Alasan Mengapa DNA Selalu Berubah

loading...
DNA adalah sejenis asam nukleat yang tergolong biomolekul utama penyusun berat kering setiap organisme. DNA menyimpan segala informasi genetik makhluk hidup. DNA umumnya ditemukan berpilin membentuk kromosom di dalam inti sel. DNA bisa berubah-ubah. Tepatnya ekspresi gennya yang berubah. Berikut adalah alasan mengapa DNA selalu berubah. Langsung saja kita simak selengkapnya…..
Bagian dari: DNA (Asam Deoksiribonukleat) (Artikel Lengkap)
Mengapa DNA selalu berubah?
Mutasi adalah proses yang membuat DNA selalu berubah. Semua jenis DNA bisa dimutasi mulai dari pasangan basa, satu ruas DNA, dan bahkan sampai kromosom. Perubahan yang terjadi bisa berupa perubahan kodon-kodon RNAd dan merubah jenis asam nukleat yang akan disintesis. Pada akhirnya metabolisme dan fenotip makhluk hidup juga berubah. Gen, kromosom, sel, protein, atau makhluk hidup yang mengalami mutasi disebut mutan.

Perubahan pada DNA atau mutasi dapat disebabkan oleh makanan, sinar tertentu, radiasi, atau virus/bakteri. Contohnya adalah kafein, pestisida DDT, antibiotik, sinar ultraviolet, sinar X, sinar gamma, petir, dll.


Referensi:
  1. DNA (DEOXYRIBONUCLEIC ACID) (http://be-ef.blogspot.co.id/2011/09/dna-deoxyribonucleic-acid_14.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment