Dampak Positif Teknologi Dalam Sosial Budaya

Teknologi bukanlah barang baru di Indonesia. Teknologi adalah suatu hal yang dapat mempermudah manusia baik untuk bekerja, berkomunikasi, belanja, maupun bermain. Jika teknologi tidak digunakan dengan baik dan benar, maka yang terjadi adalah bisa yang tidak kita inginkan. Bahkan budaya kita bisa saja hilang karena teknologi. Tapi tahukah anda bahwa dibalik dampak negatifnya yang cukup mengerikan, ada juga dampak positif teknologi dalam sosial budaya. Tentunya jika teknologi kita gunakan dengan baik dan benar. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Seringkali kita menggunakan teknologi seperti komputer, smartphone, tablet PC, atau konsol untuk bermain game. Game adalah sarana refreshing alternatif untuk orang yang bekerja di depan komputer atau hanya untuk sekedar menghabiskan waktu. Tapi terkadang, kita bermain game yang salah dan malah membawa dampak buruk bagi kita seperti game yang berisi pembunuhan, pemerkosaan, kebut-kebutan, pencurian, dan lain sebagainya. Itulah yang lama-kelamaan mengikis budaya kita yang telah diwariskan turun-temurun.

Solusinya? Para programer game khususnya di Indonesia sebaiknya menciptakan game yang mengandung budaya Indonesia seperti game action yang menggunakan pencak silat. Tapi, gamenya harus berkualitas tinggi dan sama menariknya seperti game Mortal Kombat atau yang lainnya. Itu bisa meningkatkan semangat pencak silat Indonesia dan akan mengangkat derajat pencak silat di dunia.

Inilah dampak positif teknologi, kita bisa membuat suatu hal yang berbau budaya Indonesia untuk menggantikan hal yang negatif yang terdapat di teknologi. Jika kita menggunakan teknologi dengan maksimal, maka negeri kita akan semakin maju. Jika kita menggunakan teknologi dengan baik dan benar, maka bangsa kita akan semakin berbudaya dan semakin dikenal dunia.

Maka dari itu, mari kita gunakan teknologi dengan maksimal juga baik dan benar. Dukunglah Indonesia menuju kemajuan dalam segala bidang dan pertahankan budaya kita.

 

Tetap Semangat! | Catatan Harian

4 comments: