Jangan Memilih-Milih Teman, Tapi Pilihlah Sahabat yang Baik

loading...
Jangan Memilih-Milih Teman, Tapi Pilihlah Sahabat yang BaikTidak ada teman yang semuanya buruk dan semuanya baik. Hanya saja kita harus pandai-pandai menyaring apapun yang kita dapat dari mereka. Yang baik, ambil. Tetapi yang buruk, jangan diambil. Misalnya, jika dia pintar, kita bisa mengikuti cara belajarnya. Tetapi, jika dia suka merokok tapi pintar menggambar, jangan jauhi dia. Siapa tahu sewaktu-waktu kita membutuhkan bantuannya.
Namun berbeda dengan sahabat. Kita harus benar-benar memilih sahabat yang baik. Karena sahabat bisa saja mempengaruhi kita karena kita akan selalu bersama sahabat kita. Pilihlah sahabat yang cukup pintar, cukup rajin, tidak pernah berbuat buruk, dan memiliki teman yang banyak. Sahabat seperti itu sangat membantu kita saat di sekolah.
Jangan memilih sahabat yang akan membawa dampak buruk terhadap kita. Misalnya suka merokok, suka mencuri, bahkan menjadi pecandu narkoba. Karena jika kita bersahabat dengan orang seperti itu, maka dengan sendirinya kita akan juga mengikuti kebiasaan buruk orang tersebut. Namun, kita tidak boleh menjauhi atau memusuhi orang itu. Berteman saja seperti biasa. Siapa tahu kita dapat membawa dampak baik kepadanya.
Ibaratnya seseorang pengidap AIDS. Kita masih bisa berteman dengan mereka seperti dengan teman-teman kita yang tidak terkena penyakit tersebut. Tetapi jangan sampai kita melakukan hubung@n secksual atau menggunakan jarum suntik secara bergantian dengannya.
Ketika kita berteman, kita masih bisa menolak ajakannya untuk ikut mencoba narkoba atau rokok. Namun kalau sudah bersahabat, kita akan merasa malu jika tidak mau menuruti permintaan “baik” sahabat kita. Dan ingat, sekali saja kita mencoba narkoba, kita akan ketagihan untuk selamanya. Jadi, hati-hatilah!
Orang yang baik, rajin, dan pintar adalah orang yang pantas dijadikan sahabat. Karena kita pasti akan ketularan gaya hidup “jenius”nya. Karena obrolan mereka pasti lebih berbobot daripada hanya sekedar membahas gosip saja.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com
Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian





loading...

No comments:

Post a Comment