Pengertian Gizi (Artikel Lengkap)

loading...

Gizi adalah substansi organik berupa zat pada makanan yang dibutuhkan organisme untuk menjaga fungsi dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan jaringan tubuh, dan kesehatan. Gizi juga disebut “nutrisi”. Dalam bahasa Inggris, “gizi” disebut nutrient atau nutrition.

contoh makanan yang mengandung gizi

1. Asal Mula Kata Gizi

Etimologi istilah “gizi” berasal dari bahasa Arab ghizai yang berarti “makanan yang menyehatkan. Istilah tersebut dipilih oleh Prof. Poerwo Soedarmo (1904-2003) saat melakukan konsultasi dengan Lembaga Bahasa Universitas Indonesia. Istilah tersebut mulai dipakai oleh kalangan ilmu kedokteran dan kesehatan masyarakat sejak tahun 1952.

2. Arti Kata Gizi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), gizi adalah zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan badan.

Istilah gizi merupakan nomina (kata benda).

3. Pengertian Gizi Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian gizi menurut para ahli:

  1. Menurut Tuti Sunardi, gizi adalah suatu kondisi yang dapat menciptakan pengaruh terhadap proses perubahan berbagai jenis makanan untuk mempertahankan hidup.
  2. Menurut Chairinniza K. Graha, gizi adalah unsur yang terkandung di dalam makanan, dimana unsur-unsur tersebut dapat memberikan manfaat bagi tubuh yang mengkonsumsinya sehingga menjadi sehat.
  3. Menurut Nirmala Devi, gizi adalah inti makanan yang bisa dimanfaatkan untuk memelihara dan memperbaiki jaringan tubuh manusia.
  4. Menurut Asep Kurnia Nenggala, gizi adalah zat hara dalam makanan yang bernilai dan diperlukan makhluk hidup untuk pertumbuhan, pemeliharaan, dan kegiatan hidupnya.
  5. Menurut Ida Purnomowati, gizi adalah zat yang diperlukan oleh tubuh untuk tumbuh, bertahan, dan memperbaiki jaringan tubuhnya.

4. Istilah yang Menggunakan Kata Dasar Gizi

  1. Bergizi (verbal/kata kerja): mengandung gizi.


Referensi:

  1. Nutrisi (https://id.wikipedia.org/wiki/Nutrisi)
  2. Pengertian Gizi dan Zat Gizi (http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-gizi-zat-gizi-fungsi-manfaat.html)
  3. Nutrient (https://en.wikipedia.org/wiki/Nutrient)
  4. Pengertian Gizi atau Nutrisi (http://kb.123sehat.com/lain/pengertian-gizi-atau-nutrisi/)
  5. gizi (http://kbbi.web.id/gizi)
  6. Pengertian Gizi Menurut Para Ahli (http://dilihatya.com/1792/pengertian-gizi-menurut-para-ahli)
  7. Pengertian Gizi Menurut Beberapa Ahli (http://www.lepank.com/2012/07/pengertian-gizi-menurut-beberapa-ahli.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment