4 Ciri-Ciri Ringkasan yang Baik

menulis ringkasanRingkasan adalah karangan, bacaan, atau tulisan yang diperpendek. Memperpendek disini dalam artian hanya menampilkan pokok-pokok karangan, bacaan, atau tulisan saja. Apa sajakah ciri-ciri ringkasan? Berikut penjelasan tentang ciri-ciri ringkasan. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Mempersingkat Suatu Bacaan

Arti ‘mempersingkat’ di sini bukan berarti menggantinya dengan bahasa alay seperti ‘yang’ dirubah menjadi ‘yg’ dan sebagainya. Maksudnya adalah tulisan hanya diambil pokok-pokok atau yang penting saja supaya mempermudah pembaca untuk memahami suatu bacaan.

2. Terdapat Inti Sari Bacaan

Tentu saja, pada ringkasan hanya terdapat inti sari bacaan. Bagian-bagian yang kurang penting dan bisa dihilangkan akan dihilangkan.

3. Bentuknya Lebih Pendek atau Lebih Ringkas

Banyak orang yang tidak suka membaca suatu bacaan yang panjang sampai berhalaman-halaman. Untuk itulah fungsi dari ringkasan.

4. Struktural Wacananya Tetap

Struktural wacananya tetap, tetapi tidak berubah sesuai dengan unsur teks bacaan. Maka dari itu, kita harus pintar-pintar memilih apakah bagian kalimat atau paragraf ini jika dihilangkan akan berubah makna bacaannya atau tidak.
Sumber:
1. RINGKASAN (henipujiarti.wordpress.com)

Semoga bermanfaat, Tetap Semangat! | Materi Pelajaran
loading...

2 comments: