Tugas: Biografi Steve Jobs

loading...

Steve Jobs dikenal sebagai CEO Apple, sebuah perusahaan yang sangat inovatif dan kreatif. Jobs juga pernah menjabat sebagai pejabat eksekutif Pixar Animation Studios dan menjadi anggota dewan direktur The Walt Disney Company pada tahun 2006. Beliau lahir di San Francisco, California pada tanggal 25 Februari 1955. Dia diangkat sejak lahir oleh Paul dan Clara Jobs. Mereka adalah bukan lulusan universitas.

Ibu kandung Steve Jobs, Joanne Schieble kemudian bekerja sebagai terapi wicara. Joane Schieble lahir dan dibesarkan di pedesaan Wisconsin. Orangtua Joanne berasal dari Jerman dan menganut agama Katolik. Ayah kandung Steve Jobs, Abdulfattah “John” Jandali, seorang berkebangsaan Suriah yang menjadi profesor ilmu politik. Keluarganya adalah orang yang kaya dan berpengaruh. Joanne dan Jandali bertemu di University of Wisconin ketika sama-sama menjadi mahasiswa pascasarjana.

Jandali menyebut ayah Joanne “Tiran”, dan ayah Joanne mengancam akan tak mengakui Joanne sebagai anak kalau Joanne menikah dengan orang Arab. Karena alas an itu, juga karena mereka ketika itu sama-sama baru berusia 23 tahun dan masih kuliah, Jandali dan Joanne memilih memberikan anak mereka untuk diadopsi.

Joanne memberitahu dokternya bahwa dia sangat menginginkan orangtua angkat anaknya berpendidikan tinggi. Mula-mula seorang pengacara dan istrinya berencana mengadopsi anak Joanne. Namun ketika bayi (Steve Jobs) itu lahir mereka memutuskan ingin mengadopsi anak perempuan dan kemudian batal mengadopsi anak Joanne. Pasangan berikutnya adalah Paul dan Clara Jobs. Paul Jobs adalah seorang teknisi mesin yang tak tamat sekolah menengah atas sementara Clara Jobs tak lulus kuliah.

Ketika orangtua kandung Steve Jobs mengetahui bahwa orangtua angkat Jobs bukan lulusan universitas, Joanne menolak menandatangani surat-surat adopsi. Dia baru berubah pikiran beberapa bulan kemudian ketika orangtua angkatnya berjanji Steve Jobs akan dikuliahkan.

Beberapa bulan setelah kelahiran dan adopsi Steve Jobs, kedua orangtua kandungnya menikah. Ayah Joanne Schieble meninggal sekitar waktu itu. Dua tahun setelah itu, Schieble dan Jandali punya anak lagi, anak perempuan bernama Mona. Mereka membesarkan Mona sampai Mona berusia empat tahun. Kemudian pasangan itu bercerai, dan Jandali tidak mendapat hak asuh atas Mona. Jandali tidak berhubungan lagi dengan Mona sampai bertahun-tahun kemudian. Karena adopsi pasangan Jobs bersifat tertutup, Steve tak berhubungan dengan orangtua kandungnya sewaktu masih anak-anak. Baru ketika dewasalah dia menemukan bahwa dia punya adik perempuan.

Orangtua angkat Steve Jobs mendidik anak angkatnya dengan baik. Mereka menganggap Jobs sebagai anak yang istimewa. Itulah yang membuatnya menjadi manusia yang sangat inovatif dan berani saat dia dewasa nanti. Sejak kecil, ayah angkat Jobs mengajarinya membuat barang dan berkreasi dengan barang rongsokan. Dia juga sempat menemukan mobil rongsokan dan kemudian dia memperbaikinya lalu menjualnya dengan harga tinggi, kemudian uang itu digunakan untuk biaya kuliah Jobs.

