Psikologi Sosial (Artikel Lengkap)

Psikologi sosial adalah suatu studi tentang perilaku hubungan antara manusia dan kelompok serta pegaruh sosial terhadap perilaku manusia. Bidang ini sangat luas, mencakup berbagai bidang studi dan beberapa disiplin ilmu. Psikologi sosial dapat digunakan dalam berbagai disiplin dan industri.

Dalam kehidupan sehari-hari hubungan antara individu satu dengan individu lainnya tidak selalu berjalan lancar. Terkadang terjadi pertengkaran, perselisihan, dll. Lingkup kejadiannya bisa terjadi dalam keluarga, teman, sahabat, bahkan masyarakat. Peristiwa tersebut mendorong para ahli untuk mengembangkan disiplin ilmu psikologi sosial. Dalam psikologi sosial, hal tersebut terjadi karena tidak ada kesamaan pandang antara dua individu.

Jangan Terlalu Memikirkan Orang yang Membenci Kita

Jangan Terlalu Memikirkan Orang yang Membenci KitaDi dalam hidup ini, manusia memang tidak selalu sempurna. Pastilah ada orang yang menyukai atau bahkan mencintai kita, ada juga orang yang membenci kita. Kita tidak akan bisa menghindar dari orang-orang yang membenci kita. Itu karena ketidaksempurnaan kita yang membuat kita tidak bisa membuat semua orang lain senang.

Benci itu bisa dikarenakan oleh banyak hal. Ada yang karena Anda telah membuatnya kecewa, ada yang cemburu dengan Anda, ada yang merasa tidak diperhatikan nasehatnya, dan lain sebagainya. Walaupun begitu, kita tidak boleh langsung menjauhi orang yang membenci kita tersebut. Kita bisa mencari tahu apa penyebab orang tersebut membenci kita, kemudian kita usahakan untuk mencari solusinya. Namun, haters gonna be hate. Pembenci akan selalu membenci walaupun kita berupaya untuk menenangkannya. Jika dia tetap saja begitu, biarkanlah mereka tenggelam dalam rasa kebenciannya. Malahan, waktu kita akan terbuang sia-sia untuk memikirkan para pembenci itu dan mereka malah menjadi senang karena berhasil merendahkan kita dan membuat kita lemah.

Orang membenci kita pada umumnya karena iri kepada kita. Mereka selalu mencari cara untuk menjatuhkan Anda namun tidak berhasil. Sama seperti orang yang membenci vendor HP tertentu. Saya melihat kebencian mereka di beberapa situs portal berita teknologi. Mereka terlihat sangat iri dengan ponsel mahal namun mereka tidak kesampaian membelinya. Kemudian mereka menjelek-jelekan ponsel tersebut dengan cara yang sangat memalukan.

Jika banyak orang yang menyukai Anda, maka Anda layak menjadi seorang pemimpin. Jika banyak juga orang yang membenci Anda, maka Anda layak menjadi seorang pemimpin besar. Lihatlah seorang pemimpin presiden AS, mereka disukai sekaligus dibenci. Jadi, ada orang yang membenci kita bukan berarti kita adalah orang yang rendahan. Bisa jadi kita termasuk orang besar jika kita bisa menghadapi para pembenci itu.

Orang pembenci pasti ada maksudnya kan? Nah, kita bisa menggunakan maksud tersebut untuk introspeksi diri supaya tidak muncul lebih banyak lagi orang yang membenci kita. Dengan begitu, kita bisa berterimakasih kepada pembenci itu karena dia berhasil membuat diri kita menjadi lebih baik.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

20+ Penyakit pada Sistem Ekskresi Manusia

Sistem ekskresi adalah sistem pembuangan zat-zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh. Sistem ekskresi pada manusia terdiri dari ginjal, paru-paru, kulit, dan hati. Sama seperti sistem organ lainnya, sistem ekskresi juga rentan terkena penyakit. Berikut adalah penyakit pada sistem ekskresi manusia berdasarkan organnya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Lakukan Saja.

Lakukan saja.Ingatkah Anda dengan slogan salah satu merk pakaian olahraga “Just do it.”? Nah, slogan itu sangat melegenda. Memang benar apa yang ada di dalam slogan tersebut. Just do it, lakukan saja. Cara terbaik untuk melakukan sesuatu adalah dengan melakukannya. Janganlah terlalu terpaku dengan rencana dan rencana karena itu hanya membuang-buang waktu Anda. Ketika Anda tahu prosedur dasar dari pekerjaan Anda, langsung lakukan saja.

Slogan tersebut mengajak kita untuk berpikir simple, cukup lakukan saja. Tidak perlu bertele-tele lagi. Jika Anda merasa kesulitan saat di tengah jalan, mintalah bantuan ke rekan kerja Anda. Jangan sampai pada saat baru memulai Anda memikirkan kesulitannya. Jika Anda begitu, maka pekerjaan Anda tidak akan selesai karena Anda terlalu banyak khawatir akan keberhasilan pekerjaan Anda. Jangan pikirkan hasil, tapi pikirkan proses. Lakukan saja, dan lakukan yang terbaik.

Just do it.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Jangan Pikirkan Hasil, Pikirkan Proses!

business race on a blue trackBanyak dari kita yang gagal saat mengerjakan sesuatu. Bisa saja karena dia terlalu memikirkan hasilnya. Hasil akhir memang penting, tetapi yang terpenting adalah prosesnya. Jika prosesnya baik, maka hasilnya pasti baik.

Jika kita terus saja memikirkan hasil, maka kita akan merasa galau dan ragu akan hasil kita. Kita akan berpikir dan membayangkan bagaimana jika seandainya kita berhasil melaksanakannya atau gagal melaksanakannya. Itu hanyalah akan membuang-buang waktu kita untuk melaksanakannya. Jika kita mengabaikan proses, maka hasil akhir yang didapat pasti akan tidak memuaskan.

Seumpama saat kita menghadapi ujian nasional. Jika kita terus saja memikirkan NEM yang akan kita dapat, maka kita akan menjadi stress dan tidak akan sempat belajar untuk menghadapi ujian nasional tersebut. Pada akhirnya, kita akan gagal dalam ujian nasional karena kita terlalu mengkhawatirkannya.

Janganlah terlalu dikhawatirkan, enjoy aja saat akan menghadapi suatu masalah. Walau sesulit apapun masalah Anda, jika Anda yakin dan bertekad, pasti bisa melewatinya. Jalani saja tantangannya, dan Anda akan berkata “ga nyangka bisa melewati masa-masa sulit itu”. Cobalah pikirkan, apa saja hal paling sulit yang pernah Anda hadapi. Pada umumnya sih yaa melewati ujian skripsi saat kuliah. Anda pasti akan merasa heran sendiri saat bisa melewati masa sulit tersebut.

Nah, jika kita memikirkan proses, maka beban pikiran kita akan lebih berkurang. Karena kita hanyalah berfokus kepada hal yang kita kerjakan sekarang. Hasil akhirnya pikirkan belakangan. Ingatlah prinsip sportivitas yaitu jangan pernah memikirkan kalah atau menang, yang penting bagaimana caranya kita bertanding.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

20+ Penyakit pada Alat Indra Manusia

Alat indra adalah salah satu alat yang terpenting dalam tubuh kita. Kita memiliki lima macam indera yaitu indra penglihatan (mata), indra pengecap (lidah), indra pembau (hidung), indra pendengar (telinga), dan indra peraba (kulit). Kelima alat indra tersebut tentu saja bisa mengalami gangguan atau penyakit. Berikut adalah penyakit pada alat indra manusia. Langsung saja kita simak yang pertama:

Remaja pada Masa Kolonialisme

Remaja pada Masa KolonialismeSemangat perjuangan remaja pada masa kolonialisme atau masa penjajahan sangatlah besar. Hal ini dilihat dari para pejuang yang gugur dikala perang kemerdekaan kebanyakan adalah berasal dari golongan pemuda. Ya, seperti itulah semangat remaja melawan penjajah pada masa kolonialisme. Mereka rela mengorbankan nyawanya demi Indonesia.

Golongan remajalah yang sangat berpengaruh pada saat detik-detik proklamasi. Mereka memaksa golongan tua (Soekarno dkk) untuk memerdekakan Indonesia. Jika pemuda tidak mengetahui berita kekalahan Jepang atas Sekutu, maka Indonesia tidak akan merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Pemuda jaman dulu sangat aktif berorganisasi dan semangat pantang menyerahnya sangat tinggi. Ingatkah Anda dengan Sumpah Pemuda? Sumpah Pemuda merupakan salah satu hasil Kongres Pemuda pada tahun 1928 lalu. Itu membuktikan betapa besarnya rasa nasionalisme pemuda pada masa lampau.

Namun, bagaimana dengan remaja pada jaman sekarang? Padahal kini pemuda lebih tidak perlu bertaruh nyawa untuk memajukan negeri ini, tetapi dari otak kita. Sesungguhnya kini kita sedang dijajah secara tidak langsung oleh bangsa lain. Dalam teknologi misalnya. Kita tahu, orang-orang Indonesia merasa gengsi saat menggunakan produk luar negeri dan dianggap kampungan orang yang menggunakan produk dalam negeri. Itu menguntungkan bangsa lain karena uang kita dibawa ke luar negeri. Sebaiknya, kita berjuang dengan semua kemampuan kita untuk memajukan Indonesia ini dan membuktikan bahwa produk dalam negeri lebih baik dari produk luar negeri.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Jangan Pernah Membuang Waktu!

Jangan Pernah Membuang Waktu!Perkembangan teknologi membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Kini kita bisa mengetahui informasi dan memberitahu kabar kita dengan lebih cepat dan menyenangkan. Nah, unsur ‘menyenangkan’ inilah yang membuat kita seperti ‘dijajah’ oleh teknologi. Apakah Anda merasakannya? Ya! Saya pernah merasakannya. Kita seringkali mengutak-atik smartphone atau tablet PC kita dengan tujuan yang tidak jelas dan sangat membuang waktu kita. Saya dulu sempat ‘kecanduan’ dengan jejaring sosial dan berita online. Mungkin sekarang saya masih aktif di jejaring sosial, namun syukurlah tidak seaktif yang dulu. Kini saya hanya menggunakan jejaring sosial untuk mengurus akun Hedi Sasrawan Blog dan mengetahui informasi penting dari kelas atau teman saya.

Pengertian Seni Rupa Terapan (Artikel Lengkap)

Seni rupa adalah salah satu cabang seni yang diciptakan manusia dengan menggunakan rupa sebagai medium pengungkapan seni. Yang termasuk ke dalam rupa adalah garis, bidang, bentuk (wujud), huruf, angka, warna dan bahkan cahaya. Karena perbedaan rupa yang dijadikan medium inilah kemudian dikenal cabang-cabang seni rupa seperti seni lukis, seni patung, seni grafis, seni desain dan sebagainya. Seni rupa dibedakan ke dalam dua kategori yaitu:

  1. Seni rupa murni

Pengusaha Sejati itu Konsisten!

Pengusaha Sejati itu Konsisten!Pengusaha sejati itu harus konsisten. Konsisten dalam bekerja dan ide. Jangan berubah-ubah terus nanti bisa kacau akibatnya. Jika kita telah memiliki sebuah ide bisnis yang cemerlang, maka kita harus fokus hanya terhadap satu ide tersebut dan tidak mencari ide lain apalagi ide ‘rencana B’. Biasanya, manusia hanya bisa berfokus terhadap satu hal dalam waktu yang sama. Nah, jika kita melakukan lebih dari satu hal dalam waktu yang sama, maka pada akhirnya kita akan kelelahan dan waktu kita terbuang sia-sia.

Pengusaha sejati itu konsisten, lihat saja para pengusaha sukses sekarang. Ada yang berfokus di bidang teknologi (Bill Gates, Larry Page, Steve Jobs), ada yang berfokus di bidang asuransi (Merry Riana), ada juga orang yang berfokus di bidang perdagangan. Nah, mereka hanya berfokus pada satu hal terlebih dahulu. Jika satu bisnisnya itu sudah sukses sehingga kita tidak perlu mengawasinya lagi, barulah kita mencari ide baru. Contohnya seperti Bill Gates yang membangun perusahaan teknologi Microsoft. Saat perusahaannya sukses, dia tidak perlu lagi mengawasi perusahaan tersebut. Dia kemudian membangun sebuah yayasan untuk membantu orang-orang sakit dan miskin.

Sama seperti saat belajar, kita tidak mungkin bisa belajar matematika dan Bahasa Jepang secara bersamaan (orang yang berkemampuan khusus mungkin bisa). Kita tidak mungkin bisa melihat beragam simbol matematika sambl melihat huruf Hiragana. Jika kita melakukannya, maka otak kita akan kelelahan dan tidak mampu menyerap kedua mata pelajaran tersebut dengan baik. Akhirnya, waktu belajar kita akan terbuang sia-sia.

Satu bidang bisnis membutuhkan ketelitian, kerja keras, dan ketekunan yang tinggi. Nah, seandainya kita berusaha membangun 2 perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan asuransi secara bersamaan, tentu saja keduanya akan gagal total. Kita harus merelakan salah satu bidang bisnis tersebut untuk hanya berfokus pada satu bidang bisnis saja. Suatu saat nanti jika kita sukses barulah kita membangun perusahaan yang kita lepas tersebut.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Pengertian Depenalisasi (Kriminologi)

Depenalisasi adalah sebagai suatu perbuatan yang semula bisa di hukum pada suatu saat bisa menjadi tidak bisa di hukum oleh UU. Depenalisasi merupakan kebalikan dari penalisasi.


Sumber
1. KRIMINOLOGI (unjalu.blogspot.com)
2. Pengertian Penalisasi dan Depenalisasi (kang-rio.blogspot.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Gagal itu Bukan Akhir

Gagal itu Bukan AkhirKegagalan itu bukanlah akhir dari usaha Anda. Malahan itu bisa menjadi awal untuk meraih kesuksesan. Gagal bisa menjadi akhir jika kita menyerah dan berhenti begitu saja. Ingatlah bahwa kegagalan itu bisa diperbaiki. Sama seperti gagal saat ulangan harian kita bisa mengikuti ulangan remidial. Mungkin saja saat kita ulangan kita salah menghitung sehingga salah. Jadi, gagal itu bisa jadi karena kecerobohan kita dalam melaksanakannya.

Entrepreneur sesukses siapapun pasti pernah gagal. Jika dia tidak pernah gagal, mungkin saja dia saat ini menjadi karyawan atau bahkan pengangguran. Mereka adalah orang yang terus mencoba, berusaha, dan pantang menyerah. Modal mereka hanyalah keyakinan. Keyakinan bahwa dia akan sukses. Mereka percaya bahwa jika mereka berhenti berusaha, sesungguhnya dia berhenti pada selangkah menuju sukses.

Diumpamakan ada dua orang penggali emas. Yang satu (anggap saja si A) semangatnya tinggi dan pantang menyerah, yang satu lagi (anggap saja si B) mudah menyerah. Mereka sama-sama telah menggali sedalam 100 meter dan si B menyerah karena tidak mendapatkan apa-apa. Sementara si A terus menggali dan akhirnya mendapatkan tambang emas terbesar di dunia yang letaknya 101 meter di bawah tanah dan si A pun menjadi orang kaya raya. Nah, seandainya si B tidak menyerah dan berusaha sedikit saja, mungkin saja dia akan seperti si A. Orang-orang seringkali menyerah ketika mereka hanya selangkah lagi menuju keberhasilan. Entrepreneur sukses pernah gagal 10 kali namun mencoba 11 kali.

Manusia tidak pernah sempurna, pasti saja ada sedikit kegagalan setiap kali mencoba. Namun, jika dikaji dan diulang kembali terus menerus, kesalahan tersebut akan berangsur hilang. Malah dengan kegagalan, kita bisa mengetahui letak kesalahan kita sehingga kita bisa memperbaikinya. Kegagalan itulah yang sering kita sebut pengalaman. Pengalaman yang membuat kita kuat.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

8 Klasifikasi Danau Berdasarkan Proses Terjadinya

Danau adalah bagian permukaan bumi yang berupa cekungan dan digenangi air serta terletak di tengah-tengah daratan. Intinya, danau adalah perairan di tengah-tengah daratan. Umumnya danau berisi air tawar. Namun ada juga danau yang berisi air asin salah satunya adalah yang berada di danau laut Kaspia. Danau terdiri dari banyak jenis. Berikut adalah klasifikasi danau berdasarkan proses terjadinya. Langsung saja kita simak yang pertama:

Sistem Ekonomi Komando (Artikel Lengkap)

Sistem ekonomi komando (terpusat atau terpimpin) adalah system ekonomi yang segala sesuatunya tentang ekonomidiatur oleh pemerintah pusat. Ini berarti bahwa pemerintah yang menentukan jenis barang dan jasa apa yang akan diproduksi, menggunakan metode atau cara apa barang dan jasa tersebut akan dibuat sampai siapa yang akan mengkonsumsi barang dan saja tersebut. Sehingga dalam sistem ekonomi komando ini, pemerintah akan lebih mudah mngendalikan inflasi, masalah pengangguran, serta masalah ekonomi lainnya. Intinya, semua pergerakan ekonomi berada di tangan pemerintah. Tidak jelas siapa yang pertama kali menggunakan sistem ekonomi komando, namun VOC telah menggunakan sistem ini sebelum Karl Max mencetuskan. (1830-1870)

1. Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Komando

Dalam sistem ekonomi komando ini pemerintah menguasai semua alat dan sumber-sumber daya sehingga hak milik perorangan tidak diakui. Tidak ada individu atau kelompok yang dapat berusaha dengan bebas dalam kegiatan perekonomian karena semua kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah. Sehingga bisa dibilang bahwa kelemahan dari sistem ekonomi komando ini adalah matinya inisiatif idividu untuk maju karena sering terjadinya monopoli yang merugikan masyarakat sehingga masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memilih serta mengolah sumber daya.

Ciri-Ciri sistem ekonomi komando adalah sebagai berikut:

  1. Segala kegiatan perekonomian diatur oleh pemerintah
  2. Kebijakan perekonomian diatur sepenuhnya oleh pemerintah (central planning)
  3. Semua alat dan suber daya produksi dimiliki dan dikuasai oleh pemerintah
  4. Hak milik perorangan tidak diakui
  5. Segala kebijakan pemerintah atau penguasa harus dilakukan oleh rakyat
  6. Pemerintah bersifat paternalisme
  7. Masyarakat tidak dapat menentukan jenis pekerjaan yang diinginkan
  8. Pemerintah pusat bertanggung jawab sepenuhnya terhadap jalannya perekonomian.
  9. Tidak ada pihak swasta yang melakukan kegiatan ekonomi

2. Kelebihan Sistem Ekonomi Komando

Dalam sistem ekonomi komando ini peran individu diatur sepenuhnya oleh pemerintah sehingga peranan perencanaan ekonomi oleh negara dalam mengatur perekonomian sangat lah penting. Peranan pasar sebagai alat alokasi sumber daya ekonomi digantikan oleh cara pengesahan atau rationing karena penguasaan aset ekonomi merupakan kepemilikan bersama dalam sistem ekonomi komando ini. Sehingga  pemerintah dapat dengan mudah mengawasi kegiatan perrkonomian yang ada serta memudahkan negara dapat bertanggung jawab secara penuh terhadap kegiatan perekonomian sehingga pemerataan pendapatan antar lapisan masyarakat dapat terjamin.

Kelebihan sistem ekonomi komando adalah sebagai berikut:

  1. Pemerintah mudah melakukan pengendalian dan pengawasan harga
  2. Pemerintah bebas menentukan barang atau jasa sesuai dengan kebutuhan masyarakat
  3. Jarang terjadi krisis ekonomi karena ekonomi direncanakan oleh pemerintah
  4. Pemerintah lebih mudah mengendalikan inflasi, pengangguran, dan masalah ekonomi lainnya
  5. Kemakmuran masyarakat terjamin
  6. Dapat mengurangi kesenjangan antara si kaya dan si miskin
  7. Pasar barang dalam negeri berjalan lancar
  8. Relatif mudah melakukan distribusi pendapatan

3. Kekurangan Sistem Ekonomi Komando

Kekurangan sistem ekonomi komando adalah sebagai berikut:

  1. Hak milik perorangan tidak diakui
  2. Sering terjadi monopoli yang merugikan masyarakat
  3. Mematikan inisiatif individu untuk maju karena segala kegiatan perekonomian ditentukan oleh pemerintah pusat
  4. Tidak ada kebebasan berusaha.
  5. Pada umumnya kemajuan ekonominya  lambat
  6. Masyarakat tidak memiliki kebebasan dalam memilih sumber daya
  7. Keberhasilan sistem ini sangat tergantung pada baik buruknya kualitas pemerintah

4. Penerapan Sistem Ekonomi Komando

Sistem ekonomi komando cenderung diterapkan di negara-negara yang menganut ideologi komunis atau sosialis. Walaupun dalam kenyataannya tidak ada satu negara pun di dunia ini yang menganut dan melaksanakan sistem ekonomi komando secara murni. Contoh dari negara-negara yang menganut sistem ekonomi komando ini adalah Kuba, Uni Sovyet, negara-negara Eropa Timur sebelum era 1990-an dan China pada masa pemerintahan Mao Zedong.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Ekonomi (Artikel Lengkap)

  2. Soal TPA IPS SMA 3 Denpasar 2012

  3. Kamboja (Artikel Lengkap)

  4. Thailand (Artikel Lengkap)


Sumber:
1. Sistem Ekonomi Komando, Ciri-Ciri, Dan Keutunganya (bangkusekolah-id.blogspot.com)
2. Sistem Ekonomi Komando (carapedia.com)
3. Pengertian sistem ekonomi komando? (id.answers.yahoo.com)
4. SISTEM EKONOMI KOMANDO (TERPUSAT) (febrienivivinoviana.blogspot.com)
5. PENGERTIAN SISTEM EKONOMI (thinkquantum.wordpress.com)
6. Sistem Ekonomi Komando (putriwindu.wordpress.com)
7. Definisi sistem ekonomi komando (id.shvoong.com)
8. Tugas 1 : Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi (aksekpubc.wordpress.com)
9. Sistem Ekonomi Terpusat (pustakasekolah.com)
10. Sistem Ekonomi Terpusat (liahibatha.wordpress.com)
11. Contoh sistem ekonomi komando? (id.answers.yahoo.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

5 Penderitaan Rakyat Indonesia pada Masa Penjajahan Jepang

Penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang jauh lebih berat daripada penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Belanda. Walaupun Jepang hanya menjajah Indonesia selama 3 tahun (1942-1945). Jepang memerintah rakyat Indonesia untuk kerja paksa (Romusha) untuk membantu Jepang dalam perang Asia Timur Raya. Nah, berikut adalah penderitaan rakyat Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Langsung saja kita simak yang pertama:

Sistem Kekebalan Tubuh Manusia (Artikel Lengkap)

Tubuh kita sangat rentan terkena penyakit. Penyakit dapat mengganggu kita dalam bekerja atau bahkan bisa memperpendek umur kita. Maka dari itu, kita butuh sistem kekebalan tubuh untuk menjaga tubuh kita dari berbagai bakteri atau virus yang merugikan.

Pengertian Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan atau imunitas adalah suatu sistem pertahanan yang digunakan untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit atau kuman. Zat-zat yang merangsang timbulnya reaksi kekebalan tubuh disebut antigen. Penyakit atau kuman ini berupa protein asing yang berbeda dari protein tubuh kita, dan sering disebutantigen. Karena dianggap sesuatu yang asing, maka antigen ini harus disingkirkan, dinetralisir, atau dihancurkan. Reaksi kekebalan tubuh yang normal dapat mengenali antigen, mengerahkan kekuatan untuk bertahan melawan antigen tersebut, dan menyerangnya. Yang bertugas melakukan ini salah satunya adalah sistem pertahanan tubuh yang dikenal dengan antibodi.

Fungsi Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh memiliki berbagai fungsi, diantaranya:

  1. Melindungi tubuh dari virus penyebab penyakit
  2. Penangkal benda asing yang masuk ke dalam tubuh
  3. Menghancurkan mikroorganisme asing (bakteri, parasit, dan jamur)
  4. Menjaga keseimbangan komponen tubuh yang telah tua
  5. Menghilangkan sel yang mati untuk perbaikan jaringan
  6. Pendeteksi adanya sel-sel abnormal, termutasi, atau ganas, serta menghancurkannya

Sesuai namanya, sistem kekebalan tubuh tentu saja berfungsi untuk menjaga tubuh dari penyakit dan untuk mencegah timbulnya kanker.

Pertahanan Tubuh Alami

Kebanyakan penyakit (patogen) di sekitar kita sulit masuk ke dalam tubuh karena pertahanan tubuh alami. Jika tidak ada pertahanan tubuh alami, tentunya kita akan mudah terkena penyakit. Pertahanan tubuh alami terdapat pada kulit, air mata, lemak, lendir, bulu hidung, enzim, sel darah putih, dan bakteri baik.

Pada kulit terdapat keratin yang mengandung sangat sedikit air sehingga menyebabkan patogen sulit tumbuh. Air mata mengandung kelenjar lakrimal (kelenjar air mata) yang melindungi mata dari bahan kimia dan mikroorganisme. Lemak memiliki sifat antimikrobial. Lendir pada hidung menangkap debu yang berbahaya bila sampai masuk ke paru-paru. Bulu hidung menangkap bakteri.

Respon Pertahanan Tubuh

Respon pertahanan tubuh adalah cara yang dilakukan tubuh terhadap masuknya patogen dan antigen di dalam tubuh. Respon ini dibedakan menjadi respon imun non spesifik dan respon imun spesifik.

Respon imun non spesifik adalah respon terhadap jaringan tubuh yang rusak. Respon imum non spesifik dibagi menjadi dua yaitu inflamasi dan fagositosis. Inflamasi adalah reaksi yang mencegah infeksi dan menimbulkan pembengkakan. Fagositosis dilakukan oleh sel darah putih.

Respon imun spesifik adalah respon melindungi tubuh dari patogen dan mencegah sistem pertahanan tubuh untuk menyerang jaringan tubuh. Respon imun spesifik timbul dari dua sistem berbeda yang saling bekerja sama, yaitu antibody-mediated immunity (tidak melibatkan sel) dan cell-mediated immunity (melibatkan sel).

Pencegahan Penyakit

Penyakit yang disebabkan oleh patogen dapat dicegah dengan sistem kekebalan tubuh. Selain melalui pertahanan tubuh alami, pencegahan penyakit juga dapat dilakukan dengan vaksinasi dan imunisasi.

Vaksinasi adalah pemberian vaksin yang dimasukkan ke dalam tubuh. Vaksin merupakan suatu antigen yang menyebabkan perkembangan kekebalan tubuh aktif. Secara garis besar, vaksin dikelompokkan menjadi 4 jenis yaitu:

  1. Vaksin Bacille Calmette-Guerin (BCG), polio jenis sabin, dan campak. Vaksin ini terbuat dari mikroorganisme yang telah dilemahkan.
  2. Vaksin pertusis dan polio jenis salk. Vaksin ini berasal dari mikroorganisme yang telah dimatikan.
  3. Vaksin tetanus toksoid dan difteri. Vaksin ini berasal dari toksin (racun) mikrooganisme yang telah dilemahkan/diencerkan konsentrasinya.
  4. Vaksin hepatitis B. Vaksin ini terbuat dari protein mikroorganisme.

Penyakit pada Sistem Kekebalan Tubuh

Gangguan atau penyakit pada sistem kekebalan terjadi ketika:

  1. Tubuh menghasilkan reaksi kekebalan melawan dirinya sendiri (gangguan autoimun).
  2. Tubuh tidak dapat menghasilkan reaksi kekebalan yang sesuai untuk melawan serangan mikroorganisme (gangguan imunodefisiensi).
  3. Reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan meskipun terhadap antigen asing yang tidak berbahaya hingga merusak jaringan-jaringan normal (reaksi alergi).

Berikut adalah beberapa penyakit pada sistem kekebalan tubuh manusia:

  1. Myasthenia gravis. Myasthenia gravis adalah antibodi yang menyerang otot lurik dan menyebabkan berkurangnya kemampuan otot untuk bergerak.
  2. Lupus eythematosus. Lupus adalah antibodi menyerang sel-sel tubuh yang dianggap sebagai sel asing.
  3. Addison’s disease, yaitu antibodi menyerang kelenjar adrenalin. Penyakit ini bisa disebabkan karena infeksi pada kelenjar adrenalin. Namun ditemukan juga sebab yang lain, yaitu antibodi menyerang sel-sel yang menghasilkan hormon adrenalin.
  4. Multiple sclerosis, yaitu antibodi menyerang jaringan saraf di otak dan tulang belakang.
  5. Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS), adalah penyakit yang disebabkan olehHuman Immunodeficiency Virus (HIV) yang menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh..

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. 20 Penyakit pada Sistem Pernapasan Manusia

  2. Sistem Gerak Pada Manusia (Artikel Lengkap)

  3. Paru-Paru (Artikel Lengkap)


Sumber:
1. Sistem Kekebalan Tubuh (biologimediacenter.com)
2. Sistem Kekebalan Tubuh (medicastore.com)
3. SISTEM IMUN DALAM TUBUH KITA (economyscience.blogspot.com)
4. Sistem Imun (theartofhumanbody.blogspot.com)
5. Kelainan Sistem Kekebalan Tubuh (budisma.web.id)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

5 Jenis Seni Rupa Terapan (Beserta Gambar)

Seni rupa terapan adalah karya seni rupa yang kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari. Jadi, selain nilai seni (estetika), seni rupa terapan juga memiliki nilai pakai dan bukan hanya sebagai pajangan/hiasan saja. Contoh seni rupa terapan adalah kain batik, peralatan dapur, asbak, rumah adat, senjata tradisional, alat transportasi tradisional, meja, kursi, dll. Berikut adalah jenis seni rupa terapan. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Seni Bangunan (Arsitektur)

rumah adat JambiSeni rupa terapan bisa berwujud bangunan. Biasanya terdapat hiasan di dinding, kusen, pintu, jendela, ornamen, atap, dll. Seni bangunan bisa juga digunakan sebagai tempat tinggal atau tempat ibadah. Contoh seni bangunan antara lain rumah adat, pura, masjid, gereja, vihara, candi, gapura, dll.

2. Seni Kain

seni kain batikSeni kain biasa digunakan sebagai pakaian atau sarana upacara. Contohnya adalah batik dan pakaian adat di masing-masing daerah.

3. Seni Ilustrasi

seni ilustrasi Bung KarnoSeni ilustrasi adalah gambar atau foto yang berfungsi untuk menjelaskan suatu naskah/teks. Gambar pada artikel ini juga termasuk seni ilustrasi. Fungsi dari seni ilustrasi adalah untuk memperjelas maksud dari sebuah teks sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

4. Seni Kerajinan Tangan

seni kerajinan tangan asbakSeni kerajinan tangan biasanya digunakan untuk alat kebutuhan sehari-hari. Misalnya asbak, tempat pensil, peralatan dapur, dll.

5. Seni Dekorasi

seni dekorasi ulang tahunSeni dekorasi adalah seni yang digunakan untuk menghias sebuah ruangan. Biasanya ini dilakukan saat ada acara atau upacara seperti perayaan hari kemerdekaan, ulang tahun, resepsi pernikahan, dll.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Seni Rupa Terapan (Artikel Lengkap)

  2. Mengidentifikasi karya seni rupa murni Bali

  3. Contoh Seni Rupa Murni


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

20 Negara Miskin di Benua Afrika

20 Negara Miskin di Benua AfrikaAfrika adalah benua termiskin di dunia. Negara-negara di afrika kebanyakan tidak berkembang dan hanya bergantung pada pertanian dan pertambangan. Terorisme, perang antar suku, dan korupsi sering terjadi di benua ini yang mengakibatkan melemahnya ekonomi. Afrika dibagi menjadi 54 negara dan 36% penduduknya hidup dengan pendapatan kurang dari $1 per hari. Yang berwarna kuning pada gambar di atas adalah 20 negara miskin di benua afrika yang berhasil kami rangkum berdasarkan data dari CIA World Factbook dan perkiraan pendapatan per kapita pada tahun 2010-2011.

Urutan

Negara

Pendapatan per Kapita

Tahun

1 Republik Demokratik Kongo $300 2011
2 Burundi $400 2011
3 Liberia $400 2011
4 Zimbabwe $500 2011
5 Somalia $600 2010
6 Eritrea $700 2011
7 Sierra Leone $800 2011
8 Republik Afrika Tengah $800 2011
9 Niger $800 2011
10 Malawi $900 2011
11 Madagaskar $900 2011
12 Togo $900 2011
13 Ethiopia $1.100 2011
14 Guinea $1.100 2011
15 Mozambik $1.100 2011
16 Guinea-Bissau $1.100 2011
17 Komoro $1.200 2011
18 Rwanda $1.300 2011
19 Mali $1.300 2011
20 Burkina Faso $1.500 2011

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia

  2. Pendapatan per Kapita Negara Berkembang

  3. Rangkuman: Negara Maju dan Negara Berkembang


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

15 Zat yang Terkandung dalam Urine

Urine adalah salah satu hasil dari sistem ekskresi pada manusia. Urine dihasilkan oleh ginjal melalui penyaringan darah. Urine harus dikeluarkan dari tubuh. Jika tidak, maka urine itu akan meracuni tubuh. Sama halnya dengan sampah yang harus dibuang atau feses yang harus dibuang. Urine adalah zat-zat buangan atau zat dengan konsentrasi yang berlebih. Nah, berikut adalah zat yang terkandung dalam urine. Langsung saja kita simak yang pertama:

  1. Air. Kandungan air dalam darah dikeluarkan dari tubuh jika konsentrasinya terlalu tinggi.
  2. Empedu. Berasal dari hasil perombakan sel darah merah di hati dan memberi warna kekuningan pada urine.
  3. Garam. Garam dikeluarkan untuk menjaga konsentrasi garam di darah supaya tidak berlebih.
  4. Urea (9,3 g/L). Merupakan hasil dari perombakan protein.
  5. Asam urat. Merupakan hasil dari perombakan protein.
  6. Amonia. Merupakan hasil dari perombakan protein. Amonia memberi bau pada urine.
  7. Obat-obatan. Obat-obatan dibuang supaya tidak menjadi racun dalam tubuh. Itulah sebab mengapa sehabis minum obat urine kita menjadi berbau seperti obat.
  8. Asam klorida (1,87 g/L)
  9. Sodium (1,17 g/L)
  10. Potasium (0,75 g/L)
  11. Gula. Gula ditemukan pada urine penderita diabetes dan tidak akan ditemukan pada urine orang yang sehat.
  12. Nitrogen
  13. Fosfor
  14. Kreatinin (0,67 g/L)
  15. Asam sulfat

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Sistem Ekskresi pada Manusia

  2. Sistem Saraf pada Manusia

  3. Alat-Alat Ekskresi pada Manusia

  4. 3 Bagian Utama Ginjal Manusia

  5. Detail Ginjal (Dalam Bahasa Indonesia)


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

15 Sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang

15 Sebab Terjadinya Perilaku MenyimpangPerilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan, baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pembenarannya sebagai bagian daripada makhluk sosial.

Menurut Wilnes dalam bukunya Punishment and Reformation sebab-sebab penyimpangan/kejahatan dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut :

  1. Faktor subjektif adalah faktor yang berasal dari seseorang itu sendiri (sifat pembawaan yang dibawa sejak lahir).
  2. Faktor objektif adalah faktor yang berasal dari luar (lingkungan). Misalnya keadaan rumah tangga, seperti hubungan antara orang tua dan anak yang tidak serasi.

Berdasarkan pernyataan di atas, maka dapat dijelaskan secara lebih rinci sebab terjadinya perilaku menyimpang. Berikut adalah sebab-sebab terjadinya perilaku menyimpang:

  1. Perbedaan status (kesenjangan) sosial antara si kaya dan si miskin yang sangat mencolok mengakibatkan timbulnya rasa iri dan dengki sehingga terjadilah pencurian dan saling ejek.
  2. Ketidaksanggupan menyerap norma-norma kebudayaan. Karena ketidaksanggupan menyerap norma-norma kebudayaan kedalam kepribadiannya maka seorang individu tidak mampu membedakan perilaku yang pantas dan perilaku yang tidak pantas bagi masyarakat di sekitarnya.
  3. Sikap mental yang tidak sehat membuat orang tidak pernah merasa bersalah atau menyesali perilakunya yang dianggap menyimpang.
  4. Kriminolog Italia Cesare Lombroso berpendapat bahwa orang jahat dicirikan dengan ukuran rahang dan tulang-tulang pipi panjang, kelainan pada mata yang khas, tangan-tangan, jari-jari kaki serta tangan relatif besar, dan susunan gigi yang abnormal.
  5. Proses belajar yang menyimpang. Seseorang yang melakukan tindakan menyimpang karena seringnya membaca atau melihat tayangan tentang perilaku menyimpang. Hal itu dapat membuat seseorang ingin meniru tokoh yang ada di tayangan tersebut walaupun itu adalah termasuk perilaku menyimpang.
  6. Penyimpangan karena hasil proses sosialisasi subkebudayaan menyimpang. Subkebudayaan adalah suatu kebudayaan khusus yang normanya bertentangan dengan norma-norma budaya yang dominan. Unsur budaya menyimpang meliputi perilaku dan nilai-nilai yang dimiliki oleh anggota-anggota kelompok yang bertentangan dengan tata tertib masyarakat.
  7. Lingkungan pergaulan sangat mempengaruhi perkembangan sikap dan perilaku seseorang. Biasanya orang akan mengikuti dan beradaptasi dengan lingkungan pergaulannya walaupun itu sudah termasuk perilaku menyimpang.
  8. Ketegangan antara kebudayaan dan struktur sosial. Terjadinya ketegangan antara kebudayaan dan struktur sosial dapat mengakibatkan perilaku yang menyimpang. Hal itu terjadi jika dalam upaya mencapai suatu tujuan seseorang tidak memperoleh peluang, sehingga ia mengupayakan peluang itu sendiri, maka terjadilah perilaku menyimpang.
  9. Banyaknya pemuda yang putus sekolah menyebabkan hilangnya kesempatan untuk mencari kerja. Akibatnya mereka harus menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang walaupun itu termasuk perilaku menyimpang seperti mengemis atau mencuri.
  10. Ikatan sosial yang berlainan. Setiap orang biasanya berhubungan dengan beberapa kelompok yang berbeda. Hubungan dengan kelompok-kelompok tersebut akan cenderung membuatnya mengidentifikasi diri dengan kelompokyang paling dihargainya. Dalam hubungan ini individu akan memperoleh pola-pola sikap dari perilaku kelopoknya. Jika perlaku kelompok tersebut menyimpang maka kemungkinan besar ia juga akan menunjukkan pola-pola perilaku menyimpang.
  11. Ketidakharmonisan keluarga memicu stres terutama pada anak remaja. Mereka menjadi semakin labil karena tidak mendapat perhatian dari orangtuanya.
  12. Mencari perhatian juga menjadi sebab terjadinya perilaku menyimpang. Kemungkinan itu disebabkan oleh kurangnya perhatian dari orangtua dan gurunya sehingga dia selalu berusaha untuk mendapatkan perhatian dari orang lain walaupun itu menyimpang.
  13. Dorongan ekonomi biasanya menjadi faktor utama untuk melakukan suatu perilaku menyimpang. Contoh adalah seperti orang yang mencuri karena terdesak dengan kebutuhan pokoknya yang tidak terpenuhi.
  14. Kegagalan dalam proses sosialisasi. Keluarga inti maupun keluarga luas bertanggung jawab terhadap penanaman nilai dan norma pada anak. Kegagalan proses pendidikan dalam keluarga menyebabkan terjadinya penyimpangan.
  15. Labelling. Faktor pelabelan pertama kali di ungkapkan oleh Edwin M. Lemert dalam teori pelabelan. Menurutnya seseorang melakukan perilaku menyimpang diberi cap (label negatif) oleh masyarakat.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Ilmu yang Mempelajari Perilaku Menyimpang

