Bagaimana Supaya Tetap Semangat dalam Belajar?

loading...

Bagaimana Supaya Tetap Semangat dalam BelajarMemang harus diakui oleh sebagian besar—bahkan bisa dibilang hampir semua—pelajar bahwa belajar itu adalah kegiatan yang paling membosankan. Padahal itulah yang terpenting dilakukan untuk mengejar prestasi. Saya (sebagai pelajar) merasakan bahwa hal yang memicu hilangnya semangat belajar adalah kebosanan karena buku terlalu tebal, materi terlalu banyak, tertekan ulangan, tugas menumpuk, capek, dan masih banyak lagi. Nah, bagaimana cara supaya kita tetap bersemangat dalam belajar? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Jangan Belajar pada Malam Hari

Belajar adalah kegiatan yang menguras konsentrasi dan sedikit membutuhkan tenaga otot. Itulah sebabnya mengapa kita rentan mengantuk saat belajar. Apalagi kalau belajarnya pada malam hari saat konsentrasi sedang buyar karena ingin segera beranjak ke tempat tidur. Tentu saja cara untuk menghindari ini adalah dengan tidak belajar pada malam hari. Lebih baik kita memaksimalkan belajar saat di sekolah serta tidur lebih dini kemudian bangun lebih dini dan belajar pada dini hari. Tentu saja semangat pada pagi hari adalah semangat yang tertinggi. Ibaratnya sebuah baterai ponsel yang baru diisi ulang.

2. Atur Waktu Anda

(Baca juga: 6 Cara Memanage Waktu Sehari-Hari)

Aturlah waktu Anda supaya Anda tetap bisa mengerjakan tugas tepat waktu, belajar dengan konsentrasi yang tinggi, dan bermain tanpa beban. Caranya adalah dengan menggunakan waktu siang untuk mengerjakan PR dan tugas, waktu sore dan malam untuk bermain atau mengisi waktu luang, dan waktu dini hari untuk belajar. Usahakan supaya Anda tetap bisa tidur pada pukul 20.00 dan bangun pukul 04.00. Dengan demikian, Anda bisa belajar dengan penuh konsentrasi sementara tugas dan waktu luang tetap berjalan secara maksimal.

3. Imbangi dengan Makanan Bergizi

Makanlah makanan yang mengandung protein untuk nutrisi otak dan minum suplemen otak (bila perlu). Sempurnakanlah dengan susu supaya otak Anda tetap mendapatkan asupan nutrisi dengan baik sehingga materi pelajaran dapat terserap secara optimal.

4. Perbanyak Latihan Soal

Belajar dengan latihan soal akan sangat menyenangkan jika kita telah menguasai materi itu. Saya sering sekali “kecanduan” mengerjakan soal ketika saya telah menguasai materi tersebut. Maka dari itu, saya memiliki banyak sekali buku kumpulan soal (serta pembahasannya) di rumah. Belajar dengan latihan soal akan mempertajam ingatan Anda akan materi tersebut serta membuat proses belajar tidak membosankan karena soal yang Anda baca selalu baru dan tidak itu-itu saja (seperti ringkasan materi). Selain itu, dengan mengerjakan soal, Anda juga akan menambah wawasan karena banyak soal yang ternyata belum dibahas pada ringkasan materi.

5. Tumbuhkan Minat Baca

Tumbuhkanlah minat baca dalam diri Anda. Terutama buku-buku yang menyangkut tentang pengetahuan. Baca buku itu membosankan? Tentu saja tidak! Sekarang telah banyak terjual buku-buku ensikopedia, biografi tokoh terkenal, text book, hingga buku sejarah yang sangat menarik untuk dibaca karena penyusunan buku itu yang menarik sehingga tidak pernah membosankan saat dibaca. Tidak seperti buku-buku lama yang hanya berisi tulisan dengan format teks yang monoton dan membosankan. Dengan membaca, kita bisa mengasah otak kita dan memperkaya wawasan kita. Sehingga dapat membantu proses belajar kita.

6. Hadapi Ulangan dengan Tenang

Anda tidak boleh terlalu gugup saat ulangan. Hadapi saja dengan tenang. Jika Anda telah belajar dengan baik, Anda pasti bisa menghadapi ulangan tersebut. Soal hasil? Jangan dipikirkan sekarang! Menurut saya, ketika kita memikirkan hasil ulangan kita, maka kita telah melupakan semua yang telah kita pelajari selama ini. Serta, juga dapat membuyarkan konsentrasi dan semangat kita saat belajar. Kita pasti akan berkata, “ngapain belajar, jugaa nanti nilainya bakal kecil, mending nyontek ahh..”. Maka dari itu, tenanglah, dan tetap berdoa.

7. Cari Tempat Belajar yang Nyaman

Belajarlah di tempat yang nyaman menurut Anda. Entah itu di lantai, meja belajar, teras, atau di tempat tidur. Tempat belajar yang nyaman akan meningkatkan semangat belajar. Bersihkan dan rapikan tempat belajar Anda sebelum Anda memulai belajar.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

No comments:

Post a Comment