4 Bagian Sistem Ekskresi dan Fungsinya

loading...

Sistem ekskresi pada manusia terdiri dari ginjal, paru-paru, hati, dan kulit. Sistem ekskresi berfungsi sebagai alat pembuangan hasil metabolisme tubuh. Sisa metabolisme tersebut haruslah dibuang supaya tidak menjadi racun di dalam tubuh. Berikut adalah penjelasan keempat bagian-bagian sistem ekskresi dan fungsinya. Langsung saja kita simak yang pertama:sistem ekskresi manusia

 

1. Ginjal

Ginjal adalah organ ekskresi yang mengekskresikan urine. Urine didapatkan setelah ginjal menyaring darah. Proses penyaringan darah terdiri dari tiga tahapan yaitu filtrasi, reabsorpsi, dan augmentasi. Berikut adalah fungsi ginjal:

Selengkapnya: 10 Fungsi Ginjal (Artikel Lengkap)
  1. Menyaring darah.
  2. Menjaga keseimbangan pH darah.
  3. Menjaga kadar mineral dan air di dalam darah.

2. Paru-Paru

Selengkapnya: Paru-Paru (Artikel Lengkap)

Paru-paru adalah organ ekskresi yang mengekskresikan karbon dioksida dan uap air. Karbon dioksida dan uap air merupakan hasil metabolisme di mitokondria. Selain itu, paru-paru juga merupakan organ pernapasan yang berfungsi sebagai alat respirasi. Proses ekskresi karbon dioksida dan uap air harus melalui sistem pernapasan pada manusia. Berikut adalah beberapa fungsi paru-paru:

Selengkapnya: 10 Fungsi Paru-Paru
  1. Mengekskresikan karbon dioksida dan uap air.
  2. Respirasi.
  3. Mengendalikan pH darah.

3. Hati

Hati atau liver adalah organ yang mengekskresi empedu yang merupakan hasil dari perombakan sel darah merah. Selain sebagai salah satu alat ekskresi, hati juga berperan penting bagi beberapa sistem organ seperti pencernaan dan peredaran darah. Berikut adalah beberapa fungsi hati:

Selengkapnya: 15 Fungsi Hati Manusia
  1. Tempat pembongkaran sel darah merah yang sudah tua.
  2. Sebagai penawar racun dan obat-obatan.
  3. Menyimpan gula dalam bentuk glikogen.

4. Kulit

Kulit adalah bagian tubuh terluar yang terdiri dari tiga lapisan yaitu epidermis, dermis, dan subkutaneus. Selain untuk menutupi dan melindungi tubuh, kulit juga berfungsi sebagai salah satu alat ekskresi yaitu mengekskresikan keringat. Keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh. Berikut adalah beberapa fungsi kulit:

Baca juga: 11 Fungsi Kulit Manusia
  1. Mengatur penguapan.
  2. Menjaga suhu tubuh.
  3. Mengeluarkan keringat.


Sumber:

  1. SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA BESERTA STRUKTURNYA (http://putuagem.blogspot.com/2014/03/sistem-ekskresi-pada-manusia.html)
  2. Alat Ekskresi Manusia dan Fungsinya (http://www.cpuik.com/2014/11/alat-ekskresi-manusia-dan-fungsinya.html)
  3. 10 Fungsi Paru-Paru (http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/10/10-fungsi-paru-paru.html)
  4. 11 Fungsi Kulit Manusia (http://hedisasrawan.blogspot.com/2015/05/11-fungsi-kulit-manusia.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment