Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Keanekaragaman Hayati Biologi SMA X

loading...
Setelah kamu selesai menjawab latihan soal keanekaragaman hayati biologi SMA X, kamu bisa mencocokan jawabannya disini. Kamu juga bisa mengetahui bagaimana kami menyelesaikan soal tersebut. Jika ada kunci jawaban yang salah atau cara penyelesaian yang keliru, silakan bertanya lewat kolom komentar dibawah. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Keanekaragaman Hayati (Materi Lengkap)

A. Pilihan Ganda


  1. Keanekaragaman hayati tingkat gen adalah keanekaragaman variasi gen pada satu jenis. Mawar merah dan mawar putih adalah salah satu contoh keanekaragaman gen karena sama-sama dari satu jenis tumbuhan yakni mawar. Jawaban lain salah karena berbeda jenis. (Jawaban: A)
  2. Keanekaragaman pada sejenis makhluk hidup terjadi karena adanya faktor genetik (sifat menurun) yang dimiliki oleh makhluk hidup tersebut. (Jawaban: B)
  3. Faktor yang mempengaruhi terjadinya fenotipe (tampilan luar) suatu organisme adalah genotipe dan faktor lingkungan. Faktor lingkungan dapat menyebabkan terjadinya perbedaan fenotipe meskipun dalam satu spesies. Salah satu ciri khas akibat dari peran faktor lingkungan adalah perbedaan warna bunga, seperti pada tanaman asola. (Jawaban: A)
  4. Fauna tipe peralihan adalah fauna yang mirip dengan hewan yang ada di benua Asia dan Australia. Anoa adalah salah satu contohnya. Kangguru, kasuari, dan burung kakatua adalah contoh fauna tipe australis. Sedangkan burung merak adalah contoh fauna tipe asiatis. (Jawaban: A)
  5. Pongo pygmaeus abelii atau orang utan adalah salah satu hewan khas dari Kalimantan yang terancam punah. Hewan ini dilindungi di T.N. Tanjung Puting di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. (Jawaban: E)
  6. Ingat kembali sistem binomial nomenklatur dimana nama ilmiah makhluk hidup ditulis sesuai genus dan spesies. Dalam soal terlihat bahwa semua jenis jeruk tersebut memiliki genus yang sama (Citrus). Jadi, mereka termasuk dalam satu kelompok pada tingkat genus. (Jawaban: B)
  7. Pembuatan bendungan membutuhkan lahan yang luas dan seringkali mengorbankan hutan. Pembangunan di pinggir pantai sangat merusak ekosistem pantai. Ekstensifikasi pertanian adalah perluasan lahan pertanian yang tentu mengorbankan hutan. Penebangan pohon secara liar sangat merusak alam. Sedangkan program pemuliaan tanaman justru dapat meningkatkan keanekaragaman hayati. (Jawaban: E)
  8. Kesuburan tanah dapat ditingkatkan dengan menanaminya dengan tanaman berbeda secara bergiliran, pemupukan secara berkala (tidak terus menerus), dan pengairan yang efektif. (Jawaban: C)
  9. Penulisan nama ilmiah menggunakan nama Latin dan memiliki aturan tertentu, yaitu:
    1. Terdiri atas dua kata, kata pertama menunjukkan genus dimulai dengan huruf esar, kata kedua menunjukkan spesies dimulai dengan huruf kecil.
    2. Jika ditulis tangan kedua bagian nama tersebut digarisbawahi, dan dicetak (ketik komputer) penulisannya harus dimiringkan. (Jawaban: D)
  10. Buah mengkudu dikenal berkhasiat untuk mengobati beberapa jenis penyakit seperti perut kembung, radang lambung, dan keracunan makanan. (Jawaban: C)

B. Essay


Perhatian: Jawaban dibawah hanyalah konsep jawaban. Tidak masalah jika susunan kalimatmu berbeda dengan kunci jawaban dibawah, asalkan konsepnya sama.
1.
  1. Keanekaragaman tingkat gen. Contoh: Mangga madu, mangga harum manis, mangga gadung.
  2. Keanekaragaman tingkat jenis. Contoh: Kacang tanah, kacang hijau, kacang kapri.
  3. Keanekaragaman tingkat ekosistem. Contoh: Ekosistem sawah, ekosistem pantai.
2. Hewan endemik adalah hewan yang hanya terdapat di daerah tertentu dan tidak di temukan di daerah lain.
3. Suaka margasatwa, cagar alam, kawasan konservasi.
4. Biogeografi adalah cabang biologi yang mempelajari persebaran organisme di muka bumi.
5. Hutan konservasi adalah kawasan yang mempunyi fungsi utama sebagai kawasan pelestarian keanekaragaman tumbuhan, hewan, dan ekosistem.




Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment