan solusi atas seluruh masalah kehidupan manusia.

22. Kirdi Dipoyuda

Ideologi adalah suatu kesatuan gagasan-gagasan dasar yang sistematis dan menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya baik individual maupun sosial, termasuk kehidupan bernegara.

23. Napoleon

Ideologi adalah keseluruhan pemikiran politik serta juga rival-rivalnya.

24. Muhammad Ismail

Ideologi adalah pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun di atas pemikiran-pemikiran yang lain, melainkan merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa, dan mau ke mana alam, manusia, dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya.

25. Silvio Vietta

Ideologi adalah bentuk perlindungan kumpulan ide terhadap tingkah politik yang tidak rasional yang bertindak dalam wujud idealisme.

26. W. White

Ideologi adalah cita-cita politik atau doktrin (ajaran) dari suatu lapisan masyarakat atau sekelompok manusia yang dapat dibeda-bedakan.


Referensi:

  1. Pengertian Ideologi Menurut para Ahli (http://www.pengertianahli.com/2013/05/pengertian-ideologi-menurut-para-ahli.html)
  2. Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (http://www.gurupendidikan.com/pengertian-ideologi-menurut-para-ahli/)
  3. Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (http://www.artikelsiana.com/2014/11/pengertian-ideologi-menurut-para-ahli.html)
  4. Ideologi (https://id.wikipedia.org/wiki/Ideologi)
  5. Apa Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli (http://www.apapengertianahli.com/2014/06/apa-pengertian-ideologi-ahli.html)
  6. Sepuluh definisi ideologi menurut para ahli (http://ferrymvc.blogspot.com/2011/05/sepuluh-definisi-ideologi-menurut-para.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

7 comments: