Tugas Pendidikan Pancasila: Bagaimana Untuk Menumbuhkan Kembali Kepercayaan Rakyat Terhadap Nilai-Nilai Dasar Pancasila?

loading...

Saat ini, kepercayaan rakyat terhadap nilai-nilai dasar Pancasila mulai luntur. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya gerakan separatis atau bahkan gerakan untuk mengubah ideologi Pancasila sesuai ideologi suatu agama atau kepentingan tertentu. Untuk itu, dibutuhkan upaya-upaya untuk menumbuhkan kembali kepercayaan rakyat tersebut. Menurut saya, pemerintah sangat berperan penting dalam menumbuhkan kembali kepercayaan rakyat terhadap nilai-nilai dasar Pancasila. Berikut adalah langkah-langkah yang menurut saya dapat menumbuhkan kembali kepercayaan rakyat terhadap nilai-nilai dasar Pancasila:

Baca juga: Makalah: Peran Sosial Budaya dalam Menjaga dan Memantapkan Pemahaman Ideologi Pancasila

pancasila

 

1. Pemerintah dan Bawahannya Harus Mengamalkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara (Artikel Lengkap)

Presiden, Menteri, pejabat, DPR, hakim, TNI, Polri, dan PNS haruslah mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila secara menyeluruh. Salah satunya yang paling disorot rakyat adalah korupsi, pelanggaran yang dilakukan oleh para oknum, dan gaya hidup mewah para pejabat. Padahal salah satu dari 45 butir Sila-Sila Pancasila adalah hidup sederhana. Tetapi mengapa justru pemerintah yang tidak hidup sederhana? Dalam membuat peraturan perundang-undangan, pemerintah memang sudah membuatnya berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Tapi alangkah baiknya jika nilai-nilai luhur Pancasila diterapkan dalam kehidupan keseharian baik itu pemerintah maupun masyarakat.

 

2. Seluruh Masyarakat Harus Tahu Akan Perkembangan Dunia dan Tidak Dibatasi

Baca juga: Pancasila Sebagai Ideologi Negara (Artikel Lengkap)

Saya melihat bahwa ada beberapa instansi pendidikan berbasis agama yang tidak memperbolehkan siswanya melihat dunia luar dan bahkan tidak boleh menggunakan ponsel atau internet. Hal tersebut justru membuat para siswa tersebut tidak mengetahui perkembangan dunia. Yang saya takutkan adalah: Saat siswa tersebut tamat dan menuju ke masyarakat, dia tidak mengetahui bahwa setiap orang itu berbeda-beda. Bahkan ia akan menganggap orang yang berbeda keyakinan dengannya akan dianggap sesat. Pada akhirnya siswa tersebut bergabung dengan kelompok yang ingin mengubah Pancasila sesuai dengan ideologi yang selama ini ia percaya. Tujuannya adalah supaya orang yang berbeda keyakinan itu lenyap dari Indonesia.

 

3. Pemerintah Harus Rajin Mensosialisasikan Hasil Pembangunan Kepada Masyarakat

Saya melihat, pembangunan di Indonesia sangatlah baik, meskipun tidak sepenuhnya merata. Namun banyak rakyat yang tidak menyadari pembangunan tersebut. Hal ini membuat rakyat berpikir bahwa pemerintah tidak berbuat apa-apa dan Indonesia sama sekali tidak berkembang. Dengan mengetahui bahwa Indonesia sedang berkembang dengan pesat, masyarakat akan semakin mencintai Indonesia, dan pada akhirnya mereka akan mempercayai ideologi negara kita.

 

4. Seluruh Rakyat Harus Disadarkan Bahwa Indonesia Terdiri dari Berbagai Suku, Agama, Ras, dan Adat Istiadat

Baca juga: Sejarah Singkat Pancasila

Pancasila memang dirancang untuk merangkul seluruh perbedaan tersebut. Namun ada beberapa orang yang anti terhadap Pancasila karena merasa merekalah yang terpenting atau merekalah yang mayoritas. Sebaiknya seluruh rakyat Indonesia harus disadarkan bahwa negara ini tidak hanya terdiri dari satu suku, satu agama, satu ras, maupun satu adat istiadat. Dengan demikian, mereka yang mayoritas dan minoritas akan saling menghormati satu sama lain.

 

5. Seluruh Rakyat Harus Diberikan Pemahaman Bahwa Pancasila adalah Ideologi yang Paling Cocok Diterapkan Di Indonesia

Banyak orang yang menganggap bahwa ideologi tertentu membuat negara tersebut maju. Padahal kondisi negara tersebut yang harusnya menentukan ideologi. Bukannya ideologi yang menentukan nasib suatu negara. Salah satu buktinya adalah ideologi liberalisme. Di Amerika Serikat, ideologi tersebut memang sangat cocok diterapkan sehingga berhasil menjadi negara adidaya. Namun ada satu negara di Afrika yang menerapkan ideologi liberalisme yang sangat mirip dengan Amerika Serikat dengan harapan negara tersebut bisa menjadi negara adidaya, namun negara tersebut justru menjadi salah satu negara termiskin di dunia dan dirundung banyak konflik. Negara tersebut adalah Liberia. Penentuan ideologi harus disesuaikan kepada kondisi masyarakat, sejarah, budaya, dan tujuan bangsa. Seluruh rakyat harus memahami hal tersebut dan paham bahwa Pancasila adalah ideologi yang paling cocok diterapkan di Indonesia.

Pancasila cocok diterapkan di Indonesia karena semua orang di Indonesia percaya kepada Tuhan meskipun dengan cara yang berbeda-beda, pernah mengalami penjajahan yang tidak berperikemanusiaan, memiliki keberagaman yang sangat kaya, suka bergotong royong, dan selalu bermusyawarah ketika mengambil keputusan bersama.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment