Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Bahasa Indonesia Kelas XI Semester 2

loading...
Setelah kamu selesai mengerjakan soal Bahasa Indonesia SMA IPA kelas 11 semester 2, ada baiknya kamu memeriksa hasil pekerjaanmu disini. Kami telah menyediakan kunci jawaban lengkap beserta cara kami menyelesaikan soal. Jika ada kesalahpahaman atau yang kurang dimengerti, silakan tanya di kolom komentar dibawah.



1. Perhatikan paragraf kedua! Tokoh “aku” mengatakan bahwa saat ini ia sedang memandang langit pagi awal 2008 yang tidak terlalu cerah. (Jawaban: E)
2. Pilihan C lebih mendeskripsikan kondisi tempat tersebut dan menggambarkan bahwa tokoh “aku” sedang berada di sebuah tempat yang memiliki jalan menurun, curam, berbatu-batu besar, dan di sisi kiri-kanannya terdapat banyak dahan berduri. Sedangkan pada pilihan lain tidak menggambarkan dengan jelas latar tempat. (Jawaban: C)
3. Narator adalah orang yang bertugas untuk menceritakan kepada penonton mengenai isi cerita dalam sebuah drama. Antagonis adalah tokoh yang bertentangan dengan protagonis. Protagonis adalah tokoh utama dalam sebuah drama. Tritagonis adalah peran pendamping. Sutradara adalah orang yang mengarahkan sebuah film. (Jawaban: C)
4. Ringkasan haruslah dapat memberikan suatu informasi dalam sebuah produk dengan ringkas namun menyeluruh sehingga kita dapat mengetahui isi produk tersebut secara keseluruhan. (Jawaban: A)
5. Kelakuan Datuk Maringgih sesuai kutipan cerita tersebut dapat disebut licik karena menghalalkan segala cara untuk menjatuhkan orang yang tidak disukainya. Dia tidak cocok disebut tamak dan suka uang karena ia tidak merampas kekayaan Baginda Sulaiman. (Jawaban: A)
6. Penyusun editorial adalah staf redaksi. Wartawan lepas hanya bertugas untuk menyampaikan berita di suatu tempat. Sastrawan adalah penulis buku bukan penulis berita. Pengamat politik adalah tokoh yang seringkali dijadikan narasumber. Sedangkan kolumnis adalah penulis suatu kolom pada surat kabar. (Jawaban: C)
7. Biografi populer adalah biografi yang menekankan penggambaran riwayat hidup seseorang secara jelas. Sedangkan bibilografi sama artinya dengan daftar pustaka. (Jawaban: B)
8. Isi pokok paragraf merupakan hal utama yang dibahas di paragraf tersebut. Bacaan tersebut menunjukan bahwa isi pokoknya adalah tentang penggunaan bahasa di televisi yang memengaruhi penggunaan bahasa masyarakat melalui berbagai tayangan. (Jawaban: B)
9. Perhatikan kalimat terakhir! Dalam kalimat tersebut terdapat alasan dilakukan penelitian. Kalimat semacam itu biasa terdapat di latar belakang. (Jawaban: A)
10. Kutipan diskusi tersebut membahas dampak positif dan negatif yang ditimbulkan akibat pembangunan. Penyaji mengatakan bahwa pembangunan dapat menimbulkan dampak negatif. Sedangkan penanya tidak hanya melihat dari sisi negatif, melainkan juga melihat dari sisi positif. (Jawaban: A)
11. Kutipan makalah tersebut merupakan bagian kesimpulan. Makalah tersebut membahas tetang pengaruh penggunaan bahan organik dalam budi daya jagung manis. (Jawaban: E)
12. Isi pokok kutipan makalah tersebut adalah penggunaan bahan organik dalam budi daya jagung manis. Syarat budi daya jagung manis dengan pertanian organik dan pengenalan tanaman organik tidak dibahas di kutipan makalah. Sedangkan sisanya dibahas namun tidak mengungkapkan isi kutipan makalah secara keseluruhan. (Jawaban: C)
13. Pilihan A salah karena seharusnya umur produksinya lebih singkat. Pilihan B benar (lihat kalimat 4). Pilihan C salah karena seharusnya jagung manis yang lebih banyak mengandung vitamin. Pilihan D dan E salah karena seharusnya menggunakan bahan organik. (Jawaban: B)
14. Teks tersebut membahas beragam cara untuk menurunkan berat badan. (Jawaban: A)
15. Gagasan utama adalah pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Gagasan utama terdapat pada kalimat utama dalam setiap paragraf. Kalimat utama bisa berada di depan paragraf (deduktif), di belakang paragraf (induktif), dan keduanya (campuran). Dari paragraf tersebut, bisa dilihat bahwa gagasan utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat pertama. (Jawaban: A)
16. Tanggapan haruslah diucapkan dengan santun walaupun isinya menolak pendapat penyaji. (Jawaban: D)
17. Notulen rapat adalah catatan mengenai perjalanan kegiatan rapat. Hal yang tidak termuat dalam notulen rapat adalah biaya pelaksanaan. (Jawaban: D)
18. Pada kutipan cerpen tidak ada yang menyebut “jalan depan rumah”. Sedangkan ruang tengah bisa juga disebut ruang tamu. (Jawaban: E)
19. Salah satu tahap alur adalah pengenalan masalah. Alur ini memiliki ciri terdapat perkenalan tokoh, watak, beserta permasalahannya. Alur ini biasa terdapat di awal cerpen. Berdasarkan ciri tadi, maka kutipan dalam cerpen tersebut merupakan alur pada tahap pengenalan masalah. (Jawaban: A)
20. Kutipan cerpen tersebut menceritakan hal yang terjadi di masa lalu pada paragraf awal dan masa kini pada paragraf akhir. Alur semacam ini disebut alur campuran. (Jawaban: E)
21. Informasi penting adalah informasi yang dibahas dalam sebuah paragraf. Sifat informasi adalah memberitahu. Dalam paragraf tersebut yang paling dibahas adalah anak yang terlalu sering menonton televisi berisiko menderita obesitat beserta beberapa alasan ilmiahnya. (Jawaban: B)
22. Paragraf soal adalah paragraf yang mempertanyakan suatu masalah. Dalam makalah, paragraf soal biasa terdapat di rumusan masalah. (Jawaban: D)
23. Lihat kalimat terakhir! Disana terdapat kata “memang” yang berarti peserta diskusi setuju dengan pernyataan moderator. (Jawaban: A)
24. Jawaban yang tepat adalah jawaban yang mencakup keseluruhan isi pernyataan peserta diskusi. Sehingga inti informasi yang tepat adalah masyarakat pinggir sungai suka membuang sampah di sungai. (Jawaban: B)
25. Untuk menjawab soal ini, kamu harus membaca keseluruhan isi diskusi dan memperhatikan apa yang dibahas disana. Jawaban yang tepat adalah jawaban yang memberikan gambaran menyeluruh sesuai apa yang kamu ketahui dari kutipan diskusi tersebut. Sehingga jawaban yang tepat adalah kelebihan dan hambatan menerapkan pertanian organik. (Jawaban: B)
26. Cara menjawab soal semacam ini adalah mencocokan jawaban satu persatu dengan isi kutipan diskusi. Sebaiknya kamu sudah membaca isi kutipan diskusinya. Pernyataan yang tepat sesuai dengan isi kutipan diskusi terdapat dalam kalimat “pertanian organik sangat ramah lingkungan dan hasil panennya bebas dari residu”. (Jawaban: C)
27. Kalimat simpulan berisi solusi atas sebuah masalah yang didiskusikan dan tentu saja sesuai dengan isi kutipan diskusi. Jadi, kalimat simpulan yang tepat adalah “petani harus diberi pemahaman terhadap pertanian organik karena pertanian organik bebas residu dan ramah lingkungan”. (Jawaban: A)
28. Ketika kamu menjawab soal ini, jangan sampai kamu menggunakan opini kamu sendiri meskipun itu memang benar. Sesuai dengan soal, tanggapan haruslah SESUAI dengan isi diskusi. Sehingga jawaban yang benar adalah “menurut saya, pertanian organik sangat bagus karena dapat melestarikan alam dan aman bagi kesehatan karena bebas residu”. (Jawaban: D)
29. Pastikan kamu sudah memahami isi dialog tersebut. Cocokan juga pilihan jawaban yang ada dengan isi dialog karena ada beberapa pilihan yang tidak sesuai seperti B, C, dan E. Pilihan D memang sesuai, namun tidak menjadi bahasan pokok dalam diskusi tersebut. Sehingga pilihan A yang paling tepat. (Jawaban: A)
30. Pilihan A, B, D, dan E tidak sesuai walaupun secara logika memang benar. Berdasarkan diskusi tersebut, memang benar bahwa aliran dana pemerintah bagi pendidikan di daerah pedalaman tidak jelas. (Jawaban: C)
31. Soal ini menggunakan logika kamu untuk menjawabnya. Perhatikan dengan s3ksama tema yang diberikan dan pilihan jawaban yang ada. Perhatikan mana rumusan masalah yang menurut kamu paling penting untuk dibahas. Sehingga kamu akan menemukan bahwa “bagaimana penanganan masalah kebersihan di kota?” adalah rumusan masalah yang paling tepat. (Jawaban: C)
32. Sebelum menjawab soal, ada baiknya kamu menyimak paragraf tersebut dengan s3ksama. Jawaban harus bersifat umum bagi paragraf, sehingga jawaban A, D, dan E diabaikan. “Manusia” dan “masyarakat” memiliki makna yang berbeda. “Manusia” memiliki pengertian lebih umum dibandingkan “masyarakat”, sedangkan dalam paragraf juga menyebut “industri”. Sehingga isi paragraf tersebut adalah pentingnya hutan bagi kehidupan manusia. (Jawaban: B)
33. Pernyataan, baik itu berupa persetujuan maupun penolakan, haruslah disampaikan dengan bahasa yang sopan dan santun. Pilihan A, B, C, dan E masih kurang sopan. Sehingga pernyataan yang tepat adalah “saudara penyaji, saya sangat mendukung tema diskusi yang akan saudara sampaikan.” (Jawaban: D)
34. Tokoh, tema, amanat, dan alur merupakan unsur intrinsik dari sebuah karya sastra. Sedangkan biografi penulis merupakan unsur ekstrinsik karya sastra. (Jawaban: B)
35. Pilihan A, B, C, dan D tidak dibahas dalam kutipan tersebut. (Jawaban: E)
36. Untuk menjawab soal ini, kamu harus mengamatinya dengan sangat cermat. Karena ada beberapa jawaban yang tampak benar, namun sebenarnya salah hanya karena ada satu kata yang tidak tepat. Pilihan A salah karena yang benar adalah berlatar belakang santri dan masyarakat awam. Pilihan B salah karena tidak ada tema kesetiaan. Pilihan C salah karena tidak membahas tentang pribadi seseorang melainkan akhlak terhadap diri sendiri. Pilihan D salah karena yang sebenarnya adalah akhlak kepada Tuhan. Pilihan E benar. (Jawaban: E)
37. Paragraf tersebut adalah paragraf deduktif yang berarti gagasan utamanya berada di awal paragraf. Kami mohon maaf, sebenarnya kutipan tersebut terdiri dari dua paragraf. Gagasan utamanya adalah “Kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri terdiri atas 16 judul cerpen.” (Bonus)
38. Presentasi haruslah disampaikan dengan singkat, jelas, dan menarik sehingga tidak membuat para pendegar bosan. Topik utama dalam kutipan hasil penelitian tersebut adalah cerpen sebagai media pendidikan akhlak dan pembahasan tentang kumpulan cerpen Lukisan Kaligrafi karya K.H.A. Mustofa Bisri. (Jawaban: C)
39. Gagasan utama pada tajuk rencana tersebut berada di awal paragraf (deduktif) dan juga membahas televisi, gaya hidup, dan anak. Sehingga gagasan utama yang tepat adalah tayangan televisi memengaruhi gaya hidup anak. (Jawaban: D)
40. Cara tercepat untuk menjawab soal seperti ini adalah dengan mencocokan jawaban dengan kenyataan yang ada di bacaan. Pilihan B, C, D, dan E kurang sesuai. (Jawaban: A)
41. Sikap positif haruslah memotivasi, menginspirasi, dan memberikan dampak positif bagi banyak orang. Sehingga jawaban A, B, dan C dapat diabaikan. Jawaban juga harus sesuai dengan isi kutipan sehingga jawaban D dapat diabaikan. (Jawaban: E)
42. Perilaku yang dapat diteladani haruslah yang positif seperti mendapatkan penghargaan, kesuksesan, dan semangat pantang menyerah. Jawaban juga harus sesuai dengan isi kutipan. (Jawaban: A)
43. Latar tempat yang tepat haruslah yang terjadi saat ini dalam cerita dan harus lebih spesifik. Sehingga pada kutipan hikayat, latar tempatnya adalah di pagar anjungan istana (kalimat pertama). Sedangkan pada kutipan novel terjemahan, latar tempatnya berada di pondok dan lokasi pemakaman (kalimat pertama dan terakhir). (Jawaban: A)
44. Nilai yang tampak pada kutipan hikayat adalah kesetiaan karena Gadis Cik Inam setia menunggu kepulangan Muda Cik Leman dan Anggung Selamat dengan selamat. Sedangkan nilai yang tampak pada kutipan novel terjemahan adalah budaya karena ada tradisi makan bersama setelah melakukan prosesi pemakaman. (Jawaban: E)
45. Pilihan B, D, dan E justru sebaliknya. Sedangkan pilihan C kurang tepat karena yang ditanyakan adalah kesedihan seorang anak putus sekolah bukannya kesedihan seorang ibu yang anaknya putus sekolah. (Jawaban: A)
46. Biografi ilmiah, biografi populer, dan biografi berat sangat mementingkan fakta. Sedangkan novel biografi dan cerpen biografi lebih mementingkan unsur khayalan. Namun, karena yang ditanyakan adalah sebuah novel, berarti novel biografi adalah jawaban yang paling benar. (Jawaban: B)
47. Karya ilmiah harus sesuai fakta empiris. Penggunaan khayalan atau imajinasi tanpa alasan yang jelas sangat tidak dibenarkan. (Jawaban: E)
48. Etika dalam diskusi harus mengedepankan nilai-nilai kesopanan. Mendominasi pembicaraan sangat tidak sopan karena tidak memberi kesempatan bagi orang lain untuk mengutarakan pendapatnya. (Jawaban: C)
49. Penggalan drama itu menceritakan bahwa Didik ingin mengajak Hendra ke luar kota, namun ibu Hendra sakit. Hendra mengatakan bahwa ibunya sudah sembuh jadi ia bisa ikut, namun ia minta izin kepada ibunya terlebih dahulu. (Jawaban: B)
50. Moderator dalam diskusi adalah orang yang memimpin, mengatur, dan memandu sebuah diskusi. Moderator juga membuka acara diskusi. Moderator tidak mengatur peserta diskusi, melainkan hanya mengatur proses penyampaiannya saja. (Jawaban: E)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

2 comments: