6 Macam-Macam Jenis Membran

loading...
Membran adalah pembatas selektif yang mampu membiarkan sesuatu melewatinya sekaligus menahan sesuatu yang lain. Sesuatu itu seperti molekul, ion, atau partikel. Banyak sekali jenis-jenis membran yang ada disekitar kita mulai dari membran pada tubuh sampai yang dalam bentuk sintetis. Terdapat dua jenis membran, yaitu membran sintetis dan membran biologis. Berikut adalah beberapa macam jenis membran. Langsung saja kita simak yang pertama:
Macam jenis membran


1. Membran Sel

Selengkapnya: Membran Sel (Artikel Lengkap)
Membran sel adalah membran biologis yang memisahkan organel dan sitoplasma di dalam sel dengan bagian luar sel (ekstraseluler). Membran sel adalah membran yang selektif permeabel dengan ion dan molekul organel. Fungsi membran sel adalah untuk melindungi bagian dalam sel dan mengatur zat yang hendak keluar masuk sel. Membran sel tersusun atas dua lapis fosfolipid dan protein.

2. Membran Inti

Membran inti atau membran nukleus adalah dua lapis membran yang mengelilingi inti sel yang berisi materi genetik dan nukleolus pada sel eukariotik. Diantara kedua lapisan tersebut terdapat ruang perinuklear dengan lebar sekitar 20 sampai 40 nm. Pada membran inti terdapat banyak lubang kecil yang disebut pori-pori inti sel yang berfungsi sebagai tempat keluar masuknya materi genetik.

3. Membran Mukosa

Membran mukosa adalah membran biologis yang terdapat pada rongga tubuh dan mengelilingi beberapa jenis organ tubuh. Membran mukosa terdiri dari satu atau beberapa lapis jaringan epitel di atas lapisan jaringan ikat longgar. Membran mukosa terdapat pada mata, telinga, hidung, mulut, anus, dll. Beberapa jenis membran mukosa ada yang mampu mengeluarkan mukus, yakni cairan lendir pelindung.

4. Membran Serosa

Membran serosa adalah membran halus yang terdiri dari dua lapis jaringan epitel yang dapat mengsekresikan cairan serosa. Membran serosa terdapat pada usus, lambung, paru-paru (tepatnya pleura), jantung, dll.

5. Membran Reverse Osmosis (RO)

Membran reverse osmosis (RO) atau membran osmosis terbalik adalah membran sintetis yang digunakan untuk mendesalinasi air dan mengolah air kotor. Fungsi membran RO adalah untuk mengubah air asin menjadi air tawar atau mengubah air kotor menjadi air bersih. Prinsip kerjanya adalah dengan menggunakan membran semipermeabel dan menggunakan tekanan yang melebihi tekanan osmotik.

6. Membran Selulosa Asetat

Membran selulosa asetat adalah membran yang berbahan baku selulosa asetat. Selulosa asetat adalah golongan ester selulosa yang dimodifikasi untuk keperluan tertentu. Membran selulosa asetat adalah salah satu membran sintetis yang paling banyak dikembangkan dan mulai dapat diaplikasikan dalam bidang farmakologi, kedokteran, perlakuan limbah, dan kromatografi.


Referensi:
  1. Pengolahan Air dengan Reverse Osmosis (RO) atau Osmosis Terbalik (http://pengolahanair-bersih.blogspot.co.id/2014/09/pengolahan-air-dengan-reverse-osmosis.html)
  2. Membrane (https://en.wikipedia.org/wiki/Membrane)
  3. Pemanfaatan Limbah Kertas sebagai Bahan Baku Selulosa Asetat dalam Pembuatan Membran (http://taqimvino13.blogspot.co.id/2011/06/pemanfaatan-limbah-kertas-sebagai-bahan.html)



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment