Fenomena Sosial (Artikel Lengkap)

loading...
Fenomena sosial adalah semua perilaku yang memengaruhi atau dipengaruhi oleh orang/kelompok tertentu dari atau terhadap orang/kelompok lain. Fenomena sosial dapat diartikan sebagai peristiwa yang terjadi dan dapat diamati dalam kehidupan sosial. Fenomena sosial terjadi ketika manusia menganggap segala sesuatu yang dialaminya adalah sebuah kebenaran mutlak. Fenomena sosial dapat terjadi dimana saja, baik itu di desa maupun kota.
Baca juga: 15 Contoh Fenomena Sosial
Fenomena sosial tawuran
1. Fenomena Sosial Sebagai Masalah dan Yang Berdampak Positif
Fenomena sosial dapat menjadi masalah dan dapat juga berdampak positif. Contoh fenomena sosial yang menimbulkan masalah adalah tawuran antar pelajar. Sedangkan contoh fenomena sosial yang berdampak positif adalah aktivitas kerja bakti di lingkungan RT. Fenomena sosial yang berdampak negatif dapat terjadi karena adanya perilaku menyimpang yang harus dikendalikan dengan pengendalian sosial.
2. Penyebab Terjadinya Fenomena Sosial
Fenomena sosial terjadi karena berbagai macam faktor seperti lingkungan, perkembangan zaman, budaya, dan pola pikir seseorang/kelompok. Fenomena sosial yang terjadi karena budaya misalnya mudik saat lebaran. Contoh fenomena sosial yang terjadi karena pola pikir adalah kegiatan para relawan yang langsung menolong saat terjadi bencana alam. Contoh fenomena sosial yang terjadi karena perkembangan zaman adalah makin banyak orang-orang yang memilih berkomunikasi menggunakan media sosial.
3. Perilaku Menyimpang yang Mengakibatkan Terjadinya Fenomena Sosial
Baca juga: Pengertian Fenomena Sosial dan Ekonomi (Beserta Contoh)
Perilaku menyimpang adalah perilaku seseorang/kelompok yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di masyarakat yang menimbulkan usaha dari pihak berwenang untuk mengendalikan perilaku menyimpang tersebut. Perilaku menyimpang dapat disebabkan oleh pengaruh pergaulan, kondisi keluarga, dan teman dekatnya. Perilaku menyimpang yang dilakukan secara berkelompok dapat menyebabkan terjadinya fenomena sosial. Seperti kegiatan balapan liar anak jalanan pada malam hari.
4. Pengendalian Sosial Sebagai Solusi Atas Fenomena Sosial Berdampak Negatif
Pengendalian sosial adalah segala upaya untuk mengajak/memaksa seseorang/kelompok untuk kembali mentaati norma yang berlaku di suatu tempat. Pengendalian sosial dapat dilakukan oleh Polisi atau orang yang dipercaya oleh masyarakat.



Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)
loading...

No comments:

Post a Comment