Mario Teguh Golden Ways: UN, Cool Aja !!

Mario-Teguh-Golden-Ways4_thumb6_thum[2]Review acara Mario Teguh Golden Ways sebelumnya:

Sibuk is Good

Sekarang saya akan mengulas kembali acara Mario Teguh Golden Ways edisi Minggu, 14 April 2013. Temanya kali ini adalah UN, Cool Aja !!. Saya akan memberikan poin-poin yang mampu saya simak dalam acara ini. Saya akan menggunakan gaya bahasa saya sendiri dan mungkin kurang akurat. Langsung saja kita simak selengkapnya…..

UN cool aja. Tetapi cool aja gak akan dicapai jika tidak ada persiapan. Cool berasal dari ketenangan, dan ketenangan berasal dari kesiapan. Belajar itu harus. Belajar membuat kita tetap maju.

Orang yang takut yang mengatakan "not afraid". Jadi, semua orang takut bahkan Mario Teguh juga demikian. Tetapi dia takut berbuat tidak baik. Ketika takut, dia akan menyiksa diri kita dengan pesimisme. UN adalah hal yang tidaklah terlalu menakutkan karena itu hanyalah daftar soal. Kebanyakan orang lebih tidak takut UN, tetapi mereka takut akan ketidaksiapannya. Kita siap-siap aja.

Ada murid yang penyontek. Pesan untuk penyontek adalah: "pastikan yang dicontek itu lebih pintar dari Anda". Tuhan Maha Tahu kan? Tuhan tahu kita nyontek kan? Jika kita nyontek maka NEM kita palsu kan? Kalo you orang murahan, nyontek. Kalo you orang besar, jangan nyontek. Mencontek atau tidak adalah perwujudan dari sikap diri sendiri.

Lebih baik belajar itu kayak gimana? Lebih baik belajar mendadak atau bertahap? Dari jauh hari? Biasanya setan 'pemalas' mencari orang yang rajin, karena dia adalah orang penting. Kalau orang yang malas itu tidak akan diganggu setan karena dia tidak akan sukses nantinya.

UN itu butuh latihan. Kalau Anda ingin, pasti bisa. Gunakan energi kita untuk belajar walaupun kita lagi ngantuk. Kenapa tenaga yang kita gunakan untuk takut dan khawatir kita gunakan untuk belajar? Bukan keluh kesah yang penting tetapi tindakan nyata Anda yang penting. Kuncinya: latihan.

Kalau siap, kita akan tenang. Ikhlas itu menerima ketetapan Tuhan. Tetapi ketetapan Tuhan akan baik jika kita sudah siap dengan baik. Pasrah itu ilmunya orang hebat bukan orang lemah. Karena dia telah bersiap dengan sebaik-baiknya dan kemudian dia menyerahkan semuanya kepada Tuhan. If you want, you can.

Penyebab gagal bukan karena kekurangan sarana, tetapi kekurangan kesungguhan. Tuhan tahu perbuatan kita baik, maka Dia akan membantu kita untuk ke jalan yang benar.

Sebuah pena tidak lebih penting daripada pemakainya. Setiap orang punya takut. Takut itu rahmat, bukan perendahan diri. Takut itu berguna. Jika tidak takut, tidak mungkin ada jaket anti peluru. Karena alat itu dibuat atas dasar takut. Takut membuat kita lebih siap dan membuat kita lebih mendekatkan diri kepada Tuhan. Takut itu tidak akan selesai.

Belajar itu tidak cukup sekali. Belajar itu pengulangan. Kita enjoy aja karena kita sudah siap. Tetapi jika kita tidak siap, maka itu adalah kesalahan besar. Anda sudah punya semua yang Anda butuhkan untuk berhasil. Kita akan hebat jika menggunakan diri kita untuk tujuan yang produktif.

Kunci jawaban itu. Begitu kita lihat, pasti ada ketertarikan. Padahal itu hanya hoax. Kalau kunci jawaban atau bocoran itu datang, jauhi. Jangan khawatir mengenai penilaian orang lain. Setialah kepada yang baik. Kekayaan itu tidak hanya uang tetapi juga hati yang baik. Kekayaan kita itu berasal dari hati yang baik dan berkembang dengan baik.

Ada anak yang UN tetapi keluarganya sedang bermasalah. Ada orangtua yang memaksa Anaknya. Berdoalah kepada Tuhan supaya kita diberikan ketenangan dan kekuatan supaya dapat lulus dengan baik.

Kualitas UN kita tidak akan berjalan dengan baik jika kualitas belajarnya tidak baik. Sebuah kualitas tidak terlepas dari kualitas sebelumnya. Tidak ada orang yang santai bisa sukses. Anda tidak harus menjadi yang terbaik di Indonesia, tetapi harus yang terbaik berdasarkan versi Anda sendiri. So Anda tidak bersaing dengan orang lain tetapi kita akan bersaing dengan diri Anda sendiri.

Sebelum Anda mengatakan ujian, ada satu kata: "excellent". Atau bisa juga satu kata lain untuk membuka rasa takut Anda.

Yang penting Anda memiliki sebuah fokus. Nilai atau lulus. Coba Anda pilih. Sebetulnya, lulus lebih penting daripada nilai bagi orang yang ga tau nilainya berapa. Karena sesungguhnya hidup ini penuh dengan nyaris. Orang yang nyaris-nyaris karena dia adalah orang yang menyiakan waktu dan yang mementingkan lulus saja. Orang yang mementingkan nilai itu biasanya pasti lulus karena dia pasti berusaha lebih baik ketimbang orang yang mementingkan lulus saja. Usahakan lulus dengan nilai yang baik, jika nilainya tidak baik pun kita harus bersyukur, karena pasti ada saat untuk memperbaikinya.

Orang yang rajin belajar, nilainya baik dan pasti lulus. Bertemanlah dengan orang lain. Jangan takut mengecewakan teman yang suka mengajak bolos. Yang penting adalah proses belajarnya. Semoga semuanya lulus UN dengan nilai yang baik.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Tips Menghadapi UN: Belajar Sebelum Ujian

  2. Tips Menghadapi Ujian Nasional SMP

  3. Cara Belajar yang Baik dan Benar

  4. 6 Tips Mudah Menghadapi TPA SMA

  5. Mario Teguh Golden Ways: Mengatasi Stress


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

2 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...