58 Contoh Poster Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

loading...

Kesehatan dan keselamatan kerja atau yang biasa disingkat K3 adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur.

Baca juga: 7 Prosedur Keselamatan Kerja di Laboratorium

Salah satu kewajiban perusahaan adalah wajib memasang poster/gambar/slogan tentang K3 seperti yang telah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja pasal 14 ayat b yang menyatakan wajib:

Memasang dalam tempat kerja yang dipimpinnya, semua gambar keselamatan kerja yang diwajibkan dan semua bahan pembinaan lainnya, pada tempat-tempat yang mudah dilihat dan terbaca menurut petunjuk pegawai pengawas atau ahli keselamatan kerja.

Berikut adalah beberapa contoh poster tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Langsung saja kita simak yang pertama:

1. Contoh Poster Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Bengkel

Rapikan aki demi keselamatan diri

Poster diatas menunjukkan bahwa pentingnya merapikan aki setelah digunakan. Karena aki mengandung air raksa yang sangat berbahaya bagi manusia.

Sayangi paru-paru Anda sebelum bahaya merenggutnya

Saya kurang memahami alat apa yang sedang digunakan pada poster diatas. Namun sepertinya zat yang dikeluarkan oleh alat itu berbahaya bagi paru-paru jika terhirup. Maka dari itu ketika kita menggunakan alat tersebut, kita harus menggunakan masker khusus dan sarung tangan.

Dijamin tambah lancar kalau alat tersusun dengan benar

Poster diatas menunjukkan betapa pentingnya menaruh peralatan bengkel ke tempatnya semula setiap setelah menggunakannya. Hal itu penting supaya tidak terjadi kebingungan saat ingin mencari alat tersebut.

Pakai alat standar daripada punggung memar

Poster diatas mengingatkan kita bahwa saat memperbaiki bagian bawa mobil, harus menggunakan alas punggung standar dan kacamata supaya punggung tidak memar dan mata menjadi sakit karena kejatuhan debu/kotoran mobil.

Kalau berantakan, nyawa juga bisa menjadi taruhan!

Poster diatas kembali mengingatkan akan pentingnya menaruh kembali peralatan ke tempat yang semula. Selain dapat membingungkan saat mencarinya, juga dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Tanganmu itu berharga! Lindungi dengan sarung tangan biar aman dan nyaman

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu menggunakan sarung tangan saat sedang bekerja di bengkel.

Bersih + rapi = nyaman

Poster diatas menunjukkan bahwa area kerja yang bersih dan rapi akan membuat kita semakin nyaman dan betah saat bekerja.

Kenakan sarung tangan saat bekerja

Poster diatas kembali mengingatkan betapa pentingnya menggunakan sarung tangan saat bekerja di bengkel.

2. Contoh Poster Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Pertanian/Peternakan

Hati-hati! Kendaraan kerja bukan alat mainan

Poster diatas berisi gambar seseorang yang sedang menggunakan traktor. Walaupun bukan termasuk kendaraan di jalan, tetap harus menggunakan alat keselamatan seperti helm, sarung tangan, dan sepatu. Jangan juga bermain-main dengan traktor karena sangat berbahaya.

Semprotkan desinfektan sebelum masuk kandang

Poster diatas menghimbau kita untuk selalu menyemprotkan desinfektan sebelum masuk ke dalam kandang. Desinfektan adalah bahan kimia cair yang dapat mencegah terjadinya infeksi atau penularan penyakit. Hal ini penting mengingat hewan terutama unggas sangat rentan menularkan penyakit.

Lebih tertata sedap dipandang mata

Poster diatas menghimbau kita untuk selalu menjaga kerapian di sekitar penampungan air. Supaya tidak ada kesan jorok.

Bedakan sampahnya agar bisa didaur ulang kembali

Poster diatas mengajak kita untuk belajar membedakan jenis sampah dan membuangnya sesuai tempatnya.

Menutup keran dengan baik berarti menghemat jutaan liter air di dunia ini

Poster diatas mengajak kita untuk menghemat air setelah digunakan. Salah satunya dengan tidak membiarkan keran air terbuka sedikitpun setelah digunakan.

Rutin diperiksa kualitas terjaga

Poster diatas menghimbau untuk selalu memeriksa kondisi kandang secara rutin. Hal ini penting untuk menjaga kualitas ternak agar tetap baik.

Perhatikan posisi memerah susu dengan baik

Poster diatas mengajak kita untuk belajar memerah susu sapi dengan baik dan benar. Karena jika salah, sapi akan merasa risih dan akan menendang kita.

Perhatikan posisi saat membawa beban dengan trolly

Poster diatas mengajak kita untuk lebih memperhatikan posisi saat membawa trolly. Beban seperti pupuk atau hasil pertanian dalam karung sangatlah berat dan semakin terasa berat jika kita kurang mengetahui cara membawanya.

Periksa suhu kandang secara teratur

Poster diatas kembali mengingatkan kita untuk selalu memeriksa kondisi suhu di dalam kandang. Ini penting untuk menjaga supaya hasil ternak lebih berkualitas dan hewan ternak tidak gampang sakit.

Nah ya kaya gini, kalo nggak hati-hati!

Poster diatas kembali mengingatkan kepada kita pentingnya mengetahui cara memerah susu sapi dengan baik dan benar. Karena sangat fatal akibatnya jika sampai sapi menendang kita.

Jangan berisik di sekitar kandang ayam

Poster diatas menghimbau untuk selalu menjaga ketenangan baik itu di dalam maupun di luar kandang. Jangan membuat keributan yang dapat mengganggu ayam.

Rawat ayamnya, dan panen telur bagusnya

Poster diatas mengajak kita untuk selalu merawat ayam dengan baik dan memilih telur terbaik untuk dipanen.

Jika APD lengkap, virus penyakit pun lengkap

Poster diatas memberitahu bahwa jika APD (alat pelindung diri) sudah dipakai secara lengkap, maka kita akan lebih terhindari dari virus penyebab penyakit.

3. Contoh Poster Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Instalasi Tenaga Listrik dan Elektronika

Gunakan pengaman saat bekerja di ketinggian

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu menggunakan pengamat saat memanjat SUTET.

Bahaya! Kalau dibiarkan terbuka

Poster diatas mengingatkan bahwa setiap instalasi listrik harus ditutup setelah digunakan/diperbaiki. Karena sangat berbahaya apalagi jika ada anak-anak.

Kenakan sarung tangan

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu mengenakan sarung tangan saat membetulkan instalasi listrik. Tujuannya adalah untuk menghindari tersengat listrik.

Pastikan alat pengaman listrik berfungsi dengan baik

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu memastikan alat pengaman listrik berfungsi dengan baik. Tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya korsleting listrik atau tersengat listrik.

Laporkan segera jika ada kerusakan

Poster diatas mengajak kita untuk selalu melapor jika ada kerusakan pada instalasi listrik sekecil apapun.

Anak elektro kena strum, kan nggak lucu dong

Poster ini mengingatkan kita untuk senantiasa berhati-hati dan konsentrasi. Karena kurang wajar jika anak elektronika sampai kena setrum.

Sebelum mulai bekerja, perhatikan bagian-bagian yang berbahaya

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu memperhatikan bagian-bagian yang berbahaya sebelum bekerja. Contoh bagian yang berbahaya adalah bagian yang menyimpan listrik bertegangan tinggi pada televisi.

Ingat! Paru-paru dan tanganmu masih sangat berharga

Poster diatas memberitahu kita bahwa pentingnya mengenakan masker dan sarung tangan saat menyolder komponen elektronik. Karena asap yang dikeluarkan saat menyolder mengandung logam berat yang sangat berbahaya apabila terhirup.

4. Contoh Poster Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Perhotelan

Konsultasikan jika ada permasalahan saat praktikum

Poster diatas mengajak kita untuk selalu berkonsultasi dengan pembimbing/guru jika ada kesulitan. Jangan malu ataupun gengsi.

Sajikan hidangan dengan posisi yang benar

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu mensajikan makanan dengan posisi yang benar supaya konsumen tidak kecewa.

5R (Resik, Rapi, Ringkas, Rawat, Rajin)

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu menerapkan 5R saat bekerja. Karena itulah yang menentukan kualitas kerja kita.

Rapikan selalu perabotan dan ruangan

Poster diatas mengajak kita untuk selalu merapikan perabotan dan ruangan. Tentunya supaya pelanggan merasa nyaman dan puas dengan hasil kerja kita.

Perhatikan jalan!! Kalau terpeleset bisa berbahaya

Poster diatas mengajak kita untuk senantiasa memperhatikan jalan. Karena jika terpeleset, yang rugi adalah kita sendiri.

5. Contoh Poster Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Teknik Mesin

Periksa peralatan kerja setiap saat, segera laporkan jika terjadi kerusakan

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu meriksa peralatan kerja dan laporkan jika terjadi kerusakan.

Anda bukan pemain debus!

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu menggunakan kelengkapan dengan baik dan benar saat menggunakan mesin yang berbahaya.

Pastikan alat pelindung digunakan dengan baik dan benar

Poster diatas mengajak kita untuk selalu memastikan alat pelindung terpasang dengan baik dan benar. Ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan.

Utamakan keselamatan, gunakan alat dan pengaman saat bekerja

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu mengumatakan keselamatan saat menggunakan mesin. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan alat pengaman saat bekerja.

