16 Manfaat Tumbuhan Berbiji bagi Manusia

loading...
Tumbuhan berbiji adalah tumbuhan yang memiliki biji yang merupakan hasil pembuahan pada bunga. Tumbuhan berbiji juga disebut spermatophyta. Biji berasal dari bakal biji di bunga. Setelah matang, biji biasanya terdapat di dalam buah. Namun, pada tumbuhan berbiji terbuka, tidak terdapat daging buah. Berikut adalah manfaat tumbuhan berbiji bagi manusia. Manfaat ini tidak hanya terbatas pada bijinya, tetapi keseluruhan tumbuhan berbiji tersebut. Langsung saja kita simak yang pertama:
manfaat tumbuhan berbiji bagi manusia

1. Sayuran

Beberapa tumbuhan berbiji dapat dijadikan sayuran seperti kacang merah, tomat, kol, kentang, bayam, dan wortel. Tumbuhan tersebut kaya akan serat, protein, dan vitamin.

2. Makanan Pokok

Jenis-jenis biji seperti gandum, padi, kentang, sagu, dan jagung telah menjadi makanan pokok sebagian besar warga di dunia. Gandum dapat dijadikan roti dan sereal. Padi dapat dijadikan nasi atau jajanan dari tepung beras. Sedangkan jagung dapat dimakan langsung atau diolah menjadi aneka pangan.

3. Perabotan Rumah Tangga dan Rumah

Kayu dari berbagai jenis tumbuhan berbiji memiliki fungsi penting sebagai perabotan rumah tangga dan untuk bahan bangunan. Jenis-jenis kayu seperti mahoni dan jati bagus untuk dijadikan perabotan.

4. Bahan Sandang

Kapas menjadi bahan utama di sebagian besar pakaian. Kapas dipilih karena lembut, hangat saat dingin, sejuk saat cuaca panas, perawatan yang mudah, dan harganya yang relatif murah.

5. Penyandang Air dan Penghijauan

Banyak tumbuhan berbiji yang ditanam untuk digunakan sebagai penahan air dan penghijauan. Contohnya adalah mahoni dan pinus.

6. Menghasilkan Oksigen

Semua tumbuhan berbiji dapat menghasilkan oksigen. Oksigen adalah hasil dari fotosintesis. Oksigen sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Contohnya adalah pohon mangga.

7. Tanaman Herbal

Beberapa tanaman herbal berasal dari tumbuhan berbiji. Biasanya tanaman herbal diolah menjadi jamu atau obat tradisional. Contoh tanaman herbal dari tumbuhan berbiji adalah jambu biji, mengkudu, dan kumis kucing.

8. Sumber Buah-Buahan

Banyak tumbuhan berbiji yang daging buahnya dapat dimakan. Buah tersebut kaya akan serat dan vitamin. Contohnya adalah pir, apel, jeruk, nangka, dan mangga.

9. Rempah-Rempah

Berbagai bumbu dapur tradisional menggunakan rempah-rempah dari tumbuhan berbiji. Micalnya kemiri dan pala.

10. Pewangi

Ada juga tumbuhan berbiji yang dapat dijadikan parfum atau pewangi. Misalnya cendana, mawar, kayu putih, dan melati.

11. Tanaman Hias

Tanaman hias adalah tanaman yang ditanam di pekarangan rumah atau taman sebagai penghias dan penghijau. Banyak jenis tanaman hias yang berasal dari tumbuhan berbiji. Contohnya adalah bunga matahari, adenium, anggrek, mawar, kamboja, dan cempaka.

12. Bahan Bakar

Sebelum ada kompor minyak tanah/gas, masyarakat menggunakan ranting pohon sebagai bahan bakar kompor yang disebut tungku kayu bakar. Ranting pohon tersebut dapat ditemukan di hutan. Contoh tumbuhan berbiji yang ranting pohonnya dapat dijadikan bahan bakar adalah apukat, rambutan, dan mangga.

13. Kertas

Kertas adalah benda yang paling sering dipakai dalam keseharian. Kertas berasal dari serat kayu beberapa jenis tumbuhan berbiji.

14. Kerajinan

Salah satu oleh-oleh khas daerah setempat adalah kerajinan tangannya. Kerajinan tangan kebanyakan menggunakan daun, batang, dan akar dari suatu tumbuhan berbiji. Selain kerajinan, ada juga yang menjadikan bagian tumbuhan berbiji sebagai media seni seperti ukiran dan patung.

15. Sarana Upacara

Di beberapa agama dan kepercayaan, tumbuhan berbiji seperti daun kelapa dan berbagai jenis bunga dijadikan sebagai sarana upacara keagamaan.

16. Bahan Bakar Alternatif

Tumbuhan berbiji seperti biji jarak dapat dijadikan sebagai biodiesel atau bahan bakar kendaraan diesel yang ramah lingkungan.


Referensi:
  1. Kingdom Plantae: Spermatophyta(Tumbuhan Berbiji) (https://ceycieenajwa.wordpress.com/category/spermatophyta/)
  2. Perbedaan Manfaat Tumbuhan Lumut, Paku, dan Berbiji (https://reseup.wordpress.com/cabang-ilmu-biologi/perbedaan-manfaat-tumbuhan-lumut-paku-dan-berbiji/)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment