Syarat-Syarat Suatu Barang Dijadikan Uang

Syarat-Syarat Suatu Barang Dijadikan UangUang adalah alat tukar yang paling populer saat ini. Disamping karena ke praktisannya, uang juga berlaku sebagai alat tukar apa pun. Namun, tidak semua barang bisa ditukar dengan uang. Ada syarat-syarat tertentu supaya suatu barang dapat dijadikan uang. Nah, apa sajakah syarat-syarat suatu barang dijadikan uang? Langsung saja kita simak selengkapnya…..

Barang yang dapat dijadikan uang haruslah memiliki nilai guna. Artinya memiliki manfaat bagi manusia atau makhluk lain yang dibutuhkan manusia. Salah satunya pupuk. Pupuk secara langsung memang tidak dibutuhkan manusia. Tetapi akan berguna jika pupuk diberikan kepada tumbuhan penghasil makanan bagi manusia atau untuk tanaman hias yang memberi nilai seni/estetika bagi manusia.

Barang sekecil apapun yang tampak tidak berguna. Tetapi jika disatukan, mungkin barang tersebut akan menjadi berguna dan memiliki nilai guna tinggi Bagaikan komponen komputer. Contohnya sebutir pasir yang sangat tidak ada nilainya. Namun, jika kita memiliki satu truk pasir, mungkin itu sangat berguna sebagai bahan baku bangunan.

Syarat-Syarat Suatu Barang Dijadikan Uang 1Barang yang tidak berguna atau habis pakai (barang bekas). Bisa saja memiliki nilai guna jika dikreasikan dengan seni. Seperti kerajinan dari sampah.

Harga barang juga dapat ditentukan oleh kerumitan dan kualitas pembuatan barang tersebut. Harga barang tidak hanya ditentukan oleh jumlah, ukuran, dan beratnya. Seperti feature phone harganya jauh lebih murah dibandingkan smartphone. Walaupun feature phone ukurannya lebih besar dan lebih berat dibandingkan smartphone.

Harga barang menjadi semakin mahal jika permintaannya banyak dan jumlahnya terbatas (langka). Seperti perangko langka yang tampak tidak ada gunannya. Namun harganya sangat mahal karena sangat langka dan peminatnya cukup banyak.


Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Catatan Harian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar