Tips Berkomunikasi: Jadilah Pendengar yang Baik

loading...

jadi pendengar yang baikPernahkah Anda berpikir bahwa dengan menjadi orang yang banyak omong dan sedikit jenaka bisa membuat orang tersebut disukai banyak orang sehingga Anda akan bekerja keras untuk menjadi sepertinya? Itu adalah paradigma yang salah. Karena sifat tersebut datang secara alami dalam diri seseorang. Jika Anda tiba-tiba bersikap demikian—apalagi kelihatan banget “maksanya”—maka mereka akan menganggap Anda sebagai orang yang aneh dan tidak tetap pendirian. Nah, ada salah satu tips berkomunikasi yang baik, yaitu dengan menjadi pendengar yang baik.

Berkomunikasi bukan berarti kita harus selalu ngomong. Justru itu yang membuat lawan bicara kesal karena tidak diberi kesempatan ngomong. Bicaralah ketika dia sudah selesai bicara. Jangan memotong pembicaraannya. Yang harus Anda lakukan ketika lawan bicara Anda sedang bicara adalah mendengarkannya dengan baik. Dengan demikian, mereka akan merasa lebih dihargai sehingga lama-kelamaan dia menjadi suka berkomunikasi dengan Anda.

Secara psikologis, orang curhat itu tidak selalu membutuhkan jawaban yang baik dari orang yang dia ajak curhat. Dia lebih ingin diperhatikan atas masalah yang dia hadapi. Biarkanlah dia melepas unek-uneknya dulu. Setelah itu barulah Anda berikan saran atas permasalahannya. Itupun kalau dia meminta saran dari Anda.

Orang yang menjadi pendengar yang baik akan disukai banyak orang. Lalu, apa keuntungannya? Banyak sekali! Mulai dari memiliki banyak teman, menambah wawasan, mendapatkan ide baru, memiliki banyak pengalaman, dan siapa tahu dia juga bisa membantu Anda suatu hari nanti.

Mengapa bisa menambah wawasan? Misalnya, orang yang sedang bicara kepada Anda itu adalah orang yang suka astronomi. Dia bisa saja selalu membicarakan segala hal yang dia ketahui tentang astronomi. Sesekali Anda juga bisa bertanya kepadanya soal astronomi. Dengan demikian, pengetahuan Anda tentang astronomi akan meningkat.

Mengapa bisa mendapatkan ide baru? Siapa tahu dia curhat atas ide yang sedang ia pikirkan. Jika idenya menurut Anda sangat cemerlang, Anda bisa bekerjasama dengannya untuk mewujudkan ide itu. Lihatlah berapa banyak pengusaha yang sangat sukses dengan hanya bermodalkan ide yang cemerlang. Tahukah Anda bahwa sebuah ide yang cemerlang itu nilainya bisa mencapai jutaan dolar!

Mengapa bisa memiliki banyak pengalaman? Dengan mendengar curhat dari teman tentang masalah yang dihadapi (terutama masalah cinta), Anda jadi tahu pengalamannya seperti apa. Sehingga Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, Anda dapat pengalaman baru tanpa harus mengalaminya.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

1 comment:

  1. Sangat bermanfaat sehingga kita bisa berkualitas dari segi komunikasi. Makasih banyak mas.

    ReplyDelete