  2. Penyimpanan Sosial dan Pengendalian Sosial (Materi Ringkasan)


Sumber:
1. Perilaku menyimpang (id.wikipedia.org)
2. Penyebab Perilaku Menyimpang (psychologymania.com)
3. Penyebab PERILAKU MENYIMPANG (id.shvoong.com)
4. Faktor Penyebab Perilaku Menyimpang (leonheart94.blogspot.com)
5. Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang dan Sikap Antisosial dari Sudut Pandang Biologi (bangkusekolah-id.blogspot.com)
6. Faktor Penyebab Terjadi Perilaku Menyimpang (teknologianakcikande.blogspot.com)
7. Sebab-sebab Terjadinya Perilaku Menyimpang (bisosial.com)
8. Faktor Penyebab dan Dampak Penyimpangan Sosial (izzah-ruhama.blogspot.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

Klasifikasi Makhluk Hidup (Artikel Lengkap)

Klasifikasi makhluk hidup didasarkan kepada pemikiran para ahli dalam mengelompokkan makhluk hidup sesuai dengan syarat internasional. Klasifikasi adalah pengelompokan aneka jenis hewan atau tumbuhan ke dalam kelompok tertentu. Klasifikasi modern berakar pada sistem Carolus Linnaeus, yang mengelompokkan spesies menurut kesamaan sifat fisik yang dimiliki. Ilmu yang mempelajari prinsip dan cara klasifikasi makhluk hidup disebut taksonomi.

10 Penyebab Kebutuhan Setiap Individu Berbeda

dari julianaxxxxxxx@xxxxx.com

permisi kak, boleh nanya? Mengapa kebutuhan individu setiap orang berbeda-beda? Apa penyebabnya? Makasii yaa kak :)


(Selengkapnya baca artikel tentang Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya)

Kebutuhan setiap orang tidaklah sama. Seperti contoh, kebutuhan orang yang tinggal di pedesaan berbeda dengan kebutuhan orang yang tinggal di perkotaan. Kebutuhan siswa SMP berbeda dengan kebutuhan siswa SMA. Kebutuhan seorang karyawan berbeda dengan kebutuhan pengusaha. Nah, jadi tidaklah mungkin ada manusia yang kebutuhannya selalu sama dengan orang lain. Nah, berikut adalah penyebab kebutuhan individu setiap orang berbeda:

  1. Keadaan alam. Keadaan alam membuat kebutuhan orang berbeda. Seperti orang yang tinggal di daerah dingin membutuhkan pakaian yang tebal sedangkan orang yang tinggal di daerah pantai cenderung membutuhkan pakaian yang tipis dan pendek.
  2. Jenis kelamin. Kebutuhan perempuan dan laki-laki tentu saja berbeda. Seperti dalam hal pakaian. Perempuan cenderung suka mengenakan asesoris pada tubuhnya.
  3. Profesi. Perbedaan profesi tentu saja membuat kebutuhannya juga berbeda. Seperti kebutuhan seorang akuntan berbeda dengan kebutuhan seorang manajer.
  4. Keinginan. Kebutuhan berbeda dengan keinginan. Setiap manusia pasti berbeda keinginannya. Hal ini juga dipengaruhi oleh promosi produk tertentu dan terpengaruh teman.
  5. Agama. Perbedaan agama membuat kebutuhan juga berbeda. Seperti perbedaan pakaian ibadah dan sarana ibadah.
  6. Gengsi. Sifat manusia selalu tidak ingin kalah dengan orang-orang di sekitarnya. Jadi, misalnya ada suatu trend di masyarakat, maka setiap orang pasti akan berlomba untuk menjadi yang tergengsi.
  7. Adat istadat. Setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda. Hal ini tentu membuat kebutuhan seseorang berbeda. Seperti perbedaan kebutuhan akan pesta perkawinan di beberapa daerah.
  8. Tingkat pendapatan. Tingkat pendapatan juga membuat kebutuhan setiap orang berbeda. Yang berpendapatan tinggi cenderung suka membeli barang mewah dengan harga yang cukup mahal. Sedangkan orang yang berpendapatan rendah hanya mampu membeli kebutuhan hidup sehari-harinya.
  9. Usia. Contohnya adalah kebutuhan akan susu. Biasanya susu untuk orang remaja yang berguna untuk pertumbuhannya berbeda dengan kebutuhan orang yang lanjut usia untuk menghindari osteoporosis.
  10. Hobi. Perbedaan hobi tentu saja membuat kebutuhan berbeda-beda. Penghobi tanaman hias tidak mungkin membutuhkan makanan kucing kecuali jika mereka juga penghobi kucing.

Sumber:
1. Penyebab dari terjadinya Perbedaan Kebutuhan (bangkusekolah-id.blogspot.com)
2. Orang Mempunyai Tingkat Kebutuhan Berbeda...Mengapa? (asiabusinesscentre.blogspot.com)
3. Kebutuhan dan Kelangkaan Sumber Daya (Materi Lengkap) (hedisasrawan.blogspot.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Peta Negara India

India adalah sebuah negara yang terletak di anak benua Asia. Keunikan negara ini adalah merupakan negara dengan peringkat kedua penduduk terbanyak di dunia. Nah berikut adalah peta negara India:

Peta Negara India

Nah, dari peta di atas, sudah terlihat pula semua negara bagian India. Berikut adalah negara-negara bagian India:

  1. Andhra Pradesh
  2. Arunachal Pradesh
  3. Assam
  4. Bihar
  5. Chhattisgarh
  6. Goa
  7. Gujarat
  8. Haryana
  9. Himachal Pradesh
  10. Jammu dan Kashmir
  11. Jharkhand
  12. Kerala
  13. Madhya Pradesh
  14. Maharashtra
  15. Manipur
  16. Meghalaya
  17. Nagaland
  18. Orissa
  19. Punjab
  20. Rajasthan
  21. Sikkim
  22. Tamil Nadu
  23. Tripura
  24. Uttar Pradesh
  25. Bengal Barat

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian