Pengertian Seni Tari (Artikel Lengkap)

loading...
Seni tari adalah sarana pengekspresian yang menggunakan gerak tubuh manusia sebagai medianya dan biasanya diiringi dengan seni musik. Tari disebut sebagai salah satu bentuk komunikasi nonverbal baik pada manusia maupun hewan dan sebagai salah satu unsur kebudayaan daerah setempat. Dalam bahasa Inggris, seni tari disebut dance art.
Bagian dari: Seni Tari (artikel lengkap)
Pengertian Seni Tari

1. Asal Mula Kata Seni Tari
Etimologi seni tari berasal dari kata seni dan tari. Seni berasal dari bahasa Sansekerta sani yang berarti “pemujaan”, “persembahan”, dan “pelayanan”. Etimologi kata “tari” belum diketahui. Sehingga secara harfiah seni tari adalah persembahan yang diberikan dalam bentuk tarian.
2. Pengertian Seni Tari Menurut Para Ahli
Berikut adalah beberapa contoh pengertian seni tari menurut para ahli:
  1. Menurut almanak Swaguna Bhakti Praja, seni tari adalah ungkapan jiwa yang disalurkan/diekspresikan melalui gerak-gerak organ tubuh yang ritmis dan indah.
  2. Menurut Bagong Kussudiarjo, seni tari adalah keindahan gerak anggota badan yang bergerak, berirama, dan berjiwa yang harmonis.


Referensi:
  1. Pengertian Seni serta penjelasannya (http://www.notepedia.info/2013/08/pengertian-seni-serta-penjelasannya.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment