3 Pulau Besar di Singapura

3 pulau besar di SingapuraSingapura adalah negeri yang kecil tapi sangat indah dan modern. Selain itu, letaknya juga sangat strategis. Singapura adalah negara yang terletak di sebelah selatan Malaysia dan sebelah utara Indonesia. Singapura terdiri dari 1 pulau utama dan 62 pulau kecil di sekitarnya. Semua pulau itu akan berkembang karena kegiatan pengurukan tanah di laut yang sangat marak. Nah, apa sajakah 3 pulau terbesar di Singapura? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Pulau Ujong

Pulau Ujong adalah pulau terbesar di SingapuraPulau Ujong (Bahasa Melayu yang berarti ‘pulau ujung’) atau biasa disebut Pulau Singapura, adalah pulau utama di Singapura. Dengan luas 710 kilometer persegi dan dengan penduduk 5.076.700 jiwa, menjadikannya sebagai pulau dengan jumlah penduduk terbanyak ke-21 di dunia. Titik tertinggi di pulau ini adalah Bukit Timah pada ketinggian 165 meter. Pusat pemerintahan dan bisnis di Singapura terdapat di sini.

2. Pulau Jurong

Pulau JurongPulau Jurong adalah pulau buatan terbesar di Singapura yang berlokasi di sebelah barat daya Singapura. Pulau ini terbentuk dari penggabungan dari tujuh pulau kecil. Luas pulau ini sekitar 32 kilometer persegi. Pulau ini merupakan area Pusat Industri Jurong.

3. Pulau Tekong

Pulau Tekong dilihat dari Changi Beach ParkPulau Tekong adalah pulau alami terbesar kedua di Singapura dengan luas 24,43 kilometer persegi dan terus berkembang akibat pengurukan tanah di pantai di sebelah selatan dan utara pulau ini. Uniknya, pulau ini lebih dekat dari Johor, Malaysia dibandingkan pulau utama di Singapura.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

No comments:

Post a Comment