7 Tips Belajar Bahasa Asing

7 Tips Belajar Bahasa AsingBelajar bahasa asing memang sangat menyenangkan. Seringkali kita menonton film asing atau mendengarkan lagu berbahasa asing dan kemudian kita penasaran apa sih arti dalam dialog atau lirik nya. Nah, hal itu membuat kita tertarik untuk mempelajari banyak bahasa. Tapi tunggu dulu, supaya Anda bisa lebih mahir berbahasa asing, tentu ada teknik-teknik tertentu supaya Anda mahir dalam banyak bahasa. Nah, apa saja tips belajar bahasa asing? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Konsisten

Anda ingin mahir bahasa Inggris, Jepang, Korea, Belanda, Mandarin, Jerman, dan banyak lagi? Tunggu dulu, Anda tidak bisa mempelajarinya sekaligus! Jika Anda mempelajarinya sekaligus maka Anda akan bingung karena di setiap bahasa pastilah susunan kata dan kalimatnya berbeda. Jadi sebaiknya Anda mempelajarinya satu per satu. Ketika Anda sudah merasa cukup mengerti dengan grammar bahasa yang sedang Anda pelajari barulah Anda bisa mempelajari bahasa lain. Saya yakin jika Anda serius maka dalam setahun Anda dapat menguasai setidaknya 6 bahasa!

2. Pelajari Ejaan

Pelajarilah ejaan bahasa tersebut supaya Anda tidak salah mengeja ketika membaca bahasa tersebut. Seperti kata ‘bike’ dalam bahasa Inggris yang berarti ‘sepeda’, cara mengeja kata tersebut adalah seperti Anda mengatakan kata ‘baik’ dalam Bahasa Indonesia dan bukannya mengatakannya secara harfiah menggunakan ejaan Indonesia. Minimal Anda telah hafal A-Z dan 0-100 dalam bahasa tersebut

3. Pelajari Aksara

Jika dalam bahasa tersebut menggunakan aksara khusus (seperti Jepang, Korea, Mandarin, Sansekerta, Arab, Thai, Ibrani, Rusia, dll). Karena dalam keseharian aksara tersebutlah yang sering dipakai dalam menulis bahasa asing tersebut. Nah maka dari itu, pelajarilah aksara bahasa tersebut jika ada.

4. Pelajari Partikel dan Kosakata Penting

Komponen utama kalimat adalah partikel dan kosakata. Kuasailah karena itu adalah dasar-dasar utama bahasa tersebut. Partikel (seperti: dan, maka, jika) adalah komponen yang menghubungkan antar kosakata.

5. Wikipedia

Wikipedia adalah bahan bacaan yang tersedia dalam banyak bahasa terutama bahasa yang sedang populer. Sebaiknya Anda belajar bahasa asing setidaknya sampai Anda bisa membaca dan memahami seluruh isi dalam Wikipedia bahasa yang bersangkutan. Misalnya jika Anda ingin bisa berbahasa Jepang maka pelajarilah sampai Anda mahir membaca dan memahami Wikipedia Bahasa Jepang!

6. Dengarkan Lagu

Supaya Anda bisa mendengarkan dan memahami bahasa asing dengan baik, cari dan dengarkanlah lagu berbahasa asing dan cobalah pahami makna dan lirik lagu tersebut. Coba juga untuk menyanyikan kembali lagu tersebut dengan ejaan yang pas.

7. Ajak Ahlinya

Jika Anda ingin mahir berkomunikasi dengan bahasa asing, maka Anda harus selalu berkomunikasi dengan orang yang bisa menggunakan bahasa tersebut. Cobalah pergi ke tempat wisata dan temui tourist disana, ajak mereka mengobrol dengan bahasa asing. Jika beruntung, Anda akan ditraktir sama mereka loh :D

Pelajari bahasa Asing maka otak akan terus berkembang dan tentunya kita akan bisa mendapatkan pengetahuan atau referensi lebih banyak lagi karena banyak loh artikel pengetahuan yang ditulis dalam bahasa asing. Selain itu, ketika kita bepergian ke negara tersebut, kita tidak akan perlu pemandu lagi :D


Semoga bermanfaat,

Tetap Semangat! | Catatan Harian

No comments:

Post a Comment