7 Dampak Teknologi Bagi Lingkungan

loading...
Teknologi telah mengubah manusia dan dunia. Dengan teknologi, semuanya akan terasa lebih mudah. Namun, teknologi telah membuat manusia menjadi ketergantungan akan teknologi. Bisa dibayangkan jika salah satu teknologi mendadak tidak ada seperti internet, dunia pasti akan gaduh. Berikut adalah beberapa dampak teknologi bagi lingkungan. Langsung saja kita simak yang pertama:
Baca juga: Dampak Positif dan Negatif Pengaruh Teknologi Terhadap Lingkungan
7 Dampak Teknologi Bagi Lingkungan

1. Pencemaran Lingkungan Meningkat

Limbah hasil dari pemanfaatan teknologi biasanya langsung dibuang ke sungai atau ke tanah. Jika tidak diolah dengan baik, maka akan berdampak pada pencemaran lingkungan. Saat ini semuanya sudah tercemar, seperti udara, air, dan tanah. Jika semuanya demikian, maka tidak ada lagi tempat yang layak bagi manusia.

2. Lingkungan Akan Semakin Tertata dan Rapi

Di negara maju, lingkungan sangat diperhatikan. Beberapa akan dibiarkan seperti aslinya. Sedangkan yang lainnya ditata rapi hingga menjadi taman yang hijau, indah, dan asri. Sungai juga ditata supaya bersih dan jernih.

3. Sampah Mencemari Lingkungan

Di beberapa negara berkembang seperti Indonesia, semua tempat dianggap tempat sampah sehingga banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Hal itu membuat sampah menjadi hal yang paling mengotori lingkungan. Hutan penuh sampah, gunung penuh sampah, sungai penuh sampah, jalanan penuh sampah, taman dan tempat wisata penuh sampah, bahkan tempat suci pun tidak kalah banyak sampah yang berserakan.

4. Lingkungan Akan Dimanfaatkan oleh Manusia

Dengan teknologi, lingkungan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Misalnya aliran sungai yang deras akan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga air. Hutan juga akan diambil kayunya untuk pembangunan dan tentu saja harus disertai dengan reboisasi dan teknik tebang pilih supaya kelestarian hutan tetap terjaga.

5. Teknologi Mengurangi Dampak Kerusakan Lingkungan

Baca juga: Kerusakan Lingkungan Akibat Konsumsi Barang
Pemanfaatan teknologi yang baik dapat mengurangi dampak kerusakan lingkungan. Misalnya kita lebih baik membeli buku digital dibandingkan membeli buku fisik. Selain harganya lebih murah dan lebih hemat tempat, kita juga berkontribusi mengurangi penebangan pohon untuk bahan baku kertas.

6. Teknologi dapat Merusak Lingkungan Secara Permanen

Dampak ini sangat berbahaya karena tidak bisa diperbaiki lagi atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memperbaikinya. Misalnya reaktor nuklir yang rusak atau penambangan yang tidak memperhatikan dampak lingkungan.

7. Penggunaan Teknologi Secara Keseluruhan Menimbulkan Dampak Besar Secara Tidak Disadari

Secara keseluruhan, penggunaan teknologi dapat menimbulkan dampak yang tidak disadari secara langsung, yaitu pemanasan global. Pemanasan global menyebabkan peningkatan air laut yang berdampak pada pengurangan luas daratan dan kerusakan pada pantai. Iklim juga akan berubah karena pemanasan global.



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment