Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) (Artikel Lengkap)

loading...

Hak asasi manusia (atau disingkat HAM) adalah prinsip moral atau norma yang menggambarkan standar-standar tertentu dari perilaku manusia dan secara hukum dilindungi oleh hukum internasional. Intinya adalah, hak asasi manusia adalah hak mendasar setiap manusia yang harus dilindungi. Hak tersebut didapat oleh manusia dari Tuhan sejak lahir dan bersifat absolut. Hak ini berlaku di setiap manusia tanpa memperdulikan SARA, kedudukan, tingkat kecerdasan, status sosial, ataupun jabatan. Dalam bahasa Inggris, hak asasi manusia disebut human rights.

Pengertian Hak Asasi Manusia (HAM)

1. Asal Mula Kata Hak Asasi Manusia

Istilah “hak asasi manusia” merupakan terjemahan dari droits de l’homme (bahasa Perancis) yang memiliki arti sama. Etimologi kata “hak asasi manusia” dapat dipecah menjadi tiga kata yaitu “hak”, “asasi”, dan “manusia”.

  1. Etimologi “hak” berasal dari bahasa Arab haqq yang merupakan bentuk tunggal dari kata huquq. Istilah haqq diambil dari akar kata haqqa, yahiqqu, haqqaan yang berarti “benar”, “nyata”, “pasti”, “tetap”, dan “wajib”.
  2. Etimologi “asasi” berasal dari bahasa Arab asasy yang merupakan bentuk tunggal dari usus yang berasal dari akar kata assa, yaussu, asasaan yang berarti “membangun”, “mendirikan”, dan “meletakkan”.
  3. Etimologi “manusia” berasal dari bahasa Sansekerta manu yang berarti “manusia” dan bahasa Latin sens yang berarti “berpikir” atau “berakal budi”.

2. Definisi Hak Asasi Manusia

Istilah tersebut berasal dari kata “hak”, “asasi”, dan “manusia”. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidak ada arti kata “hak asasi manusia”. Namun terdapat arti kata “hak”, “asasi”, dan “manusia”. Berikut adalah definisinya:

  1. Hak n 1 (yang) benar; 2 milik; kepunyaan; 3 kewenangan; 4 kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dsb); 5 kekuasaan yang benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu; 6 derajat atau martabat.
  2. Asasi a bersifat dasar; pokok. Berasal dari kata dasar “asas”.
  3. Manusia n makhluk yang berakal budi; insan.

Sehingga dalam Bahasa Indonesia, HAM dapat diartikan sebagai hak-hak mendasar pada diri manusia.

3. Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian hak asasi manusia menurut para ahli:

  1. Menurut Haar Tilar, hak asasi manusia adalah hak-hak yang melekat pada diri setiap insan dan tanpa memiliki hak-hak itu maka setiap insan tidak bisa hidup selayaknya manusia.
  2. Menurut John Locke, hak asasi manusia adalah hak yang telah diberikan secara langsung oleh Tuhan sebagai sesuatu yang memiliki sifat secara kodrati.
  3. Menurut Austin Ranney, hak asasi manusia adalah ruang kebebasan individu yang jelas dalam konstitusi dan dijamin oleh pemerintah pelaksanaannya.
  4. Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto, hak asasi manusia (HAM) adalah suatu hak yang sifatnya mendasar atau juga asasi.
  5. Menurut Muladi, hak asasi manusia adalah segala hak-hak dasar yang melekat dalam kehidupan manusia.

3. Pengertian Hak Asasi Manusia Berdasarkan Hukum

Menurut Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999, hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa. Hak itu adalah kasih karunia-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Menurut Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia Nomor XVII/MPR/1998, hak asasi manusia adalah hak dasar yang melekat pada diri manusia yang sifatnya kodrati dan universal sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa dan berfungsi untuk menjamin kelangsungan hidup, kemerdekaan, perkembangan manusia dan masyarakat yang tidak boleh diabaikan, dirampas, atau diganggu-gugat oleh siapapun.


Referensi:

  1. PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM HAK ASASI MANUSIA (HAM) (http://visiuniversal.blogspot.co.id/2014/12/pengertian-dan-macam-macam-hak-asasi.html)
  2. Defenisi Hak Asasi Manusia (http://www.negarahukum.com/hukum/defenisi-hak-asasi-manusia.html)
  3. Manusia Sebagai Makhluk Individu Dan Makhluk Sosial (http://www.seputarpengetahuan.com/2014/08/manusia-dikatakan-sebagai-makhluk.html)
  4. Human rights (https://en.wikipedia.org/wiki/Human_rights)
  5. 9 Pengertian HAM - Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli (http://www.seputarpengetahuan.com/2015/03/pengertian-hak-asasi-manusia-menurut.html)
  6. Pengertian HAM Dan Macam-Macam HAM Menurut Ahli (http://pengertian.website/pengertian-ham-dan-macam-macam-ham-menurut-ahli/)
  7. 100 Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli (http://www.dosenpendidikan.com/100-pengertian-hak-asasi-manusia-menurut-para-ahli/)
  8. 10 Jenis Dan Pengertian HAM Menurut Para Ahli (http://www.gurupendidikan.com/10-jenis-dan-pengertian-ham/)
  9. Pengertian Hak Asasi Manusia Menurut Para Ahli (http://catatancallysta.blogspot.co.id/2013/10/pengertian-hak-asasi-manusia-menurut.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment