12 Cara Mencari Inspirasi

loading...
7 Cara Mencari InspirasiKita sangat membutuhkan inspirasi. Terutama jika kita mengerjakan sesuatu yang membutuhkan kreativitas seperti menulis cerita, membuat puisi, menulis lagu, membuat artikel blog, melukis, dll. Selain itu, banyak hal yang bisa kita lakukan jika kita memiliki inspirasi. Inspirasi itu adalah ide atau gagasan yang secara mendadak keluar dari pikiran kita walaupun kita tidak menginginkannya. Nah, bagaimana cara mencari inspirasi dan bagaimana cara memaksimalkan inspirasi itu? Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Jangan Dipaksa

Jangan sekali-kali memaksa otak kita untuk berpikir supaya kita mendapatkan inspirasi. Karena inspirasi itu adalah keluar dengan sendirinya dan tidak bisa dipikirkan sebelumnya. Jika kita terus memikirkannya, yang terjadi malah kita akan frustasi karena tidak kunjung mendapatkan inspirasi.

2. Santai

Biasanya inspirasi itu keluar saat kita sedang bersantai. Biasanya saat kita sedang santai tanpa beban pikiran apapun, kita biasanya akan memikirkan sesuatu yang lain. Nah, jika itu diteruskan, bisa jadi itu akan menjadi inspirasi.

3. Mandi

Saat mandi adalah saat yang paling tepat untuk mencari inspirasi. Mungkin itu karena dinginnya air yang mengguyur tubuh kita membuat otak menjadi dingin dan fresh sehingga kita akan berangan-angan tentang sesuatu yang nantinya akan menjadi sebuah inspirasi.

4. Jalan-Jalan

Saat otak kita masih terbelengu masalah dan pikiran lainnya, kita bisa menenangkan otak kita dengan berjalan-jalan sambil melihat-lihat apa yang bisa kita lihat. Karena dengan berjalan-jalan, fokus otak kita akan berpindah menuju ke aktivitas jalan-jalan tersebut. Jika saat itu kita melihat-lihat sesuatu seperti daun, pohon, bunga, dll, kita biasanya akan membayangkan sebuah inspirasi berdasarkan apa yang kita lihat.

5. Membaca

Jika kita tidak bisa mengeluarkan inspirasi saat itu, kita bisa mendapatkannya lewat membaca. Dengan membaca, wawasan kita akan terbuka dan dengan sendirinya ide-ide itu akan keluar. Bacaan yang paling bagus adalah bacaan tentang ilmu pengetahuan dan kisah-kisah inspiratif.

6. Menonton

Jika tidak ada bacaan yang bagus untuk dibaca, cobalah menonton TV atau film sejenak.

7. Browsing

Internet punya segudang informasi dan inspirasi. Anda bisa melihat-lihat forum di internet. Disana bakal ada diskusi yang sangat menggairahkan otak kita untuk mengeluarkan inspirasi. Di internet juga ada beragam konten inspiratif yang dapat kita gunakan.

8. Menyibukkan Diri

Buatlah diri kamu sesibuk mungkin. Misalnya dengan beres-beres rumah atau mengerjakan sesuatu yang tidak memerlukan inspirasi. Biasanya inspirasi atau kreativitas keluar justru disaat kita mengerjakan PR.

9. Rapikan Meja Kerja

Dengan meja kerja yang rapi, pikiran kita akan lebih lapang dan rileks. Itu sangat membantu kita untuk mengeluarkan inspirasi.

10. Jongkok/Duduk di Kloset

Yup ini memang terdengar gila, tapi terbukti bisa mengeluarkan inspirasi karena tempat berdiam diri yang paling rileks dan membuat kita betah berlama-lama diam adalah kloset. Cobalah kita duduk/jongkok sesuai bentuk klosetnya meskipun kamu tidak ingin buang air besar. Dan mulailah menjelajahi isi pikiranmu.

11. Jauhi Keributan

Usahakan untuk menghindari keributan bahkan suara sekecil apapun. Karena dalam mencari inspirasi kita butuh konsentrasi dan konsentrasi butuh ketenangan. Janganlah terlalu memaksakan diri, biarkanlah pikiran kamu berkelana dalam keheningan.

12. Segera Catat

Jika inspirasi itu sudah keluar, segeralah catat apa yang Anda pikirkan itu. Karena inspirasi itu bersifat sementara dan mudah sekali untuk dilupakan. Dengan mencatatnya, kita sudah mendapatkan banyak inspirasi. Tidak jarang inspirasi itu berupa konsep yang sangat rumit seperti rancangan masa depan blog saya yang sering saya pikirkan saat saya di kamar mandi.

Artikel bermanfaat lainnya:

  1. Cara Memperoleh Inspirasi

  2. Cara Mendapatkan Inspirasi Artikel

  3. 3 Karakter Pencipta Momentum

  4. Keterdesakan Membuat Kita Luar Biasa. Mengapa?

  5. Mensyukuri yang Sudah Ada dan Lakukan Lebih



Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
loading...

3 comments:

  1. Iya gan.kalau lagi nemu inspirasi langsung aja ditulis.kalau ditunda biasanya lupa.

    ReplyDelete
  2. Gampang2x susah memang cari inspirasi..thanks untuk infonya..

    ReplyDelete
  3. Mantapp..
    setuju dengan tips no. 6
    menghasilkan khayalan yang bisa di jadikan ide menonton video/film

    ReplyDelete