Internet Seharusnya Dapat Memajukan Bangsa

loading...

Internet Seharusnya Dapat Memajukan BangsaSaya sering melihat orang-orang (khususnya remaja) yang menggunakan internet kebanyakan hanya digunakan untuk mencari hal-hal yang tidak penting bahkan dapat merusak moral orang tersebut. Orang Indonesia rata-rata hanya menggunakan internet untuk mencari hiburan dan berjejaring sosial. Bahkan beberapa diantaranya malah berdebat dengan tujuan yang tidak jelas.

Sangat jarang orang Indonesia yang menggunakan internet sebagai lahan bisnis. Padahal peluangnya besar sekali dimana jumlah pengguna internet Indonesia yang semakin tinggi. Peluang untuk sukses berbisnis online di Indonesia bahkan lebih besar dibandingkan dengan peluang sukses berbisnis online di Amerika Serikat. Mengapa? Karena disana persaingannya sudah sangat ketat dan masyarakat disana telah mengenal brand. Misalnya, ketika mencari situs berita bisnis, mereka telah ingat brand-brand ternama seperti Forbes.com. Sehingga sangat sulit untuk sukses dibidang tersebut. Lain lagi di Indonesia, belum ada merek ternama di bidang situs bisnis. Selain itu, masih banyak lagi lahan online yang belum terjamah pebisnis di Indonesia.

Mengapa sangat jarang pengguna internet Indonesia yang memanfaatkan internet untuk tujuan yang menguntungkan baik bagi diri sendiri dan orang lain?

Pertama, tidak adanya keinginan yang kuat untuk berbisnis online. Kita seringkali malas dan merasa lebih baik membuka situs-situs hiburan atau jejaring sosial sehingga kita malah menghabiskan waktu di internet untuk hal yang sia-sia.

Kedua, sedikit orang yang tahu bagaimana cara menghasilkan uang di internet. Kalau yang ini sih mudah saja. Kita bisa memulainya dengan membuat website berita atau berjualan di internet. Selain itu kita juga bisa belajar membuat animasi atau software dan menjualnya lewat internet.

Ketiga, banyak orang yang takut akan penipuan di internet. Mereka kebanyakan ingat berbagai kisah orang yang tertipu dengan ajakan berbisnis online—yang katanya akan menghasilkan banyak uang dalam waktu singkat dan tanpa usaha apapun—yang ternyata malah membuat dirinya jatuh miskin. Kalau soal ini, kita harus banyak belajar lebih mendalam tentang internet sehingga kita dapat membedakan mana penipuan mana tidak.

Keempat, tidak ada orang Indonesia yang menghargai hak cipta (saya tidak bermaksud munafik). Sehingga orang-orang malas menciptakan produk digital seperti film, animasi, hasil fotografi, majalah, musik, buku, dsb karena sudah pasti akan dibajak. Lain halnya di Amerika Serikat yang warganya sangat menghargai hak cipta sehingga orang-orang kreatif dapat menghasilkan banyak uang di internet dan menambah daya saing negara tersebut dalam persaingan dunia.

Pemerintah juga sudah melakukan banyak hal untuk memajukan internet di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan bimbingan teknis (bimtek) tentang penggunaan teknologi informasi. Saya pernah mengikutinya dan mendapatkan pelatihan membuat animasi dengan Flash. Disini saya melihat peluang yang cukup besar di bidang animasi.

Sekarang, semua ada di tangan masing-masing. Apakah ingin sukses di internet atau malah menghabiskan waktu dengan sia-sia di internet? Padahal kecepatan akses internet di Indonesia semakin cepat dan semakin murah. Ditambah dengan kemudahan yang kita dapat dari berbagai software freeware yang bisa kita dapat di internet. Jika Anda ingin mulai memajukan bangsa lewat internet, berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Hargailah hak cipta. Jangan pernah mengunduh konten ilegal atau yang melanggar hak cipta. Jika ingin software gratis, banyak sekali tersedia di internet. Carilah yang berlabel freeware. Namun jika Anda mempunyai uang lebih, Anda bisa membeli software yang berbayar atau menyumbangkan sejumlah uang sehingga software gratis tersebut dapat berkembang.
  2. Jika Anda adalah orang yang kreatif, berkaryalah, dan publikasikan hasil karya Anda di internet. Jika tidak memungkinkan untuk menjualnya, Anda bisa mempublikasikan hasil karya Anda lewat blog. Anda tetap bisa menghasilkan uang dengan iklan yang terdapat di blog Anda tersebut.
  3. Hindari perdebatan di internet karena tidak akan pernah selesai, tidak ada gunanya, dan hanya menghabiskan waktu Anda. Saya sering melihat ada perdebatan dalam bidang agama, politik, bahkan hanya tentang merek ponsel pintar.
  4. Gunakan internet secukupnya. Hindari membuka situs-situs berita, jejaring sosial, dan situs-situs lainnya yang tidak berguna. Hanya buka situs tersebut jika Anda memerlukannya.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment