Lemak Dicerna Secara Kimiawi di Usus Halus Dengan Cara Apa?

loading...

Lemak biasanya terdapat pada olahan daging atau dari buah apokat. Semua lemak sebenarnya baik karena lemak dibutuhkan untuk menjaga keberlangsungan hidup. Fungsi lemak adalah untuk menyediakan energi, melarutkan vitamin A, D, E, K, dan menyediakan asam lemak esensial bagi tubuh manusia. Lemak mulai berbahaya bagi kesehatan karena ada suatu penelitian yang menunjukkan hubungan antara penyakit jantung koroner dengan banyaknya kadar lemak di dalam darah.

Usus halus adalah bagian dari sistem pencernaan pada manusia yang terletak di antara lambung dan usus besar. Usus halus terdiri dari tiga bagian yaitu usus dua belas jari (duodenum), usus kosong (jejunum), dan usus penyerapan (ileum). Pada usus dua belas jari terdapat dua muara saluran yaitu dari pankreas dan kantung empedu. Pada usus dua belas jari terdapat enzim-enzim berikut yang berasal dari pankreas:

  1. Amilase. Yaitu enzim yang mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula lebih sederhana (maltosa).
  2. Lipase. Yaitu enzim yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol.
  3. Tripsinogen. Jika belum aktif, maka akan diaktifkan menjadi tripsin, yaitu enzim yang mengubah protein dan pepton menjadi dipeptida dan asam amino yang siap diserap oleh usus halus.

Jadi, lemak akan dicerna secara kimiawi di usus halus dengan menggunakan enzim lipase. Lipase adalah enzim yang dapat larut dalam air. Lemak akan dicerna dengan menggunakan empedu dan dengan bantuan lipase. Setelah dicerna, lemak akan berubah menjadi asam lemak dan gliserol. Asam lemak dan gliserol adalah penyusun utama minyak nabati atau lemak dan merupakan bahan baku untuk semua lipid pada makhluk hidup. Gliserol terasa manis namun bersifat racun.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Sistem Pencernaan Pada Manusia

  2. Proses Pencernaan Kimiawi di Lambung

  3. Memelihara Kesehatan Sistem Pencernaan

  4. Organ Pada Sistem Pencernaan Manusia

  5. Organ Pencernaan Manusia yang Menyerap Banyak Nutrisi dari Makanan

Sumber:
1. Lemak makanan (id.wikipedia.org)
2. Sistem Pencernaan Pada Manusia (Materi Lengkap Biologi) (hedisasrawan.blogspot.com)
3. Lipase (id.wikipedia.org)
4. Struktur dan Anatomi Usus Halus (pelajaribiologi.blogspot.com)
5. Asam Lemak (id.wikipedia.org)
6. Gliserol (id.wikipedia.org)
7. Small intestine (en.wikipedia.org)
8. Usus halus (id.wikipedia.org)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment