5 Tips Meningkatkan Produktivitas

loading...

ProductivityTingkat produktivitas sangatlah penting dalam bekerja. Dengan tingkat produktivitas yang tinggi, kita bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat. Namun, tingkat produktivitas juga harus diimbangi dengan kualitas produk yang kita hasilkan. Jangan sampai Anda buatnya “asal cepat jadi” saja tanpa memperhatian kualitas hasil pekerjaan Anda. Berikut adalah 5 tips meningkatkan produktivitas baik saat bekerja maupun saat mengerjakan tugas/PR dari sekolah. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Jangan Bekerja Terlalu Lama

Janganlah bekerja terlalu lama. Walaupun banyak yang menganggap bahwa semakin lama kita bekerja, maka semakin banyak hal yang bisa kita kerjakan. Padahal, justru itu yang membuat kita cepat jenuh dan pada hari berikutnya kita malah semakin malas bekerja. Selain itu, dengan bekerja lebih lama, tingkat konsentrasi kita akan berkurang. Namun, jika Anda ingin bekerja lebih lama, Anda bisa melakukan peregangan selama 5 menit setiap 30 menit Anda bekerja. Gunakanlah waktu 5 menit tersebut untuk peregangan dan sedikit bersantai supaya Anda tidak jenuh dalam bekerja. Pada akhirnya itu akan meningkatkan produktivitas Anda.

2. Kerjakan Satu per Satu

Kita ini tidak seperti komputer atau smartphone yang bisa melakukan multitasking. Yaitu melakukan dua atau lebih pekerjaan secara bersamaan. Itu karena otak kita tidak bisa fokus terhadap beberapa hal secara bersamaan. Jika kita memaksakan diri untuk melakukan multitasking, yang ada malah pekerjaan kita menjadi kacau dan lebih lama selesai. Sebaiknya kerjakan satu per satu. Urutkan tugas Anda sesuai daftar prioritas. Namun, jika Anda ingin menyelesaikan dua hal secara bersamaan, kerjakan dulu satu tugas sampai setengah jadi, kemudian istirahat sebentar untuk menjaga agar otak tetap fokus, setelah itu barulah kita mengerjakan tugas yang lain. Cara ini jauh lebih efektif dibandingkan mengerjakan keduanya sekaligus secara bersamaan.

3. Manfaatkan Internet

Dalam mengerjakan tugas sekolah, jangan biarkan waktu Anda terbuang dengan sia-sia hanya untuk mencari apa yang ingin Anda cari di buku pelajaran. Ini hanya membuang-buang waktu saja dan belum tentu juga ada disana. Sebaiknya kita tinggal membuka situs mesin pencari seperti Google atau Bing, kemudian kita mengetik kata kunci yang mengacu pada apa yang sedang kita cari. Dengan itu, kita mendapatkan informasi yang kita butuhkan hanya dalam waktu sekian detik.

4. Tentukan Tempat Kerja yang Baik

Pilihlah sendiri apakah Anda lebih suka mengerjakan tugas di rumah atau di sekolah/kantor? Pada umumnya, perkantoran di Indonesia memang kurang mengijinkan karyawannya untuk mengerjakan tugas di rumah kecuali setelah jam kerja kantor selesai. Namun jika Anda adalah seorang siswa, Anda bisa mengerjakan tugas Anda di sekolah atau di rumah. Tinggal pilih apakah Anda lebih suka suasana di rumah atau fasilitas yang ada di sekolah (misalnya wifi, perpustakaan, teman, atau guru). Selain itu, buat juga suasana tempat Anda mengerjakan tugas menjadi lebih nyaman.

5. Maksimalkan Waktu Santai Anda

Gunakanlah secara maksimal waktu bersantai Anda. Jangan sampai Anda menggunakan waktu tersebut untuk bekerja. Sementara saat waktu kerja Anda malah bersantai. Ini akan membuat hidup Anda terasa berantakan. Selain itu, setelah bekerja selama beberapa lama dan Anda merasa jenuh/bosan, maka Anda harus istirahat sebentar. Jangan memaksakan diri Anda untuk terus bekerja karena itu malah membuat hasil pekerjaan Anda menjadi tidak maksimal.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment