Asal Mula Nama Kamboja (Artikel Lengkap)

loading...

Asal Mula Nama KambojaNama “Kamboja” berasal dari bahasa Khmer Kampuchea dengan nama lengkap ព្រះរាជាណាចក្រកម្ពុជា (Preah Reachanachâk Kampuchea). Kata tersebut berasal dari bahasa Sansekerta कम्बोजदेश (Kambujadeśa) yang berarti “tanah Kambuja”. Memang tidak mirip dengan kerajaan Kamboja tetapi memiliki nama yang sama (Kamboja/Kambuja). Preah Reachanachâk Kampuchea berarti “Kerajaan Kamboja”.

Kata “Kamboja” merupakan ejaan dari kata Kampuchea menjadi Cambodia kemudian dieja dengan ejaan Indonesia menjadi “Kamboja”. Menurut etymonline.com, kata Kamboja digunakan setelah komunis menguasai negara ini pada tahun 1975.

Kamboja sempat mengalami 5 kali perubahan nama resmi negara. Yang pertama adalah Kerajaan Kamboja dari tahun 1953-1970 yang merupakan negara monarki (kerajaan). Pada tahun 1970-1975 diubah menjadi Republik Khmer dibawah pemerintahan Lon Nol. Pada tahun 1975-1979 diubah menjadi Republik Demokratik Kampuchea dibawah rezim Khmer Rouge. Pada tahun 1979-1989 diubah menjadi Republik Rakyat Kampuchea. Pada tahun 1989-1993 menjadi State of Cambodia. Dan terakhir pada tahun 1993 sampai sekarang, Kamboja kembali ke dalam bentuk monarki dan menjadi Kerajaan Kamboja.


Sumber:

Judul

Alamat

1. Cambodia http://www.etymonline.com/index.php?search=Cambodia
2. Names of Cambodia http://en.wikipedia.org/wiki/Names_of_Cambodia


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran

loading...

No comments:

Post a Comment