7 Contoh Perubahan Sosial

loading...

Perubahan sosial adalah perubahan pada tatanan sosial masyarakat. Perubahan tersebut bisa datang dari keadaan lingkungan, organisasi sosial, perilaku sosial, dan hubungan sosial. Perubahan dapat terjadi dalam bentuk nilai, norma, sikap sosial, sistem sosial, dan pola perilaku sosial. Berikut adalah beberapa contoh perubahan sosial. Langsung saja kita simak yang pertama:

Bagian dari: Perubahan Sosial (Artikel Lengkap)
Contoh perubahan sosial

1. Cara Berkomunikasi

Internet telah mengubah cara berkomunikasi antar individu. Saat ini, orang-orang sudah terbiasa berkomunikasi secara tulisan melalui aplikasi chatting. Komunikasi menjadi semakin mudah, hemat, dan cepat sehingga semakin mendorong orang-orang yang letaknya berjauhan untuk berkomunikasi.

2. Perang

Perang juga dapat mengubah total kehidupan sosial. Beberapa kelompok masyarakat dapat bersatu untuk melawan musuh, ada juga kelompok masyarakat yang terpecah belah akibat perang.

3. Gerakan Besar

Sebuah gerakan masyarakat dalam jumlah besar juga merupakan contoh perubahan sosial. Misalnya gerakan masyarakat di Suriah dan gerakan mahasiswa saat terjadi peristiwa 1998.

4. Perkembangan Zaman

Perkembangan zaman juga termasuk contoh perubahan sosial. Seperti saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk sibuk bekerja dibandingkan ikut bersosialisasi dengan lingkungan di sekitar. Acara kumpul-kumpul masyarakat untuk bermusyawarah juga semakin ditinggalkan akibat kesibukan.

5. Akulturasi

Baca juga: 10 Contoh Perubahan Sosial Budaya

Akulturasi antara dua masyarakat yang berbeda juga dapat merubah kehidupan sosial masyarakat tersebut. Lambat laun, kedua masyarakat tersebut akan menjadi satu masyarakat.

6. Munculnya Agen Perubahan

Munculnya orang yang berhasil mengubah masyarakat ke arah yang lebih baik juga termasuk contoh perubahan sosial. Misalnya ajakan untuk lebih mencintai lingkungan.

7. Revolusi Industri

Revolusi industri yang terjadi di Inggris telah mengakibatkan terjadinya perubahan sosial secara besar-besaran. Salah satu contohnya adalah hubungan antara buruh dan majikan yang semakin jauh.


Referensi:

  1. Contoh Contoh Perubahan Sosial Di masyarakat ( Sosiologi homework) (http://fbarea.blogspot.co.id/2011/08/contoh-contoh-perubahan-sosial-di.html)
  2. Social change (https://en.wikipedia.org/wiki/Social_change)
  3. Pengertian, Ciri dan Bentuk Perubahan Sosial (http://www.pengertianpakar.com/2015/03/pengertian-ciri-dan-bentuk-perubahan.html)
  4. Perubahan sosial (https://id.wikipedia.org/wiki/Perubahan_sosial)
  5. Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Masyarakat (http://belajarpsikologi.com/bentuk-bentuk-perubahan-sosial-masyarakat/)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment