Pengertian Tindakan Sosial (Artikel Lengkap)

loading...

Dalam sosiologi, tindakan sosial adalah sebuah tindakan terhadap individu/kelompok sehingga dapat mempengaruhi individu tersebut dan individu lainnya untuk mencapai tujuan subjektif. Segala tindakan yang dilakukan seseorang terhadap orang lain dapat dikatakan tindakan sosial. Misalnya membagi makanan dengan teman. Teori tentang tindakan sosial pertama kali dikemukakan oleh Max Weber.

1. Pengertian Tindakan Sosial Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian tindakan sosial menurut para ahli:

  1. Menurut Max Weber, tindakan sosial adalah tindakan manusia yang dapat memengaruhi individu-individu lainnya dalam masyarakat.
  2. Menurut Karl Marx, tindakan sosial adalah aktivitas manusia yang berusaha menghasilkan barang atau mencoba sesuatu yang unik untuk mengejar tujuan tertentu.


Sumber:

  1. Social actions (https://en.wikipedia.org/wiki/Social_actions)
  2. Pengertian dan Jenis-Jenis Tindakan Sosial (http://www.artikelsiana.com/2014/09/pengertian-Ahli-jenis-jenis-tindakan-Arti.html)
  3. Interaksi Sosial (Materi Lengkap Sosiologi) (http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/12/interaksi-sosial-materi-lengkap.html)


Anda bisa request artikel tentang apa saja, kirimkan request Anda ke hedisasrawan@gmail.com atau langsung saja lewat kolom komentar :)

loading...

No comments:

Post a Comment