Indonesia Berkebun: Tanam Serentak se-Indonesia

rw04_tim_narsis_640x480Komunitas Indonesia Berkebun kembali mengadakan event seru yaitu acara Tanam Serentak se-Indonesia di Bandung bersama BdgBerkebun. Event ini telah menarik banyak masyarakat di sekitar Bandung dari berbagai kalangan.

Event ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk berkebun. Komunitas Indonesia Berkebun telah memiliki puluhan kebun di berbagai daerah di Indonesia. Di Bandung sendiri, BdgBerkebun melaksanakan Tanam Serentak di 4 kebun BdgBerkebun dalam satu hari yaitu di:

  1. Perumahan RW 03 Kelurahan Merdeka, Kebun Sukamulya #2
  2. Kebun Laboratorium BdgBerkebun Jln. Bukit Pakar 86
  3. Perumahan RW 04 Kelurahan Tamansari
  4. Kebun Sukamulya #2
  5. RW 04 Kelurahan Tamansari

Semua itu merupakan bagian dari program Kampong-Urban Farming (K-UF) BdgBerkebun. K-UF adalah upaya berkebun kreatif di pemukiman padat dengan merubah lahan tidak produktif menjadi produktif. BdgBerkebun baru memulai dampingan terhadap warga RW 03 Kelurahan Merdeka saat ini, program ini merupakan inisiatif dari warga sendiri. Sedangkan warga RW 04 Tamansari telah mampu menjalankan kegiatan berkebun secara mandiri setelah melalui masa dampingan BdgBerkebun sejak Desember 2011 hingga Januari 2012. Berbeda lagi dengan kebun Sukamulya RT 06 yang merupakan perluasan kebun sebelumnya yang dilaksanakan di kebun RT 07, perluasan kebun ini merupakan inisiatif dari warga Sukamulya sendiri yang didampingi BdgBerkebun sejak Mei 2011.

Semangat luar biasa dari masyarakat menjadi penyemangat tersendiri bagi penggiat BdgBerkebun. Dalam event ini, semuanya begitu antusias bergotong-royong dalam berkebun. Selain menanam di tanah, BdgBerkebun juga menanam barang bekas sebagai media kreatif untuk penanaman. Ini adalah solusi untuk menanam di lahan sempit. Untuk soal penyediaan benih sayuran yang akan ditanam, produsen benih cap Panah Merah telah menyumbang bibit tersebut.

Galeri foto:

RW03_anaknyebor_640x480

RW03_maentanah_640x480rw04_anakkecil_640x480

loading...

No comments:

Post a Comment