3 Lapisan pada Paru-Paru

loading...
Paru-paru adalah organ utama pada sistem pernapasan pada manusia yang berhubungan dengan sistem ekskresi pada manusia dan sistem peredaran darah pada manusia. Fungsi utama paru-paru adalah untuk melakukan respirasi (bernapas). Paru-paru dibungkus oleh selaput yang disebut pleura. Terdapat tiga lapisan pada pembungkus paru-paru ini, yaitu pleura visceral, kavum pleura, dan pleura varietal. Berikut adalah penjelasan 3 lapisan pada paru-paru. Langsung saja kita simak yang pertama:
Bagian dari: Paru-Paru (Artikel Lengkap)
Lapisan pleura pada paru-paru

1. Pleura Visceral

Pleura visceral adalah membran serosa halus yang menutup langsung paru-paru dan struktur lain seperti pembuluh darah, bronkus, dan serabut saraf. Pleura ini juga disebut pleura dalam. Pleura ini sedikit menukik ke dalam hingga terlihat membentuk garis pemisah lobus.

2. Kavum Pleura

Baca juga: 6 Bagian Paru-Paru dan Fungsinya
Kavum pleura adalah rongga tipis berisi cairan antara dua pleura paru-paru. Cairan tersebut berperan sebagai pelumas pada pleura. Fungsi kavum pleura adalah membantu paru-paru saat bernapas sehingga antara paru-paru dan dinding rongga dada tidak saling bergesekan. Pada keadaan normal, kavum pleura hampa udara.

3. Pleura Parietal

Pleura parietal adalah membran terluar pada paru-paru yang juga melapisi bagian atas diafragma dan memisahkan kavum pleura dengan mediastinum (rongga di antara paru-paru kanan dan kiri yang berisi jantung dll). Pada pleura ini terdapat saraf intercostal dan saraf phrenic.



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment