6 Tips Mudah Menghadapi TPA SMA

hasil TPA Ujian Nasional SMP telah selesai… Saatnnya kita yang akan tamat SMP mencari SMA. Tentunya pilihan pertama kita adalah SMA Negeri yang favorit. Mendapatkan SMA Negeri apalagi yang favorit bukanlah perkara yang mudah. Biasanya SMA mengadakan Tes Potensi Akademik yang biasa disingkat dengan TPA. Lalu, bagaimana caranya menghadapi TPA yang biasanya sangat susah dan persiapan kita sangat singkat hanya sejak setelah UN? Kebetulan salah satu anggota HdSTeam mau berbagi tipsnya kepada saya dan saya akan mencoba untuk berbagi dengan anda. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Belajarlah lebih tekun

Karena waktu kita untuk mempersiapkan diri sangat singkat. Maka kita harus belajar lebih tekun lagi. Gunakan waktu seefisien mungkin. Setiap jam waktu kita sangat berharga.

2. Carilah soal-soal TPA sebelumnya

Anda harus aktif mencari soal-soal TPA yang diadakan tahun lalu di SMA tujuan kita. Mintalah dari teman atau dari sekolah anda.

3. Carilah banyak teman

Carilah banyak teman. Baik teman kita yang akan ikut TPA di sekolah yang sama dengan sekolah pilihan kita mapun kakak kelas yang sekolah di SMA pilihan kita. Itu akan mempermudah kita dalam mencari informasi dan mencari soal-soal TPA sebelumnya.

4. Tetap bersantai dan selalu berdoa

Jangan juga belajar secara berlebihan. Sebenarnya kita boleh hanya sekedar belajar saja saat menghadapi TPA. Tapi kalau kita serius ingin bersekolah di SMA favorit kita, maka belajarlah dengan tekun dan tetap beristirahat dengan teratur. Berdoa juga harus tetap dilakukan supaya kita diberi kemudahan dan ketenangan saat latihan dan menjawab soal TPA.

5. Olahraga dan makan makanan yang bergizi

Ini sudah menjadi tips umum yang pasti akan membantu kita untuk menghadapi TPA atau apapun. Lakukan secara teratur yaa… Smile

6. Pelajari materi dari SMP kelas 7 sampai SMA kelas 10

Karena kebanyakan soal-soal TPA mengandung materi pelajaran dari kelas 7 sampai 10. Maka pelajarilah secara ringkas materi tersebut. Terutama IPS, karena selama anda menghadapi UN, anda tidak pernah belajar IPS. Pelajari juga logaritma yang biasanya ada di soal TPA.

Itulah 6 tips mudah menghadapi TPA masuk SMA. Semoga bermanfaat. Ada pertanyaan dan tambahan? Silakan sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Semangat belajar, rajin berdoa, dan tetap menghibur diri. Semoga sukses.. Winking smile

 

Tetap Semangat!

Catatan Harian

4 comments:

  1. Makasih buat tipsnya, :D

    ReplyDelete
  2. Beberapa kali saya ikut tpa dr lbb itu tdk aa materi kelas 10. Apa disaat tpa menuju sma memang ada? Tolong dijawab ya , terimakasih

    ReplyDelete