Hati-hati bekerja dengan mesin industri

Poster diatas kembali mengingatkan supaya kita tetap berhati-hati saat menggunakan mesin industri.

Rapikan biar kerja jadi nyaman

Poster diatas mengingatkan kepada kita bahwa penting sekali untuk menjaga kerapian saat bekerja. Tujuannya supaya kita bisa bekerja lebih nyaman dan aman.

Hati-hati listrik bertegangan tinggi

Poster diatas mengingatkan kita untuk senantiasa berhati-hati saat menggunakan mesin terutama yang menyimpan arus listrik.

Selalu perhatikan keselamatan agar tidak terjadi kecelakaan

Poster diatas mengajak kita untuk selalu memperhatikan keselamatan supaya tidak terjadi kecelakaan.

Cek secara berkala, hati tenang, kerja pun lebih nyaman

Poster diatas menghimbau kita untuk selalu mengecek mesin secara berkala supaya saat kerja lebih nyaman dan aman.

Selalu konsentrasi saat berhadapan dengan mesin

Poster diatas menghimbau untuk selalu berkonsentrasi saat berhadapan dengan mesin. Karena mesin bisa sangat berbahaya apabila kita sampai lengah.

Lindungi diri dengan APD yang lengkap

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu melindungi diri dengan APD (Alat Pengaman Diri) yang lengkap. Karena antisipasi lebih baik daripada menanggung resiko yang sangat merugikan diri sendiri.

5. Contoh Poster Tentang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Lainnya

Ikat rambut dengan rapi saat menjahit

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu mengikat rambut saat menjahit. Hak ini karena rambut bisa mengganggu kita saat bekerja.

Pastikan sabuk pengaman kala bekerja di ketinggian

Poster diatas mengajak kita untuk selalu memastikan sabuk pengaman agar terikat dengan kuat. Sabuk pengaman penting untuk mencegah kita jatuh saat bekerja di ketinggian. Terutama mereka yang bekerja di bangunan tinggi atau menara tinggi.

Kalau tidak dirawat, keadaan darurat bisa tambah gawat

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu merawat alat pemadam kebakaran untuk mendukung aksi cepat tanggap saat terjadi kebakaran.

Gunakan masker saat melakukan perawatan

Poster diatas menghimbau untuk selalu menggunakan masker saat melakukan perawatan wajah pada pasien.

Angkat beban dengan posisi yang benar

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu mengangkat beban berat dengan cara yang benar untuk menghindari cedera punggung.

Segera lakukan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan

Poster diatas mengajak kita untuk mengutamakan pertolongan pertama segera setelah terjadi kecelakaan kerja.

Kalau sambil bercanda, begini hasilnya!

Poster diatas mengingatkan kita untuk selalu serius dalam bekerja. Karena jika kita bercanda, bisa fatal akibatnya.

Lindungi milikmu yang berharga, kenakan helm proyek saat bekerja

Poster diatas mengajak kita untuk selalu melindungi kepala dengan helm proyek. Tujuannya adalah untuk melindungi kepala kita saat ada material proyek yang jatuh.

Kalau tertata, pasti mudah mencarinya

Poster diatas mengajak kita untuk selalu menata dan merapikan arsip supaya mudah dicari saat dibutuhkan.

Dipilah-pilah biar tidak salah

Poster diatas mengajak kita untuk belajar memilah arsip sesuai kelompoknya supaya tidak terjadi kesalahan dalam mengambil arsip.

Jaga komitmen

Poster diatas mengajak para guru/pendidik untuk selalu menjaga komitmen demi keberhasilan peserta didik.

Lindungi diri dari zat berbahaya

Poster diatas mengajak kita untuk selalu menggunakan masker dan sarung tangan saat membawa atau menggunakan zat kimia berbahaya.

Nyawa bukan taruhannya, keselamatan adalah yang utama

Poster diatas menghimbau para pekerja konstruksi untuk selalu mengenakan alat pengaman seperti helm proyek demi keselamatan diri.


Referensi:

  1. Pengertian (Definisi) K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) (http://sistemmanajemenkeselamatankerja.blogspot.co.id/2013/09/pengertian-dan-definisi-k3-keselamatan.html)
  2. Poster K3 di Tempat Kerja (https://abunajmu.wordpress.com/2013/07/05/poster-k3-di-tempat-kerja/)
  3. Desinfektan (https://signaterdadie.wordpress.com/2009/10/08/desinfektan/)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

6 comments:

  1. poster nya bagus bagus, selain berkenaan K3 juga dengan 5R, ijin sedot ya pak ..buat koleksi

    ReplyDelete
  2. ijin copy utk dipasang di bengkel saya, terimakasih

    ReplyDelete
  3. AKU IKUT DOWNLOAD BOS BUAT 5S DI BENGKEL SKOLAH

    ReplyDelete