Kunci Jawaban dan Pembahasan Sistem Periodik Unsur Kimia SMA Kelas X

loading...

Setelah kamu selesai mengerjakan latihan soal sistem periodik unsur SMA kelas X, ada baiknya kamu mencocokan jawaban kamu dengan kunci jawaban dan pembahasan yang telah kami susun. Silakan bertanya lewat kolom komentar dibawah bila ada kesalahpahaman atau bila ada hal-hal yang kurang dimengerti. Untuk esai, jawaban tidak harus sama persis.

Bagian dari: Sistem Periodik Unsur (Materi Lengkap Kimia SMA Kelas X)

A. Pilihan Ganda

1.

Bertambahnya golongan berarti dari kiri ke kanan. Maka seharusnya jari-jari atom berkurang, energi ionisasi bertambah, keelektronegatifan bertambah, dan sifat logam berkurang. Pada jawaban D, sifat logam seharusnya berkurang bukan bertambah. (Jawaban: D)

2.

Unsur yang ditempatkan dalam satu golongan yang sama berarti memiliki elektron valensi (elektron pada kulit terluar) yang sama. (Jawaban: E)

3.

Nomor atom 19 mempunyai konfigurasi 2, 8, 8, 1. Dengan elektron valensi 1 maka unsur tersebut cenderung bersifat logam dan tidak mungkin membentuk molekul diatom (logam-logam). (Jawaban: B)

4.

Ingat kembali kecenderungan jari-jari atom di dalam tabel periodik dimana unsur satu golongan dari atas ke bawah, jari-jari atom semakin besar. Sedangkan unsur seperiode dari kiri dan kanan, jari-jari atomnya semakin kecil. Jadi, jari-jari atom terkecil berada di pojok kanan atas. Pada jawaban, terlihat bahwa unsur yang mempunyai jari-jari paling kecil adalah unsur O yakni 0,74 angstrom. (Jawaban: E)

5.

Ingat kembali kecenderungan keelektronegatifan pada tabel periodik dimana unsur segolongan dari atas ke bawah semakin kecil sedangkan unsur seperiode dari kiri ke kanan semakin besar. Berarti keelektronegatifan yang paling besar terdapat pada unsur yang terletak di pojok kanan atas. Jadi, unsur yang memiliki keelektronegatifan yang paling besar diantara pilihan jawaban adalah unsur O yaitu 3,44. (Jawaban: E)

6.

Hukum Triade ditemukan oleh John Wolfgang Dobereiner sehingga disebut triade Dobereiner. (Jawaban: B)

7.

Dalam satu periode memiliki jumlah kulit atom yang sama selain itu sifat kimianya bertambah/berkurang secara teratur. (Jawaban: B)

8.

Alkali tanah adalah golongan IIA yang terdiri atas unsur Be, Mg, Ca, Sr, Ba, dan Ra. Unsur K (kalium) termasuk ke dalam alkali. (Jawaban: B)

9.

Metaloid adalah kelompok unsur kimia yang memiliki sifat antara logam dan non-logam. Terdapat 7 unsur metaloid yaitu boron, silikon, germanium, arsen, antimon, telurium, dan polonium. (Jawaban: B)

10.

Nilai energi ionisasi ditentukan oleh muatan inti dan jari-jari atom. Jika muatan inti bertambah, maka energi ionisasi meningkat. Sedangkan jika jari-jari atom bertambah, maka energi ionisasi menurun. (Jawaban: C)

 

B. Esai

Perhatian: Jawaban dibawah hanyalah konsep jawaban. Tidak masalah jika susunan kalimatmu berbeda dengan kunci jawaban dibawah, asalkan konsepnya sama.

1.

Massa atom relatif P

=

clip_image002[8]

30,1

=

clip_image002[10]
Ingat, 12,000=12

Massa rata-rata 1 atom unsur P

=

clip_image002[12]
 

=

30,1 sma
2.

Dalam sistem periodik modern terdapat kolom-kolom vertikal dan lajur-lajur horizontal. Kolom-kolom vertikal inilah yang disebut golongan. Unsur-unsur segolongan mempunyai kemiripan sifat. Sedangkan lajur-lajur horizontal disebu periode. Periode disusun berdasarkan kenaikan nomor atom/jumlah protom. Golongan suatu unsur dapat ditentukan dari elektron valensinya. Sedangkan perode ditentukan dari jumlah kulit atom unsur tersebut.

3.
  1. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, seiring bertambahnya elektron valensi, jari-jari atom semakin kecil. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, seiring dengan bertambahnya kulit, jari-jari atom semakin besar.
  2. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, energi ionisasi semakin besar. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, energi ionisasi semakin kecil.
  3. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, keelektronegatifan semakin besar. Dalam satu golongan dari atas ke bawah, keelektronegatifan semakin kecil.
4. Mendeleev mengelompokan unsur-unsur menurut massa atom. Ia menggunakan kartu yang jumlah sama dengan jumlah unsur yang telah diketahui saat itu. Setiap kartu bertuliskan sifat-sifat unsur dan berat atom. Kemudian kartu tersebut dikelompokan dalam beberapa baris dan ia menemukan bahwa unsur-unsur yang terletak dalam kolom yang sama mempunyai sifat yang mirip.
5.
  1. Ion oksigen bermuatan negatif 2, dengan nomor atom 8. Dengan demikian atom oksigen memiliki elektron sebanyak 8. Konfigurasi elektron unsur O = 2.6. Jadi, unsur O terletak pada golongan VIA.
  2. Ion kalium bermuatan positif 1, dengan nomor atom 19. Dengan demikian atom kalium memiliki elektron sebanyak 19. Konfigurasi elektron unsur K = 2.8.8.1. Jadi, unsur K terletak pada golongan IA.
  3. Ion aluminium bermuatan positif 3, dengan nomor atom 13. Dengan demikian atom aluminium memiliki elektron sebanyak 13. Konfigurasi elektron unsur Al = 2.8.3. Jadi, unsur Al terletak pada golongan IIIA.
  4. Ion klor bermuatan positif 1, dengan nomor atom 17. Dengan demikian atom klor memiliki elektron sebanyak 17. Konfigurasi elektron unsur Cl = 2.8.7. Jadi, unsur Cl terletak pada golongan VIIA.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment