Jangan Terlalu Memikirkan Orang yang Membenci Kita

loading...

Jangan Terlalu Memikirkan Orang yang Membenci KitaDi dalam hidup ini, manusia memang tidak selalu sempurna. Pastilah ada orang yang menyukai atau bahkan mencintai kita, ada juga orang yang membenci kita. Kita tidak akan bisa menghindar dari orang-orang yang membenci kita. Itu karena ketidaksempurnaan kita yang membuat kita tidak bisa membuat semua orang lain senang.

Benci itu bisa dikarenakan oleh banyak hal. Ada yang karena Anda telah membuatnya kecewa, ada yang cemburu dengan Anda, ada yang merasa tidak diperhatikan nasehatnya, dan lain sebagainya. Walaupun begitu, kita tidak boleh langsung menjauhi orang yang membenci kita tersebut. Kita bisa mencari tahu apa penyebab orang tersebut membenci kita, kemudian kita usahakan untuk mencari solusinya. Namun, haters gonna be hate. Pembenci akan selalu membenci walaupun kita berupaya untuk menenangkannya. Jika dia tetap saja begitu, biarkanlah mereka tenggelam dalam rasa kebenciannya. Malahan, waktu kita akan terbuang sia-sia untuk memikirkan para pembenci itu dan mereka malah menjadi senang karena berhasil merendahkan kita dan membuat kita lemah.

Orang membenci kita pada umumnya karena iri kepada kita. Mereka selalu mencari cara untuk menjatuhkan Anda namun tidak berhasil. Sama seperti orang yang membenci vendor HP tertentu. Saya melihat kebencian mereka di beberapa situs portal berita teknologi. Mereka terlihat sangat iri dengan ponsel mahal namun mereka tidak kesampaian membelinya. Kemudian mereka menjelek-jelekan ponsel tersebut dengan cara yang sangat memalukan.

Jika banyak orang yang menyukai Anda, maka Anda layak menjadi seorang pemimpin. Jika banyak juga orang yang membenci Anda, maka Anda layak menjadi seorang pemimpin besar. Lihatlah seorang pemimpin presiden AS, mereka disukai sekaligus dibenci. Jadi, ada orang yang membenci kita bukan berarti kita adalah orang yang rendahan. Bisa jadi kita termasuk orang besar jika kita bisa menghadapi para pembenci itu.

Orang pembenci pasti ada maksudnya kan? Nah, kita bisa menggunakan maksud tersebut untuk introspeksi diri supaya tidak muncul lebih banyak lagi orang yang membenci kita. Dengan begitu, kita bisa berterimakasih kepada pembenci itu karena dia berhasil membuat diri kita menjadi lebih baik.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

loading...

14 comments: