Pengertian Kewirausahaan (Artikel Lengkap)

loading...

Kewirausahaan adalah sikap mental dan jiwa yang selalu aktif, kreatif, inovatif, berdaya, bercipta, berkarsa, dan bersahaja dalam berusaha dalam rangka meningkatkan pendapatan dan memberikan nilai lebih untuk masyarakat dalam kegiatan usahanya. Orang yang memiliki jiwa kewirausahaan disebut wirausaha (Baca juga: Pengertian Wirausaha). Dalam bahasa Inggris, “kewirausahaan” disebut entrepreneurship.

Pengertian Kewirausahaan

 

1. Asal Mula Kata Kewirausahaan

Etimologi kata “kewirausahaan” berasal dari kata “wira” dan “usaha” serta mendapat awalan “ke-“ dan akhiran “-an”.

“Wira” (Baca juga: Pengertian Wira) berarti pejuang, pahlawan, manusia unggul, teladan, berbudi luhur, gagah berani, dan berwatak agung. “Usaha” berarti “perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan”. Awalan “ke-“ berarti “sifat” atau “watak”. Sedangkan akhiran “-an” mendukung awalan “ke-“ dalam membentuk arti “sifat” atau “watak”.

Jadi, secara harfiah kewirausahaan adalah “Sifat perjuangan yang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai sebuah tujuan”.

2. Arti Kata Kewirausahaan

Tidak ada arti kata kewirausahaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Begitu pula dengan arti kata wirausaha. Namun ada satu istilah yang mirip yaitu wiraswasta. Berikut adalah arti kata wiraswasta menurut KBBI:

Wiraswasta (nomina/kata benda) orang yang berani mengambil risiko untuk memulai usaha baru, memasarkan, serta mengatur permodalam usahanya.

3. Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian kewirausahaan menurut para ahli:

  1. Thomas W. Zimmerer, kewirausahaan adalah penerapan keinovasian dan kreativitas untuk pemecahan masalah dan memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.
  2. Robbin & Coulter, kewirausahaan adalah suatu proses dimana seseorang ataupun suatu kelompok menggunakan upaya yang terorganisir dan sarana untuk mencari sebuah peluang dan menciptakan suatu nilai yang tumbuh dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui sebuah inovasi dan keunikan.
  3. Achmad Sanusi, kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan di dalam perilaku yang menjadi dasar tujuan, kiat, siasat, tenaga penggerak, proses, dan hasil bisnis.

4. Perbedaan Kewirausahaan dan Wirausaha

Kewirausahaan menekankan pada sikap dan perilaku, sedangkan wirausaha lebih menekankan pada orang yang memiliki sikap kewirausahaan.


Referensi:

  1. Pengertian Wirausaha (Artikel Lengkap) (http://hedisasrawan.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-wirausaha-artikel-lengkap.html)
  2. Ke- (https://id.wikipedia.org/wiki/Ke-)
  3. Akhiran –an (http://bahasaindonesiayh.blogspot.co.id/2012/05/akhiran.html)
  4. Pengertian kewirausahaan (https://www.wattpad.com/4338180-pengertian-kewirausahaan)
  5. PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN DAN WIRAUSAHA MENURUT PARA AHLI (http://www.kitapunya.net/2015/08/pengertian-kewirausahaan-dan-wirausaha-menurut-para-ahli.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment