Bagian-Bagian Hati Manusia Beserta Fungsinya dalam Sistem Ekskresi

Bagian-Bagian Hati Manusia Beserta Fungsinya dalam Sistem EkskresiHati adalah kelenjar terbesar dalam manusia. Beratnya sekitar 2 kg. Hati dilindungi oleh selaput tipis yang disebut kapsula hepatis. Hati juga merupakan salah satu sistem ekskresi pada manusia. Berikut adalah bagian-bagian hati manusia dan fungsinya dalam sistem ekskresi. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Bagian-Bagian Hati

Hati terdiri dari dua bagian utama yaitu lobus kiri dan lobus kanan. Namun, jika dilihat lebih lanjut, maka hati dibagi menjadi empat bagian dengan tambahan lobus caudate dan lobus quadrate.

Di dalam hati berisi sel protoplasma yang mengandung beberapa enzim. Sel ini disebut hepatosit yang bersifat polyhedral dan memiliki inti. Setiap sel dipisahkan oleh jaringan ikat yang berisi pembuluh darah yang memenuhi hati.

Pembuluh darah memiliki percabangan yang disebut sinusoid. Hepatosit dipisahkan oleh kanalikuli yang merupakan tempat penghasil empedu. Beberapa kanalikuli membentuk pembuluh empedu dan mengangkut empedu menuju kantong empedu. Kantong empedu terletak di bagian bawah hati.

2. Fungsi Hati dalam Sistem Ekskresi

Hati membuang zat empedu melalui urin dan terkadang feses. Empedu adalah hasil perombakan bilirubin dan biliverdin yang berasal dari perombakan sel darah merah. Empedu juga membantu dalam sistem pencernaan pada manusia yakni untuk mengemulsikan lemak supaya lebih mudah dicerna.


Sumber:

Judul

Alamat

1. STRUKTUR DAN FUNGSI HATI MANUSIA http://rosyidwijayanto4.blogspot.com/2013/12/struktur-dan-fungsi-hati-manusia.html
2. Human liver http://en.wikipedia.org/wiki/Human_liver
3. Struktur dan Fungsi Hati http://www.biologi-sel.com/2013/12/struktur-dan-fungsi-hati.html
4. Struktur dan Fungsi Hati Manusia http://perpustakaancyber.blogspot.com/2012/12/struktur-dan-fungsi-hati-manusia.html
5. Struktur Dan Fungsi Hati (Hepar) Manusia http://zonabawah.blogspot.com/2011/08/struktur-dan-fungsi-hati-hepar-manusia.html
6. Struktur Anatomi Hati Manusia http://smakita.com/2013/06/struktur-anatomi-hati.html


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

1 comment: