Tentang Komunitas Indonesia Berkebun

indonesia berkebunIndonesia Berkebun adalah komunitas yang bergerak melalui media jejaring sosial yang bertujuan untuk menyebarkan semangat positif untuk lebih peduli kepada lingkungan dan perkotaan dengan program urban farming, yaitu memanfaatkan lahan tidur di kawasan perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian/perkebunan produktif hijau yang dilakukan oleh peran masyarakat dan komunitas sekitar serta memberikan manfaat bagi mereka.
Indonesia Berkebun didirikan pada bulan Oktober 2010. Pada awalnya komunitas ini bernama Jakarta Berkebun. Komunitas ini berdiri saat sekelompok orang di sebuah media jejaring sosial yang digagas oleh arsitek Ridwan Kamil mendiskusikan ide urban farming untuk kota Jakarta.
Komunitas Indonesia Berkebun terdiri dari orang-orang yang berasal dari berbagai profesi yang kesemuanya bergabung untuk mewujudkan cita-cita yang dapat mengatasi keprihatinan mereka terhadap:
  • Rusaknya lingkungan karena pembuangan sampah dan limbah yang sembarangan.
  • Menurunnya kualitas kota baik secara estetika, kurangnya ruangan hijau, dan ruang publik terutama untuk anak-anak bermain.
  • Ancaman krisis sumber makanan di masa depan.
Komunitas Indonesia Berkebun selalu mendokumentasikan setiap kegiatannya dan mempublikasikannya di http://youtube.com/user/IDberkebun atau di website komunitas ini yaitu http://indonesiaberkebun.org.
Komunitas Indonesia Berkebun ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat sehingga komunitasnya terus berkembang hingga hampir ke seluruh kota/kabupaten di Indonesia barat. Bahkan, komunitas Indonesia Berkebun telah didukung oleh Menteri Pertanian RI, Suswono dan mendapatkan penghargaan “Web-Heroes” oleh perusahaan Google.Inc dan sempat diundang ke acara Google Party pada tanggal 13 September 2013. Komunitas ini juga sering diulas di berbagai media. Baik itu di koran, majalah, televisi, bahkan internet.
Saat ini, komunitas Indonesia Berkebun telah tersebar di banyak kota dan kabupaten di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Bogor, Banten, Solo, Medan, Padang, Pontianak, Depok, Jogja, Surabaya, Aceh, Bali, Makassar, Bekasi, Madiun, Samarinda, Kebumen, Banjarmasin, Pekanbaru, Batam, Sukabumi, dan UI. Jumlah kota/kabupaten ini akan terus berkembang.
Indonesia Berkebun rutin menggelar event dan salah satu event yang ditunggu-tunggu adalah pada saat panen raya. Di komunitas ini sangat terlihat adanya kerjasama dan kekompakan sesama individu walaupun belum pernah saling kenal sebelumnya.
Sumber: http://indonesiaberkebun.org
loading...

7 comments:

  1. kami sangat tertarik dg gerakan komunitas ini dan ingin mnjadi bagian dari komunits tsb, serta ingin mmbentuk cirebon berkebun, gmn caranya? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa menghubungi IDberkebun@gmail.com :)

      Delete
  2. gimana caranya untuk membuka komunitas berau berkebun di daerah saya..?? thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda bisa mengajak teman, saudara, dan keluarga Anda untuk membentuk komunitas ini. Lalu sebarkanlah di daerah Anda supaya lebih banyak lagi orang yang tertarik dengan komunitas Anda :)

      Delete
  3. Kami sdh memulai jg di Wonogiri

    ReplyDelete
  4. Saya mau juga dong anggota komunitas nya

    ReplyDelete
  5. Selamat berkebun, dengan aneka tanaman bermanfaat untuk rumah tangga dan penghasilan. info bisnis jangka panjang bagi yang suka hijau hijau ...

    ReplyDelete