Meskipun sejak kecil Steve Jobs sudah mampu membuat mesin dan merakit radio bersama ayahnya di garasi, Steve Jobs tidak selalu betah di kelas. Masa sekolahnya saat SD tidak selalu lancar. Jobs punya banyak minat: Sains dan matematika, buku dan membaca. Dia juga bukan orang genius pertama yang mengalami kesulitan di sekolah. Salah satu orang yang telah mendahuluinya adalah Albert Einstein. Jobs menjadi orang yang nakal saat kecil.

Steve Jobs sering menghadiri kuliah setelah sekolah di Hewlett-Packard Company dan kemudian dipekerjakan di sana dan bekerja bersama Steve Wozniak sebagai karyawan musim panas. Pada tahun 1972, Jobs lulus dari sekolah menengah atas. Jobs mengejutkan orangtuanya ketika memberitahu mereka dia mau pindah ke pondok di hutan selama musim panas bersama pacarnya, Chris Ann Brennan. Setelah musim panas, Jobs masuk Reed College. Meski ia keluar setelah satu semester, ia melanjutkan audit kelasnya di Reed, seperti kelas kaligrafi.

Pada musim gugur 1974, Steve Jobs mendapat pekerjaan di perusahaan permainan video Atari yang sekarang menjadi perusahaan besar. Ketika Jobs bekerja di sana pada 1974, dia adalah salah satu dari lima puluh orang pertama yang bergabung dengan Atari. Tujuan utamanya adalah untuk menabung uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India bersama Daniel Kottke, temannya dar Reed College yang kelak menjadi karyawan Apple pertama.

Steve Jobs pergi ke India untuk mengunjungi Neem Karoli Baba, seorang guru paling terkenal tahun 1960-an. Salah satu ashram-nya ada di Kainchi. Jobs datang ke India beberapa minggu lebih awal daripada Kottke. Jobs sempat menghadiri festival Purna Kumbh yang dilaksanakan setiap dua belas tahun. Festival agama itu meliputi banyak upacara termasuk mandi di Sungai Ganga yang disucikan. Jobs pulang dalam keadaan menganut agama Buddha dengan kepala tercukur dan mengenakan pakaian tradisional India.

Saat Steve Jobs berumur 21 tahun, dia mendirikan perusahaan bersama sahabat karibnya, Steve Wozniak. Mereka menamai perusahaan itu dengan nama Apple Computer dan mulai membuat computer di garasi rumah Jobs. Apple memperkenalkan Macintoch kepada public pada tahun 1984 dan kemudian menjadi computer kecil pertama yang sukses secara komersial dengan antarmuka pengguna grafis.

Ketika Apple sedang berjaya pada tahun 1985, Steve Jobs malah diberhentikan dan bahkan diusir dari Apple karena dia telah menyebabkan banyak masalah kepemimpinan di dalam Apple. Setelah Jobs keluar dari Apple, dia mendirikan sebuah perusahaan computer lagi yang dinamakan NeXT Computer. NeXT tergolong sangat maju dalam teknologi tetapi tidak pernah manjadi terkenal kecuali di lingkup riset sains. Bahkan sistem World Wide Web (WWW) di CERN dibuat dengan menggunakan sebuah NeXT workstation.

Pada tahun 1996, Apple membeli NeXT dan hal itu membawa Jobs kembali ke Apple. Setahun kemudian ia menjadi pemimpin sementara di Apple menggantikan Gil Amelio. Teknologi NeXT diterapkan dalam produk buatan Apple dan kemudian berkembang menjadi Mac OS X. Kemudian Jobs memperkenalkan iMac yang lebih mengutamakan desain. Kemudian Apple menjadi sebuah perusahaan yang sangat terkenal sampai sekarang.

Steve Jobs meninggal pada tanggal 5 Oktober 2011 pada usia 56 tahun di Palo Alto, California. Beliau meningal akibat kanker pankreas yang telah menggerogotinya selama 6 tahun terakhir.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian
loading...

No comments:

Post a Comment