6 Cara Memanage Waktu Sehari-Hari

loading...

6 Cara Memanage Waktu Sehari-HariWaktu itu sangatlah berharga karena setiap detik waktu yang telah hilang tidak bisa diambil atau diulang kembali. Kita dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan baik dengan cara memanage/mengaturnya. Dengan mengatur waktu, maka hidup kita akan jauh lebih bermakna. Nah, bagaimana cara mengatur waktu sehari-hari? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Buat Jadwal Kegiatan

Membuat jadwal kegiatan itu sama mudahnya dengan membuat jadwal pelajaran. Atur jam berapa Anda berangkat atau pulang dari sekolah/kuliah/tempat kerja. Pastikan seluruh tugas Anda baik di rumah maupun di luar rumah selesai hari ini juga. Kemudian pasanglah jadwal kegiatan tersebut di tempat yang menurut Anda paling strategis seperti di kamar tidur atau disimpan di depan laptop. Dengan membuat jadwal kegiatan, Anda akan tahu apa yang harus Anda lakukan saat ini.

2. Periksa Jadwal Kegiatan Setiap Hari

Terkadang kegiatan yang kita lakukan tidak selalu seperti yang kita harapkan. Bisa saja besok ada undangan pernikahan atau menjenguk saudara di rumah sakit atau kegiatan mendadak lainnya yang mau tidak mau harus merubah jadwal kegiatan Anda. Jadi, selalu periksa jadwal kegiatan Anda setiap Anda hendak tidur. Ingat-ingatlah janji-janji pertemuan Anda dengan teman Anda yang mungkin akan dilakukan besok. Susunlah kembali jadwal kegiatan Anda supaya kegiatan yang rutin dilakukan tidak menjadi kacau tidak terurus.

3. Beri Waktu Luang

Berilah sedikit waktu luang (terutama pada akhir pekan) pada jadwal kegiatan Anda. Ini bertujuan supaya jika nanti ada kegiatan yang mendadak, Anda bisa menempatkan kegiatan yang tertunda itu saat waktu luang tiba. Sehingga Anda tidur tidak terlalu larut malam.

4. Jangan Menunggu!

Jika misalnya tugas yang Anda perkirakan akan dikerjakan mulai dari pukul 17.00-18.00 dan ternyata tugas itu selesai pada pukul 17.30, maka janganlah menunggu 30 menit lagi untuk mengerjakan tugas yang seharusnya dimulai pukul 18.00. Kerjakanlah sekarang! 30 menit—atau bahkan kurang—itu sangatlah berharga. Bisa saja tugas selanjutnya akan lebih memakan banyak waktu. Atau mungkin Anda bisa menghemat waktu 1 jam setelah selesai mengerjakan semua tugas untuk hari ini. Jadi, Anda bisa menggunakan waktu 1 jam itu untuk istirahat atau melakukan hal yang Anda suka.

5. Selalu Catat

Selalu catat apa tugas yang mungkin Anda lakukan. Entah itu PR dari sekolah atau deadline pekerjaan dari kantor. Catatlah di smartphone Anda. Anda juga bisa mencatatnya di buku saku kecil yang memang diperuntukkan untuk itu atau dengan menggunakan Post-It lalu tempel pada tempat yang paling strategis bagi mata Anda. Jadi, Anda tidak akan pernah lupa dengan tugas yang akan dilakukan.

6. Disiplin!

Jika Anda bertekad untuk memanage waktu, maka Anda harus belajar disiplin mulai sekarang juga. Janganlah menunda-nunda waktu Anda. Usahakan tugas Anda selesai tepat waktu atau kurang dari waktu yang telah Anda tentukan. Setelah semua tugas selesai, periksalah catatan Anda untuk memastikan bahwa tidak ada tugas yang belum Anda selesaikan. Jangan gunakan waktu kerja untuk istirahat dan jangan gunakan waktu istirahat untuk bekerja!


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment