5 Cara Berkomunikasi Dengan Teman

loading...

Ketika kita sudah akrab, sebenarnya kita tidak perlu menerapkan cara-cara khusus untuk berkomunikasi dengan teman. Kuncinya adalah tidak jaga imej. Bersikap blak-blakanlah terhadap teman. Tetapi, jika dia adalah teman baru, sebaiknya kamu bersikap cukup sopan dengannya. Karena kamu harus memperlihatkan impresi pertama yang terbaik bagi calon teman kamu supaya ia lebih menghargai kamu. Nah, bagaimana cara berkomunikasi dengan teman? Langsung saja kita simak yang pertama:

Baca juga: 30 Cara Berkomunikasi yang Baik dan Benar
5 Cara Berkomunikasi Dengan Teman

1. Awali dengan Senyum

Senyum adalah ungkapan keceriaan. Selalu usahakan untuk mengawali komunikasi dengan senyum. Jika temanmu tidak senyum, ingatkanlah dengan cara mengerjainya atau dengan mengatakan lelucon kepadanya.

2. Jangan Jaim

Baca juga: 8 Cara Agar Lebih Akrab dengan Teman

Kamu hanya boleh jaim di depan teman baru, calon teman baru, dan teman yang berbeda jenis kelamin denganmu. Kalau sama teman sesama jenis yang sudah akrab sih jangan jaim (jaga imej). Bersikap frontal lah. Karena sikap jaim itu hanya akan membuat kamu merasa tersisih. Teman sejati itu saling berbagi satu sama lain.

3. Jangan Mudah Tersinggung

Tersinggung adalah penyebab utama retaknya hubungan pertemanan. Saya pernah mengalaminya. Teman sejati memang saling bercanda bahkan saling menghina satu sama lain. Tapi jangan ditanggapi dengan serius. Santai saja. Mereka cuma bercanda kok. Itulah yang namanya tidak menjaga imej.

4. Mendengarkan

Baca juga: Akrab dengan Teman Lewat SMS. Caranya?

Dengarlah ketika temanmu berbicara. Apalagi jika dia cewek dan kamu cowok. Itu akan membuatnya merasa lebih dihargai. Kadang ada juga orang yang tidak bisa mengalihkan pembicaraan dan hanya bisa berbicara empat mata. Orang seperti itu memang butuh perhatian khusus.

5. Bicara Dengan Bahasa Daerah

Usahakan untuk berbicara dengan bahasa daerah dengan temanmu. Bicara dengan bahasa daerah akan meningkatkan keakraban dan dapat menghilangkan kecanggungan. Jika temanmu adalah orang yang berasal dari daerah lain, gunakan bahasa Indonesia. Jika temanmu adalah orang yang berasal dari luar negeri, gunakan bahasa Inggris. Namun jika temanmu adalah orang yang berasal dari daerah lain tetapi tinggal di daerah kamu, ajarkan dia untuk menggunakan bahasa daerahmu.


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment